Sambut Hari Musik Nasional, Detikcom Ajak 25 Musisi Indonesia Untuk Manggung Bareng

Jumat pagi (9/3/2018) suasana Kuningan City Mall tampak lain daripada biasanya. Beberapa orang telah bergerombol di depan sebuah ruangan dan berfoto ria di depannya. Ternyata eh ternyata, ruangan itu adalah tempat konser d'Hot Music Day 2018 yang sedang diselenggarakan oleh detik.com dalam rangka menyambut Hari Musik Nasional. Wewww baru tahu juga nih kalau tanggal 9 Maret itu diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Hadehhh kemanong aje neng, ini tahun ke dua loh Detik mengadakan event serupa?


Pas masuk ke dalem acaranya belum dimulai, baru pada cek sound. Cek & Ricek ternyata banyak banget artis yang bakalan ngisi ini acara, diantaranya, Adrian Khalif, Angela Vero, Ardhito Pramono, kang Arman Maulana, Novita Dewi, Rendy Pandugo, Bams dan masij banyak lagi. Acara akan berlangsung selama 13 jam, dan selama itu pula Detik.com dan Detik hot, melakukan streaming dan live music. Kerennnn.


Yang paling saya tunggu-tunggu adalah penampilan Rendy Pandugo, dengan mengenakan kaos berwarna putih dan jaket cokelat, dia naik ke atas panggung membawa gitar akustiknya. Cowok yang dijuluki John Mayer-nya Indonesia itu membawakan lagu pertamanya yang berjudul By My Side dengan sempurna.

"Itu By My Side, original sountrack dari film Susah Sinyal. Lagu selanjutnya adalah single yang dirilis tahun 2016, pertama kali gue sign lagi dengan label. Sebuah Kisah Klasik, dari Sheila on 7," ujar Rendy.


Acara sempat break untuk sholat Jumat, dan setelah itu dilanjutkan dengan penampilan Ayu Dia Bing Slamet dengan lagu Nurlela-nya membuat penonton terkesima. Lagu lama ciptaan opanya tersebut dibawakan dengan apik dan menarik. Lalu ada Kang Armand Maulana yang kali ini tampil solo. Keren deh pokoknya.


Dari pagi hingga sore menjelang aku dan para penonton diajak baper plus seneng-seneng sama para musisi yang tampil di d'Hot Music Day. Dan semakin malam ruangan pun terasa bertambah sesak. Lagi asik-asiknya nyimak lagu Nonaria yang bikin gemessss, ehh tiba-tiba ada seorang bapak-bapak ganteng dengan rambut putih dan senyum menawan duduk di sebelah aku gitu. Sempat berpikir keras untuk mencari tau doi tuh siapa, karena wajahnya familiar banget. Ternyata ehhh ternyata lagi beliau ada bapak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah nonaktif, yang saat ini lagi pemilihan lagi. Hihihi, tuh bapak bukannya duduk di kursi yang sudah disediakan, tapi malah duduk di pinggiran panggung untuk penonton.


Kehadiran Pak Ganjar jadi rebutan para penonton untuk selfie. Mengalahkan penampilan Virza dan Mulan Jameela yang sejak tadi aku tungguin. Yang paling asik adalah saat OM PSP (Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak) manggung, pak Ganjar ikut asik joget-joget. Selain pak Ganjar, hadir juga dua menteri kabinet pemerintahan pak Jokowi, yang aku kenal sih pak Budi Karya Sumadi. Mereka bertiga sempat berkolaborasi bareng Grup Ojol.


Pokoknya suasana pecah, penonton pada ikut berjoget. Suasana terasa meriah tapi tertib. Pak Ganjar sempat mengutarakan harapannya pada acara musik Indonesia agar bisa lebih banyak diadakan. Menurutnya, diadakannya acara pentas musik bisa menjadi salah satu wadah apresiasi bagi para musisi. Selain itu, menurut beliau acara musik seperti festival atau konser, bisa menjadi salah satu jalan keluar dari sulitnya menjual rilisan fisik dan pembajakan.


Di saat pak Ganjar dan pak Budi berkolaborasi, tiba-tiba sang host menyapa kedatangan seorang laki-laki berpeci hitam. Ahai ternyata beliau adalah Pak Sandiaga Uno, Wakil Gubernur Jakarta. Pak Ganjar langsung mengajak Pak Sandi untuk naik panggung. Mereka bernyanyi diiringi para pemain musik yang kesemuanya penyandang tuna netra.


Acara d'Hot Music Day tersebut selain didukung penuh oleh detikcom juga didukung oleh CNN Indonesia, TransTV, Trans7, Kuningan City dan 2QD. Yehaaa, selamat untuk detikcom atas suksesnya acara ini, semoga saya bisa terus hadir di event detik lainnya.