XL Axiata Sediakan Buku Audio Bagi Penyandang Tuna Netra

Di era serba digital ini mendapatkan informasi sangat lah mudah, semua orang bisa mengakses berita dan menambah pengetahuan lewat aplikasi termasuk kaum disabilitas. Namun sayang fasilitas untuk penyandang tuna netra masih sayang minim.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) yang berkomitmen kuat untuk terus mendukung penyediaan sarana literasi bagi kalangan penyandang disabilitas, terutama tuna netra, mewujudkan komitmennya melalui program Karyawan Berbagi Bersama Membangun Negeri. Program ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun XL Axiata yang ke-21.

Co-founder Ayobaca.in, Deka Komanda Yogyantara, Sekar dan karyawan XL Axiata, Dian Ekawati dalam acara Program Karyawan Berbagi Bersama Membangun Negeri di Jakarta. Jumat (13/10)

Dalam program Karyawan Berbagi Bersama Membangun Negeri tersebut, XL Axiata mengajak karyawannya untuk turut serta berpartisipasi dalam penyediaan buku audio dengan cara membaca buku dan merekamnya. Program ini akan rencananya akan terus berjalan sepanjang tahun. Hingga saat ini  telah tersedia berbagai macam tema buku untuk dibaca dan direkam.

Untuk pendistribusian buku audio ini ke kalangan penyandang disabilitas, XL Axiata kembali bekerjasama dengan AyoBaca.In, sebuah organisasi yang bergerak dan menaruh rasa keperduliannya pada upaya penyediaan sarana literasi bagi penyandang tuna netra. 

“Kegiatan ini sekaligus menjadi sarana untuk mengakomodir tingginya minat teman-teman karyawan XL Axiata untuk terlibat dalam kegiatan edukasi mengenai dunia digital kepada masyarakat di berbagai kota. Untuk buku audio ini kami memang membutuhkan pastisipasi dari banyak sukarelawan mengingat jumlah banyaknya pula buku yang perlu dibaca dan direkam. Jadi secara teknis, diperlukan 1 orang untuk membacakan minimal 1 bab," jelas Tri Wahyuningsih, GM Corporate Communications XL Axiata, saat temui saat peluncuran Karyawan Berbagi Bersama Membangun Negeri di Jakarta, pada tanggal 13 Oktober kemarin.

Tri Wahyuningsih juga menambahkan, berdasarkan data Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), dari total jumlah penyandang tuna netra di Indoesia yang mencapai 3.7 Juta, hanya sekitar 2.000 orang saja yang memiliki akses membaca buku. Dan hanya sekitar 3% buku yang telah diubah ke huruf braille dan audio book. Berdasarkan data tersebut, maka XL Axiata dan AyoBaca.In telah menyiapkan beragam buku yang akan diubah menjadi buku audio. Targetnya, hingga akhir tahun nanti akan bisa meng-udio-kan sekitar 20-25 buku, yang akan melibatkan tak kurang dari 250 orang karyawan.

Buku-buku tersebut bertema seputar rohani, filsafat, hobi, kewanitaan, pengembangan diri, anak dan remaja, pendidikan, ekonomi, bisnis, manajemen, kesehatan, hukum, sosial dan politik, sastra dan budaya, spikologi, hingga teknik dan komputer.

AyoBaca.In sendiri sudah menyiapkan cara praktis untuk teknis merekam pembacaan buku-buku tersebut. Cara merekamnya cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja.
Caranya:

● Pertama, karyawan atau relawan mengunduh aplikasi AyoBaca.In di Playstore atau AppStore. Di dalam aplikasi tersebut, sudah tersaji buku-buku yang hendak diubah ke menjadi buku audio, beserta bab mana yang masih belum dibacakan. Tinggal dipilih buku yang akan dibacakan. Perusahaan akan menyediakan buku-buku tersebut.

Untuk merekamnya, para relawan bisa melakukannya dengan menggunakan alat perekam khusus atau ponsel, di mana pun, dan kapan pun, selama direkam ditempat yang tidak  berisik.

● Selanjutnya, hasil rekaman diunggah ke aplikasi Ayobaca.in. Pada aplikasi tersebut sudah tersedia fitur untuk mengunggah hasil rekaman. Setelah itu tim Ayobaca.in akan mengubah suara dalam format “Daisy” dan dikompilasikan dengan bab-bab lainya hingga menjadi sebuah buku audio.

Program kerjasama dengan AyoBaca.In ini sekaligus menjadi salah satu upaya XL Axiata untuk mendukung terealisasinya program-program sosial yang memanfaatkan teknologi digital serta melibatkan karyawannya. AyoBaca.In sendiri merupakan organisasi nirlaba yang diinisiasi oleh peserta Program XL Future Leaders. Sampai saat ini AyoBaca.In telah meluncurkan aplikasi dengan nama yang sama di Google Play Store. 

Aplikasi AyoBaca.In yang bisa di unduh di Google Play Store.

Program yang dijalankan oleh para mahasiswa ini juga telah melakukan workshop di berbagai daerah, baik untuk melakukan edukasi publik tentang perlunya penyediaan sarana literasi bagi penyandang tuna netra, juga sekaligus menggalang partisipasi publik dalam program mereka. 

Hingga saat ini, program buku audio ini telah melibatkan lebih dari 3.500 relawan di berbagai kota di Indonesia, yang mencakup dari beragam profesi dan usia. Mulai pelajar, mahasiswa, karyawan swasta dan pegawai negeri, hingga aktivis dan kalangan selebritis. Sudah lebih dari 15 judul buku yang berhasil di-audio-kan.

Beberapa di antaranya buku-buku yang cukup popular, yaitu The Alchemist, buah pikir Paulo Coelho, Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, Negeri 5 Menara, karangan Ahmad Fuadi, novel Hujan, karya Tere Liye, Steve Jobs, karangan Walter Isaacson, dan Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat karya Cindy Adam. Buku-buku yang sangat menarik dan inspiratif.

Semoga dengan program dari XL Axiata yang bekerjasama dengan AyoBaca.In ini, saudara-saudara kita penyandang disabilitas bisa semakin mudah mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Amin

Komentar