Kapolda Ajak Wartawan dan Netizen Untuk Berbuka Puasa Bersama

Kapolda Metro Jaya pada tanggal 6 Juni 2018 kemarin mengadakan buka bersama dengan wartawan dan Netizen unit Polda Metro Jaya yang bertajuk 'Silaturahmi Kapolda Metro Jaya bersama wartawan dan netizen'.


Alhamdulillah banget saya menjadi salah satu dari puluhan undangan tersebut. Saya hadir bersama teman-teman dari Kelas Blogger.

“Bersama wartawan dan netizen, hari ini saya sangat berharap bisa menjalin persaudaraan yang erat, dan dapat terus mendukung kinerja Polri khususnya Polda Metro Jaya, dalam mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat,” ungkap Wakapolda Brigjen Polisi Purwadi Arianto saat membacakan sambutan tertulis dari Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si. Pada kesempatan kali ini Kapolda kembali berhalangan hadir karena harus menghadiri acara di rumah Kapolri Jenderal Tito Karnavian.


Bulan Ramadhan menjadi momen yang ditunggu di mana Ramadhan menjadi bulan untuk saling menguatkan sikap, saling menghormati dan bertoleransi. Bukan hanya untuk diri pribadi atau
perorangan, namun mencakup seluruh warga masyarakat Indonesia.

Bagi media massa dan media sosial, diharapkan untuk ikut menjaga kesucian bulan Ramadhan dengan cara menyajikan berita yang menyejukkan dan berita yang positif di masyarakat, begitu juga bagi para netizen atau warga net yang aktif di media sosial, baik Blogger, Vlogger, Media Sosial Influencer mari #sebarkanberitabaik di bulan Ramadhan ini.

Kepada media dan warga net, Kapolda mengajak untuk berpartisipasi mengisi konten media sosial yang kreatif dan positif, seerta memiliki nilai edukatif untuk masyarakat. Kapolda juga mengharapkan media massa dan media sosial ikut menjaga kesucian bulan Ramadhan dengan cara menyajikan berita yang menyejukkan dan berita yang positif di masyarakat.

"Jadi di bulan yang baik ini, mari kita bersama-sama membangun toleransi, saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada pada pihak lain dan #bersatudalammenjagaNKRI."


Selain dihadiri oleh wartawan dan netizen, acara silaturrahmi tersebut juga di hadiri oleh beberapa Tokoh Lintas Agama, yaitu:

  • Pendeta Datulon Sembiring
  • Biksu Syailendra Virya
  • Romo RD Aloysius Tri Harjono
  • Pedande/Gede Nyenengin
  • H. Muhammad Ali


Kelima tokoh tersebut membacakan teks naskah bersama, yang berisi ikrar atau komitmen para tokoh lintas agama, Kapolda serta para pejabat utama Polda Metro Jaya, wartawan dan netizen untuk bersatu menjunjung dan menjaga persatu dan kesatuan NKRI.

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, Kapolda Metro Jaya juga sangat berharap bisa menjalin persaudaraan yang erat dan dapat terus mendukung kinerja Polri khususnya Polda Metro Jaya dalam mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat. Begitu pun terhadap para tokoh Lintas Agama baik dari Agama Islam, agama Kristen, agama Katolik, Hindu dan Budha yang hadir  dalam acara tersebut. Kapolda sangat berterimakasih atas wujud toleransi dan kepedulian dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa bahwa kita adalah Satu, kita bersaudara dan kita adalah Indonesia. 

Setelah pembacaan naskah bersama acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada para anak yatim-piatu yang sengaja diundang ke acara tersebut. Lalu dilanjutkan dengan kultum dari H. Muhammad Ali serta shalat Magrib bersama.


Peran Media Sosial


Tak dapat dipungkiri, di era tekhnologi informasi seperti saat ini, media sosial semakin dan memiliki peran serta kontribusi yang cukup besar dalam pelaksanaan esensi bulan Ramadhan. Media Sosial seperti pedang bermata dua,  bisa menghancurkan namun memiliki banyak keuntungan, salah satunya sebagai sumber informasi.

Untuk mengimbangi keburukan media sosial, para netizen dan wartawan diharapkan bisa menyajikan konten positif guna menangkal segala bentuk informasi negatif di media sosial, sebaran berita HOAX dan ujaran kebencian yang kini sudah sangat masif.

Mari kita manfaatkan bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini dengan berkaryaa yang positif, yang kreatif dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

#HORMATIPERBEDAAN
#BERSATUDALAMMENJAGANKRI