Aplikasi Pencari Rezeki, Aplikasi Pembuka Hati

"Ketika masalah datang: Allah tidak meminta kita memikirkan jalan keluar hingga penat. Allah hanya meminta kita Sabar dan Shalat."

Kalimat di atas adalah kutipan dari buku Aplikasi Pencari Rezeki halaman 13, karya Achi TM dan Wusda Hetsa. Sederhana, tapi bila direnungkan memang ada benarnya.

Pertama kali melihat buku ini, saya pikir isinya berhubungan dengan teknologi. Tapi ternyata isinya jauh dari perkiraan. Buku dengan kategori self help ini mengajarkan kepada kita bagaimana memahami konsep rezeki dengan cara yang sederhana.

Saya sangat suka dengan analogi dan perumpamaan yang digunakan oleh penulis buku ini. Sederhana, mudah dipahami dan mampu membuat saya merenungkan kembali tentang arti rezeki yang sesungguhnya.

Begitupun dengan fiksi yang disisipkan diantara bab buku ini sangat menarik dan mengadung pelajaran. Bagaimana ambisi, persahabatan, keinginan, keyakinan, doa dan takdir saling berkaitan erat.
Menurut KBBI, re·ze·ki n 1 segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah; 2 ki penghidupan; pendapatan (uang dan sebagainya untuk memelihara kehidupan); keuntungan; kesempatan mendapat makan;-- elang tak akan dapat (dimakan) oleh musang (burung pipit), pb setiap orang ada keuntungannya masing- masing; ada nyawa (umur) ada - , pb selama masih hidup kita tentu masih sanggup berusaha;
- batin sesuatu yang berguna bagi batin; santapan rohani;
- halal pendapatan yang halal (yang diperoleh dengan jujur);
- mahal sukar mencari rezeki (penghidupan); jarang sekali mendapat keuntungan;
- mata segala sesuatu yang sedap dipandang;
- meninggi mendapat keuntungan tidak dengan bersusah payah;
- merendah segala yang dikerjakan selalu menguntungkan;
- murah mudah mendapat penghidupan; kerap kali mendapat keuntungan;
- musang ki gadis yang tidak terjaga;
- nomplok cak rezeki yang diperoleh tanpa diduga dan dalam jumlah yang cukup besar
Di dalam Al Quran, kata Rizqi atau rezeki dengan berbagai derivasi atau turunan diulang sebanyak 133 kali, 55 kali berbentuk kata benda dan 78 kali berbentuk kata kerja.


Masalah rezeki berkaitan erat dengan rasa bahagia, ada hukum yang berlaku diantara keduanya. Rezeki bukan hanya uang, ada bentuk rejeki lain yang sering kita lupakan.
"Ada dua kenikmatan yang banyak manusia rugi karenanya, yaitu Nikmat Kesehatan dan Nikmat Waktu Luang. (HR. Bukhari, hal 172)

Dan doa Terbaik adalah Alhamdulillah.

Doa adalah permohonan, permintaan, dan pengharapan. Doa adalah gerbang pembuka kemustahilan.

Doa bukanlah “ban serep” yang dapat kamu keluarkan ketika dalam masalah, tapi “kemudi” yang menunjukkan arah yang tepat. Seringkali ketika kita hilang harapan dan berpikir ini adalah akhir dari segalanya, Tuhan tersenyum dari atas dan berkata, “Tenang, Sayang. Itu hanyalah bengkokan, bukan akhir!” (kutipan dari halaman 149).


Salah satu penyebab doa kita tidak dikabulkan karena kita lupa untuk bersyukur atas apa yang sudah kita miliki. Alhamdulillah adalah ucapan syukur yang paling tinggi dan bentuk keikhlasan atas segala upaya yang sudah dilakukan.

Saya gak bisa banyak bercerita tentang buku ini, yang jelas saya suka dan merekomendasikan untuk dibaca bagi yang ingin memahami bagaimana ilmu Allah mengatur rejeki setiap umatnya.
"Ada dua hal yang bisa mengubah seseorang. Kejadian yang luar biasa menyakitkan atau keinginan yang amat kuat." (hal 179)
Judul: Aplikasi Pencari Rezeki
Penulis: Wusda Hetsa & Achi TM
Penerbit: Pastel Books
Tahun: 2018
Tebal: 208 halaman
ISBN: 978-602-6716-13-2