Kelas Menulis bersama Accurate

Semua orang bisa jadi penulis, namun tidak semuanya bisa menulis kata-kata dengan baik dan benar yang bisa dimengerti oleh orang lain yang membacanya.


Begitupun dengan saya yang notabene pecinta sastra Indonesian yang sempat bergerak di bidang kepenulisan dan sekarang jadi blogger, terkadang masih kesulitan untuk menuangkan ide ke dalam suatu tulisan.

Dan beruntunglah saya, karena pada tanggal 16 Mei 2019 kemaren diberi kesempatan untuk kembali belajar tentang kepenulisan bersama Accurate.

Event yang di beri nama Bugar alias Buka Bareng Blogger & Influencer tersebut dilaksanakan di Titan Center Bintaro dengan mengetengahkan 2 pembicaraan, yaitu Sifra Susi Langi, Spd. CRP, Angel writer & konsultan dan The Epi Santoso, CMO of Accurate Digital partner. Dengan moderator Panji Aribowo, Head of brand & creative Accurate group.


Dari ibu Sifra saya mendapat pelajaran berharga tentang kepenulisan. Ini saya copaskan materi dari beliau yg berjudul writer mindset & character in your writing.

Writer Mindset

Yang menjadi penghalang dalam menulis biasanya adalah bingung untuk memulai dari mana dan apa yang mau ditulis.
Untuk itu, kenali “rutin” pikiran kita sendiri dan “alur pikir kita”

Copas, copasmo, vs guebingits

Guebingits dalam tulisan berarti “TRADEMARK” dari diri kamu, lalu bagaimana munculnya?

Sesuatu yang mudah didapat, akan mudah hilang. Sesuatu yang mudah dibuat, akan pula dilupakan. Bacalah, lalu lupakan. Catat hanya kata-kata kunci yang kamu anggap penting.

Baca kembali hal-hal terkait kata-kata kunci, lalu lupakan. Catat kembali kata-kata rangkaian dari kata kunci itu dengan kata-kata kamu sendiri, disertai segala macam ilustrasi yang akan muncul ketika kamu merangkainya.

Modifikasi atas apa yang kamu baca agar tidak terjadi copy paste. Copas salah satu yang membuat proses menulismu jalan di tempat.

Untuk menghasilkan tulisan “guebingits” harus ada faktor pembeda yang tidak dimiliki oleh orang lainnya. Yaitu : YOUR Character!

Ide Orang Lain, Gagasan Pribadi, & Kritik Pembaca.

Gali ide orang lain vs gagasan pribadi dan kritik pembaca. Menulis adalah proses mengalirkan buah pikiran ke dalam bentuk tulisan.

Oleh karena itu, belajar mengenali buah pikiran kita menjadi syarat untuk bertumbuh dalam keterampilan menulis yang bukan hanya sekadar meniru, menulis ulang, atau mengarang bebas tanpa tujuan.
Aktivitas menulis yang benar akan mencerdaskan.

Bacalah segala sesuatu yang menarik minatmu atau sesuatu yang mungkin kamu pikir tidak berguna sehingga membuat kamu terpaksa membacanya untuk memperlengkapi wawasan.

Bacalah untuk belajar, untuk pengayaan informasi, untuk belajar kritis, untuk belajar gaya tulisan, untuk menemukan pola demi pola yang bukan untuk ditiru namun untuk mengenali bagaimana sesungguhnya pola dan gaya menulismu.

Bacalah agar kamu bisa menemukan polamu sendiri di antara jutaan pola lainnya sehingga tulisan kamu cukup menarik dan menantang untuk dibaca oleh pihak lain.

Menulis adalah Kreatif + Berstruktur

- Mengalirkan buah pikiran apa adanya
- Melengkapi diri dengan bahan bacaan atau referensi dan diskusi
- Mengembangkan tulisan
- Membaca kembali apa yang sudah ditulis
- Memilah dan memilih
- Mengatur kembali tulisan atau editing,  finalisasi Bahasa dan gaya

Mengenali Alur Pikir Diri Sendiri

- Apakah kamu kritis? Tentang apa?
- Apakah kamu cenderung abai terhadap detail, atau hanya focus akan satu hal tertentu?
- Apakah kamu menyukai keindahan?
- Apakah kamu senang hal yang kompleks?
- Apakah kamu menyukai rumors, dan memberi komentar atas rumors?
- Apakah ketika sendirian kamu mendapat inspirasi?
- Apakah di tengah keramaian kamu mendapatkan gagasan?
- Kapan kamu produktif ketika “berpikir”?

Trademark

Seperti tarikan kuas pada sebuah lukisan, tulisan seseorang ada “trademark”nya. Coba cari dan kenali trademark apa yang akan kamu tampilkan pada setiap tulisanmu.

Beberapa contoh trademark dalam tulisan:
- Memulai dengan kalimat tanya, mengajak pembaca untuk kritis.
- Mengundang penasaran pembaca dengan ilustrasi, teka-teki agar ada keinginan untuk menyelidiki.
- Memulai dengan opini, argumentasi, atau kalimat pembuka yang kontroversial.
- Memunculkan dialog untuk membangun keakraban, menciptakan hubungan.
- Menyertakan dongeng, legenda, cerita perjalanan, humor untuk membangun imajinasi.
- Angel atau sudut pandang adalah “Kata Kunci” untuk Trademarkmu.

• Curhat, Rumpi, & Intelektual
Sekarang, curhat saja laku dijual, muntahan tetap dicari, obrolan iseng dianggap hebat. Semua laku dijual karena ada yang beli.
Intelektualitas menantangmu untuk menyelami lebih jauh ke kedalaman curhat atau rumpi sehingga kamu dapat menemukan banyak gagasan pembahasan sebagai konten tulisanmu.

• Isi atau Menjual Kemasan?
"Gelas kosong adalah ruang yang kamu siapkan untuk satu tema, beberapa gelas kosong adalah untuk tema-tema yang berbeda.

Kamu harus jadi bejana untuk mampu menuang isi, bukan sekadar kemasan. Ada harga, ada rupa. Ada kemasan, ada isi. Ada penampilan khusus, ada keunikan, ada nilai yang lebih bermakna.

Jaman NOW, tulisan tidak selalu bisa dinilai dari judulnya. Tidak jeli membaca, keliru menyimpulkan.

• Menjual Diri, Profesi, atau Konten?
Apakah kamu mengijinkan orang lain menyelami dirimu hingga ke kedalamanmu, atau hanya menyajikan kulit luarnya saja? Profesi utamamu apa?

Menjual konten adalah bagian dari profesi seorang penulis. Dia bisa menulis apa pun, dengan cara mencari berbagai bahan dari mana-mana. Seorang penulis konten harus melakukan pengayaan untuk menguasai materi yang dibahasnya.

• Bobot & Popularitas Naik Daun atau menjadi DIVA. Mana yang lebih menyenangkan?
Penulis pemula yang laris ibarat artis yang naik daun. Penulis yang konsisten menjaga stamina dalam aktivitas menulisnya untuk suatu topik tertentu yang dikuasainya akan menobatkan dirinya menjadi seorang DIVA dalam bidang yang dikuasainya itu.

Bobot dan popularitas kamu tidaklah ditentukan oleh pembacamu, melainkan oleh kualitas dari trademark yang kamu ciptakan dari karakter tulisanmu. Bukan hanya gaya tetapi isi cerita dan tujuan atau pesan yang ingin disampaikan pun sangat penting.

• Character Building in Writing

- Merenung bisa mengendapkan informasi. Ketika akan menulis coba renungkan idemu benar atau tidak, relevan atau tidak, sesuai dengan prinsip nilai atau tidak, bermanfaat atau tidak.

- Antara spontanitas gagasan vs nalar
Nalar adalah kecerdasan yang berproses. Dapat dilatih, dapat diabaikan.Cara kamu melatih dan mengelola nalar akan memengaruhi kualitas dari tulisanmu.

- Setiap saat, pikiran manusia menghasilkan jutaan inspirasi. Inspirasi spontan yang keluar dari pikiran itulah yang biasa terlihat sebagai “ide” dan dianggap kreatif.

- Mulailah dengan menangkap setiap spontanitas inspirasi yang muncul ketika itu. Hanya “ketika itu” sebab kali lain bisa saja sudah berubah. Beberapa gagasan spontan berguna untuk bahan tulisan lain suatu ketika nanti.

- Olah pikir & olah rasa : Emosi, ekspresi, atau impresi.
Emosi adalah perasaanmu apa adanya.
Ekspetasi: pernyataan sikapmu tentang sesuatu.
Impresi : kesan yang sudah diolah lebih dalam sehingga yang mengemuka bukan lagi sekadar pernyataan sikap melainkan ada pertimbangan makna atau akibat dari pengalaman tersebut yang dinarasikan kembali. Hal ini merupakan warna dari tulisanmu tentang apa pun.

Olah Pikir adalah proses bernalar yang diperkaya oleh bacaan dan konfirmasi data. Olah Rasa adalah proses menyelami, dilatih oleh perenungan dan afirmasi kata. Carilah referensi pendukung, bertanya kepada ahlinya. Pergi untuk melakukan observasi. Lakukan wawancara terencana. Minta pandangan dari pihak yang berbeda.

- Hati-hati dengan pengetahuan palsu.
Menulis itu mudah, apalagi zaman NOW. Copas, edit sana-sini lalu jadi. Apakah semua itu isi kepala-mu, atau muntahan orang lain? Atau, ada ramuan ajaib ditambahkan di dalamnya? Jika pemilik naskah asli mengusikmu,  “Loe mau apa?”

Maka hati-hati dengan pengetahuan palsu, merasa tahu, menganggap lebih tahu. Otak manusia cenderung mudah termanipulasi atau dimanipulasi. Apalagi jika terdesak oleh ego dan emosi.

- Lompatan inspirasi dan “AHA” moment.
Seperti energi listrik yang mengalir, demikianlah inspirasi melompat-lompat di benak manusia.

Percayalah, tanpa asupan gizi bacaan atau informasi yang berbobot ke dalam benak, maka yang muncul hanya sekadar benih-benih pikiran dari tetaburan film yang kamu lihat, berita yang kamu baca, gosip yang dibincangkan, atau guyon sehari-hari.

Semuanya belum tentu akan menjadi benih yang produktif dan hidup. Bisa jadi benih yang mati, atau jangan-jangan malah hama.
AHA moment adalah “Pertemuan antara pengetahuan yang lampau dengan pengalaman hari ini, atau pengalaman hari ini dengan pengetahuan hari ini untuk sesuatu tentang masa depan”.
Hal ini hanya bisa tercipta jika kita melakukan “olah pikir dan olah rasa” secara teratur.

- Benih dan buah informasi.
"Hati dan pikiran yang selaras menjadi lahan yang subur untuk benih kata-kata sehingga dapat bertumbuh menjadi buah yang berharga bagi kehidupan yang dituangkan ke dalam tulisanmu!"

Carilah benih. Benih yang hidup. Setiap kata adalah benih. Bisa mati, bisa hidup. Untuk menjadikannya hidup kita harus cukup rajin memperlakukan setiap kata itu sebagai benih yang hidup.
Sediakan saringan, air, pupuk, dan segala syarat agar benih kata-kata itu tumbuh dan berkembang. Benih yang baik akan menghasilkan buah yang baik.

Benih kata akan bertumbuh tergantung tanah hati dan ladang pikiran Anda. Materi di atas hanya baru kulitnya saja, ubi Sifra juga membuka kelas menulis berbayar bagi yang berminat untuk mendalami ilmu kepenulisan atau mencari karakter kamu dalam menulis.

Accurate Digital Partner

Setelah belajar banyak dari ibu Sifra, kini waktunya bagi ibu Epi dari Accurate yang mengajak para peserta untuk mengenal dan menghasilkan uang lewat Accurate.


Akutansi atau pembukuan salah satu pelajaran yang paling saya tidak sukai. Karena kegiatan administrasi dan pencatatan keuangan disadari atau tidak telah menghabiskan banyak waktu kita yang berharga.

Dari yang sederhana seperti mencatat pengeluaran dan pemasukan saja kadang males, apalagi yang lainnya, bikin pusing tujuh keliling. Wkwkwk ...

Sebenernya udah beberapa kali mendengar dan membaca tulisan Accurate, tapi baru kali ini tau betul apa itu Accurate. Accurate adalah sebuah aplikasi akuntansi yang dikembangkan oleh PT Cipta Piranti Sejahtera sejak 1999. Aplikasi akuntansi ini dirancang untuk membantu pengusaha Indonesia, khususnya para pelaku Usaha Kecil Menengah dalam mengelola transaksi keuangan perusahaannya.

Accurate dengan segala kemudahannya , mempunyai berbagai fitur unggulan yang fungsional.

Berbagai Modul Unggulan
Berbagai modul unggulan yang bisa membantu berbagai kebutuhan sesuai PSAK.
Mendukung pencatatan akuntansi berdasarkan standar pajak yang berlaku di Indonesia.

Customize
Laporan-laporan yang bisa di custom API 3rd Party. Untuk versi online, semakin lengkap dan semakin mudah aksesnya. Ada fasilitas 3rd party dan mobile apps support.

Harga Ekonomis
Harga yang sangat terjangkau. Tidak ada Biaya Maintenance Software dengan fitur super lengkap dan mudah digunakan.

Nah dengan Accurate, laporan keuangan dapat dibuat lebih cepat, juga siap diekspor menjadi laporan pajak dalam format E-Faktur dan E-PPh23. Bisa jadi Accurate ini ibaratnya jalan tolnya pembukaan deh.


Saat ini lebih dari 150.000 perusahaan yang menggunakan Accurate dan 90% merekomendasikan aplikasi ini kepada rekan bisnisnya.
Untuk bisninya sendiri ada Accurate Digital Partner. Lalu apakah Accurate Digital Partner?

ADP atau Accurate Digital Partner adalah sebuah pekerjaan atau partner resmi yang memasarkan Accurate Accounting Software secara online atau digital dengan skema fee yang menarik dan kompetitif.


Produk apa saja yang ALT Accurate Lite Partner ADP pasarkan ?
Sebagai seorang partner penjualan, produk yang kamu  jual adalah sebuah aplikasi pembukuan. Aplikasi ini bernama Accurate Online dan Accurate Lite.

• Aplikasi Pembukuan
Sebuah alat bantu atau tools dalam bentuk software atau perangkat lunak yang berguna untuk membantu para pengusaha dan perusahaan dalam menjalankan transaksi dan pembukuan sehingga menghasilkan laporan transaksi dan laporan keuangan secara cepat dan akurat.

Dengan adanya aplikasi Pembukuan akan sangat membantu masing-masing bagian dalam menjalankan tugas sehari-hari karena tidak perlu dilakukan secara manual. Apapun yang diinput saat itu, maka akan langsung dapat dilihat hasilnya.

Lalu apa sih keuntungan menjadi ADP?
1. Pendaptarannya gratis
Cukup kunjungi Official Website accurate.partners, bit.ly/registeradp lalu lengkapi data diri di Form Register. Setelah itu maka kamu sudah terdaftar sebagai Accurate Digital Partner Progress.

2. Agent Tools & Matprom
Untuk kelengkapan penjualan disediakan agen tools yang lengkap dan informatif, seperti pembelajaran online partner, laporan database trial calon pelanggan serta hasil penjualan pribadi.
Selain itu juga disediakan materi promosi yang bervariasi, yang bisa digunakan sebagai modal partner untuk menyebarkan informasi di jaringan sosial dan mendapatkan prospek/calon pembeli.


3. Skema Fee Bervariasi
Dengan bergabung menjadi ADP, kamu bisa mendapatkan variasi income dari tahapan - tahapan yang dilakukan sebagai seorang ADP.

• Basic Income & Recurring
Pendapatan yang diperoleh ketika ADP berhasil menjual Accurate.

• Instant Income
Bonus yang diberikan saat event , program penjualan tertentu dan program kerjasama dengan partner tertentu. Income yang diperoleh pada saat berhasil menjual aplikasi Accurate Income yang diperoleh saat melakukan to do list harian ADP.


Instant Income bisa di dapatkan hanya dengan melakukan tahapan to do list harian dan mengumpulkan poin dalam jumlah tertentu. Poin tersebut bisa ditukarkan dengan hadiah ( Cash, Voucher dan lain-lain).

• Seasoning Income
Income / Bonus yang diperoleh ketika seorang ADP mengembangkan jaringan satu layer dibawahnya atau agent get agent dengan skema tertentu.

• Networking Income
Income / Bonus yang diperoleh ketika seorang ADP mengembangkan jaringan satu layer dibawahnya atau agent get agent dengan skema tertentu.

Contoh :
Jika seorang ADP merekrut seseorang & berhasil menghasilkan penjualan pertamanya maka ADP tersebut akan mendapatkan Refereal Fee sebesar 100.000 & juga program referral lainnya.

Tertarik untuk bergabung menjadi ADP syaratnya gak susah ko, kamu bisa gabung di grup Facebooknya untuk mendapatkan materi untuk kamu posting atau kunjungi website SolusiUKM.com

Komentar