Mencicipi Menu Sehat Dari Restoran Sondoro Seafood Cibubur

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menuliskan tentang fresh market Sondoro Seafood yang berada di Lotte Mart Bintaro. Senang banget karena akhirnya menemukan tempat yang menjual ikan laut hidup. Secara gitu ikan kan salah satu makanan favorit saya.


http://www.herminiyuliawati.com/2018/02/asiknya-beli-ikan-di-fish-market.html?m=1

Dan pada tanggal 22 Maret kemarin, saya diberi kesempatan untuk menyambangi Restoran Sondoro Seafood yang berada di Cibubur.
Perjalanan yang cukup jauh dari Rawa Buntu ke Cibubur terbayar sudah karena keasrian dan nikmatnya masakan dari restoran yang tampak depannya menipu.


Sebenarnya restoran ini tidak menipu, tapi pelanggannya yang sering tertipu dengan penampakan saung dan suasana restoran yang seperti rumah makan Sunda. Karena nyatanya di resto ini kita tidak akan menemukan menu makanan Sunda, yang ada adalah aneka menu masakan seafood yang dimasak dengan cara yang sehat, yaitu dengan cara di steam.

Beberapa menu favorit di Sondoro Seafood adalah:


Ikan Kerapu Saos Nyonya atau Arsik.

Aneka rempah yang tercampur dalam bumbu arsik yang merupakan perpaduan bumbu khas Batak yang kuat, unik, dengan aroma yang wangi dan rasa yang segar berpadu dengan segarnya ikan kerapu menciptakan citarasa yang istimewa dan susah dilupakan. Saya seketika jatuh cinta pada aroma kecombrang yang semerbak ketika menu ini dihidangkan.


Ikan Ketapu Saos Hongkong.

Sekilas penampilannya serupa dengan kerapu saos nyonya, tapi bila diperhatikan dan dicicipi, baik penampilan maupun rasanya cukup berbeda.

Ikan ini dimasak dengan campuran minyak ikan, soy sauce dan sesame oil. Sederhana dan khas Chinese banget, tapi enak di lidah.

Ke dua ikan kerapu Cantang yang masing-masing memiliki berat 1,5 kg ini dimasak di dalam mesin steamer hanya dalam waktu 8 menit saja.


Sotong telur asin.

Sotong memiliki rasa seperti cumi-cumi, namun sotong hasil masakan Sondoro Seafood memiliki tekstur yang lembut dan jauh dari kenyal atau keras saat di gigit.


Kerang saos Padang.

Yang unik dari masakan ini adalah ukuran kerangnya yang besar dan jauh dari bau amis. Kerang di restoran ini didatangkan langsung dari Sumatera dalam keadaan hidup dan begitu sampai langsung di masukkan kedalam es.


Kangkung bumbu belacan.

Mungkin menu ini biasa dihidangkan di restoran seafood, tapi yang berbeda adalah di Sondoro Seafood kangkung yang dimasak adalah kangkung organik yang langsung dipetik ketika ada pesanan.


Tahu Sondoro

Tahu Sondoro ini dibuat secara homemade yang merupakan warisan turun temurun dari keluarga sang owner. Sekilas penampilan tahu ini biasa saja seperti kangkung, tapi begitu dicicipi tekstur tahu yang lembut berpadu dengan racikan khas bumbu Sondoro akan membuat ketagihan.

Sekilas tentang Restoran Sondoro Seafood Cibubur

Restoran yang dibangun di atas area seluas 2.000 m2 ini menawarkan suasana alam yang asri dan alami dengan disain arsitektur tradisional, yang menggunakan saung-saung bambu. Restoran ini  dapat menampung sampai dengan 250 orang tamu yang ditunjang dengan fasilitas yang memadai seperti mushola, parkir yang luas, saung VIP.


Sondoro Seafood Cibubur merupakan cabang ke empat, serta restoran Sondoro Seafood pertama yang ada di pulau Jawa yang berdiri pada tanggal 5 Desember 2015. Ke tiga resto lainnya berada di Medan.


Menu restoran ini sedikit berbeda dengan restoran seafood lainnya, baik dari segi bahan baku maupun pengolahan. Bahan baku makanan di sini berkualitas premium dan 100% hasil laut segar, karena masih dalam keadaan hidup sesaat sebelum diolah dan sayurannya pun sayur organik yang bebas bahan kimia serta pengawet yang ditanam sendiri, dimasak dengan racikan resep ala Batak, Medan, Manado dan Nias.


Salah satu owner yang merupakan anak dari owner Sondoro Seafood Medan mengajak serta mencoba mengedukasi para pelanggannya untuk menikmati seni makan ikan yang dimasak dengan cara yang sehat, yaitu dengan cara di steam. O, iya manajemen restoran Sondoro Seafood ini berada di tangan bapak Vredy dan ibu Yessy Sutiyoso.

Menu favorit yang paling digemari oleh pengunjung restoran ini adalah Ikan Kerapu Steamed Saos Nyonya, ikan Kerapu Steamed Saos Hongkong, Anyang Sondoro yang merupakan menu khas dari Pulau Nias, Sumatra Utara, yaitu kombinasi daun singkong dan bunga pepaya yang diracik dengan gurihnya kelapa dan ebi serta bumbu special lainnya. Satu lagi adalah Tahu Sondoro yang dimasak dengan teknik khusus, memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa yang gurih, serta menu special lainnya yang merupakan resep turun temurun dari keluarga owner.


Restoran Sondoro Seafood memiliki misi yang cukup mulia yaitu,
  • Menggerakkan perekonomian negara dibidang Perikanan dan Pariwisata.
  • Memberikan kualitas makanan dan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya.
  • Menjadi wadah pengembangan diri bagi karyawan Sondoro.
Sesuai dengan misinya dan dalam rangka memberikan apresiasi kepada TNI – Polri yang telah bersama-sama menciptakan kondisi dan stabilitas keamanan di tengah masyarakat, Restoran Sondoro Seafood saat ini punya program spesial yang khusus didedikasikan bagi anggota TNI – Polri.

Jadi, bagi anggota TNI – Polri yang berkunjung dan menikmati hidangan di Restoran Sondoro Seafood akan mendapatkan diskon sebesar 10%. Program ini berlangsung dari tanggal 1 April sampai dengan 15 Mei 2018.


Menurut pak Vredy selaku owner Restoran Sondoro Seafood, program ini diselenggarakan sebagai wujud rasa terima kasih dan syukur Restoran Sondoro Seafood karena telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia.

"Bagi anggota TNI – Polri yang masih aktif, dapat menikmati program spesial tersebut dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) TNI/Polri yang masih berlaku kepada kami. Kami berharap dengan adanya program spesial ini semakin dapat memotivasi masyarakat, khususnya di kalangan TNI-Polri untuk dapat mengkonsumsi ikan secara teratur."

Mungkin tulisan saya terkesan melebih-lebihkan rasa masakan di restoran Sondoro Seafood ini, tapi saya yakin kamu akan suka begitu telah mencicipinya. Pokoknya coba dulu deh baru tahu apa yang berbeda dari masakan restoran ini.

Untuk yang penasaran bisa datang langsung ke lokasi yang berada di Jalan Kalimanggis 100A Cibubur, Kota Bekasi, Jawa Barat. Lokasi tepatnya sekitar 500m di belakang Plaza Cibubur.


Selai bisa makan ditempat, resto ini juga memiliki layanan pesanan dibawa pulang (Take Away) dan Sondoro Delivery melalui (021) 845-1666 loh. Yuk capcus ah kita makan enak.