Sinergi Antara Blogger dan BPK

Pada tanggal 27 November 2017 – 12 Februari 2018, BPK telah mengadakan sebuah lomba menulis blog dengan tema "BPK Kawal Harta Negara." Lomba menulis tentang salah satu lembaga negara ini ternyata mendapat respon yang sangat banyak. Kalau gak salah ada ratusan tulisan yang masuk, salah satunya punya aku. Setengah gak PD sih ikutannya. Wkwkwk


Saking banyaknya tulisan yang masuk membuat team juri sangat kewalahan dalam menyortir dan menilai tulisan para Blogger tersebut. Dan akhirnya pada tanggal 15 Maret 2018, tim lomba menulis blog BPK mengundang para peserta lomba ke gedung BPK  untuk menyerahkan hadiah sambil bersilaturahmi dengan mengakat tema "KumpulBloggerBPK".


Acara dibuka dengan sambutan dari Sekjen BPK, bapak Hendar Ristiawan yang diteruskan dengan sambutan dari Ketua BPK, bapak Moemahadi Soerja Djajanegara.

Pada saat pembukaan, Ketua BPK Pak Moemahadi Soerja Djajanegara sangat mengharapkan peran para blogger sebagai salah satu bagian dari BPK dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang apa dan siapa itu BPK.

Saat ini keberadaan BPK ditetapkan oleh Undang-undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan. Sedangkan landasan operasional dalam melaksanakan tugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang ditetapkan oleh:

- Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

- Undang-undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Pembendaharaan Negara.

- Undang-undang Nomor 15 Tahun 2005 tentang Pemeriksaan Pengelolaan fan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Visi BPK

Menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

Misi BPK

1. Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri.

2. Melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen dan profesional.

BPK menerapkan kode etik (Peraturan BPK No.3 Tahun 2016) yang harus dipatuhi oleh setiap anggota BPK dan pemeriksa selama menjalankan tugasnya. Untuk menegakkan kode etik tersebut dibentuk Majelis Kehormatan Kode Etik BPK yang diatur dengan Peraturan BPK No.4 Tahun 2016.

Semoga dengan bersinerginya BPK dan para blogger harta negara makin banyak bisa diselamatkan dan masyarakat pun lebih bisa mengenal dan tahu tugas dan wewenang BPK dalam mengelola keuangan negara.


Lalu acara dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda resminya acara #KumpulBloggerBPK dibuka.

Dari ratusan tulisan tersebut, tersortir ada 20 blogger yang masuk nominasi pemenang, yang terbagi dalam dua kategori Best Of The Best dan juara Favorit dengan hadiah masing-masing berupa uang tunai.


Best Of The Best pertama jatuh pada Alexander Arie Sanata Dharma dengan judul tulisan "BPK Kawal Harta Negara Dengan Mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara" (ariesadhar.com).


Juara ke dua, Yesi Hendriani Supartoyo dengan judul tulisan, "Peran Generasi Milenial Kawal Harta Negara" (yesisupartoyo.com).


Juara ke tiga, Lalu Alfian Rifa'i dengan judul tulisan, "Ikut Berpartisipasi Membantu BPK Mengawal Harta Negara yuk" (firstwinner.wordpress.com).

Sedangkan untuk juara favorit, urutan pertama diperoleh:


1. Lalu Alfian Rifa'i dengan judul tulisan, "Ikut Berpartisipasi Membantu BPK Mengawal Harta Negara yuk" (firstwinner.wordpres.com).


2. Bayu Satria Utama dengan judul tulisan, "Tantangan Era Disrupsi : SIPADU Membangun" (bayusatriautama.wordpres.com).


3. Saiful Rijal Yunus dengan judul tulisan, "Harta Tahta Dan BPK" (sayabu.wordpres.com).


Meskipun gak masuk nominasi, tapi seneng banget kenalan sama para blogger kece yang tulisannya keren-keren. Ada satu pemenang yang mendapat dua kategori sekaligus. Keren dan terlihat niat banget, di dalam tulisan blognya dia menyertakan infografis berupa kartun yang sangat menarik dan informatif.


Selain pembagian hadiah, BPK juga mengajak para peserta yang hadir untuk diskusi tentang perbloggingan dengan para narasumber kece, yaitu:


1. Farchan Noor Rachman yang mengangkat tema, " Dari Gagasan Menjadi Tulisan".

Di sini FNR menjabarkan tentang bagaimana sebuah tulisan menemukan takdirnya, mulai dari ide, menuangkannya dalam tulisan, mengedit, mempublish hingga bagaimana ngeshare hasil tulisan kita ke berbagai media sosial.

2. Dimas Novriandi, babang keren yang satu ini hadir dengan memgupas tuntas bagaimana blog bisa menghasilkan uang.

3. Aulia Halimatussadiah, perempuan yang biasa di panggil Ollie ini mengajak para peserta bagaimana cara membranding diri sendiri.

Ketiga ilmu dari para narasumber yang telah malang melintang di dunia perbloggeran itu sangat menarik dan perlu diterapkan.