Peresmian Kampus III Unika Atma Jaya BSD City

BSD City atau Bumi Serpong Damai merupakan sebuah kawasan kota mandiri yang berada di Tangerang Selatan, yang menjanjikan untuk masa depan, karena kota ini memiliki konsep yang menggabungkan hunian, perkantoran dan pendidikan. Selain membenahi infrastruktur BSD juga sedang membangun beberapa perguruan tinggi guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan. Hingga saat ini Tangerang Selatan telah memiliki lebih dari 10 universitas dan hari ini  pada tangga 25 Juli 2017, bertambah satu dengan hadirnya Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.


Peresmian Kampus III Atma Jaya tersebut diawali dengan perayaan Ekaristi Syukur dan Pemberkatan Kampus oleh Uskup Agung Jakarta Mgr.Ignatius Suharyo. Lalu dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti, pelepasan burung Merpati dilanjutkan kampus Tur dan diakhiri dengan konferensi pers.

Konferensi pers sendiri dihadiri oleh Ketua Yayasan Unika Atma Jaya Ir.Aswin Wirjadi, Rektor Unika Atma Jaya Dr.Agustinus Prasetyantoko, Dhony Rahajoe – Managing Director Presiden Office Sinar Mas Land serta Bu Lanny sebagai pimpinan pembangunan Kampus III Unika Atma Jaya. A Prasetyantoko selaku Rektor Unika Atma Jaya menjelaskan,
"Kampus BSD ini didedikasikan sebagai Center for Human Development yang dikonsentrasikan untuk mendidik S1.  Di sini komitmen kami yang utama yaitu pengembangan dan pembentukan karakter mahasiswa. Mempersiapkan para mahasiswanya dengan kompetensi kelas internasional, memiliki karakter Keindonesiaan dan kepedulian."


Kampus yang dibangun diatas lahan seluas 20 hektar ini didesain untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih ideal yang mengedepannkan interaksi antar mahasiswa, dengan landscaping yang lebih baik. Ruang gerak mahasiswa didesain 6,5 meter per orang lebih besar dari kampus Semanggi yang hanya 1,5 meter per orang sehingga suasana kampus menjadi lebih baik.

Bangunan tahap pertama seluas 3,5 hektar dibangun dengan spesifikasi delapan lantai dan satu lantai semi basement. Setiap lantai digunakan untuk laboratorium, ruang kelas, tempat ibadah termasuk mushola, serta ruang serba guna. Selain itu tersedia pula tempat olah raga dan kantin sebagai penunjang.

Total daya tampung tahap pertama adalah 3.000-3.500 mahasiswa. Kampus ini juga memperhatikan kebutuhan mahasiswa difabel seperti tangga landai bagi pengguna kursi roda, dan kursi bagi mahasiswa yang kidal. Dari sisi keamanan kampus juga telah lolos uji pemadam kebakaran. Sepanjang atap ruangan dipasang pipa penyalur air pemadam kebakaran.

Namun satu kekurangan dari kampus ini, yaitu akses akomodasi yang masih kurang. Tapi jangan khawatir, Sinar Mas Land sebagai salah satu pengembang dibidang properti mendukung pembangunan kota cerdasnya BSD City, salah satunya dengan membantu melengkapi berbagai fasilitas modern, seperti intermoda station untuk akses transportasi, cluster perumahan dan apartemen untuk tempat tinggal, serta berbagai sarana hiburan modern indoor dan outdoor. Sinar Mas Land juga berjanji akan bekerja sama dengan pihak kampus untuk menyediakan bis agar memudahkan para mahasiswa.

Saat ini untukmu mencapai kampus Unika mahasiswa bisa menggunakan kereta api atau commuterline jurusan Tanah Abang - Parung panjang atau Maja. Turun di stasiun Cisauk. Dari sana bisa menggunakan ojek online atau angkot, berwarna putih. Bisa juga dengan menggunakan Tras Jakarta. Turun di Giant BSD lalu menyambung dengan gojek Online. Mudah-mudahan akses ke kampus Unika ini segera bisa dibenahi agar memudahkan para mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di sana. Sedangkanuntuk tempat kost, di wilayah BSD banyak tersebar rumah kost maupun apartemen dengan berbagai fasilitasdan harga.


Ketua Yayasan Atma Jaya Ir.Aswin Wirjadi memaparkan tentang fungsi dari yayasan sendiri, "fungsi dari yayasan adalah untuk menyiapkan prasarana dan sarana yang baik sehingga proses belajar mengajar di Unika Atma Jaya ini bisa berjalan lebih baik lagi.  Menandai usia Atma Jaya ke-57, kami bersyukur atas peresmian kampus ke tiga di BSD ini."

Perkuliahan  bagi mahasiswa baru di Kampus BSD dimulai pada 7 Agustus 2017 nanti. Fakultas Teknik, Teknobiologi, dan Hospitality and Tourism Management diberikan prioritas menempati dua gedung utama yang akan dilengkapi laboratorium modern. Jenis laboratorium antara lain engineering design center, Aerodinamika, Mekanika Eksperimental untuk Fakultas Teknik dan laboritorium mikrobiologi dan Tekno DNA untuk Fakultas Teknobiologi.

Sementara program-program studi berikut membuka kelas paralel di Kampus Semanggi dan BSD, yaitu Manajemen, Akuntansi, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru SD, Psikologi, dan Hukum. Maka, mahasiswa bisa memilih kuliah di salah satu tempat tersebut

Kehadiran Unika Atma Jaya, menambah pilihan para siswa SMA untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi. Kelebihan kami adalah tradisi dan reputasi akademis yang sudah kuat seiring usia ke-57 ini. Ditambah, sekarang dengan fasilitas fisik yang memadai tentu akan menghasilkan kualitas lulusan terpercaya dan bereputasi tinggi, imbuh Prasetyantoko.

BSD sebagai lokasi berdirinya kampus Unika merupakan salah satu kawasan strategis yang berkembang pesat dalam aspek digital dan kedepanya akan menjadi Silicon Valley Indonesia yang pertama. Kedepan akan memudahkan kampus untuk bermitra dengan berbagai element guna menyiapkan peserta didik dan profil lulusan yang lebih siap berkontribusi dalam masyarakat pada era digital. Alhamdulillah saya bangga menjadi salah satu warga BSD, meski agak minggir sedikit.


Sekelumit Tentang Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya


Unika Atma Jaya yang berdiri tanggal 1 Juni 1960 kini memiliki 21 program studi sarjana (S1) dan 11 program Pasca Sarjana serta 4 Prodi Profesi.

Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (berdiri 1960), Fakultas Pendidikan dan Budaya (FPB) dan Fakultas Teknik (FT) tahun 1961, Fakultas Hukum (FH) tahun 1965, Fakultas Kedokteran (FK) tahun 1967, Fakultas Psikologi (FP) tahun 1992, serta Fakultas Teknobiologi (FTb) tahun 2002 sebagai fakultas teknobiologi pertama di Indonesia.

Program Pasca Sarjana:
Graduate School of Business and Economics: Magister Manajemen (MM), Magister Administrasi Bisnis (MABI), Magister Akuntansi (MAKSI) dan Magister Ekonomi Terapan (MET) dengan konsentrasi Ekonomi dan Perbankan (Risiko Keuangan).

Magister Bioteknologi, Magister Sains Psikologi, Magister Ilmu Hukum, Magister Teknik, Magister Teknik Elektro dan Magister Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI).

Program Doktor: Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI) dan Psikologi.

Program Profesi: Profesi Akuntansi, Profesi Psikologi, Profesi Dokter, dan Profesi Insinyur

Unika Atma Jaya akan memiliki 3 lokasi kampus:

  • Kampus Semanggi sebagai Center for Nation Development (3,6 hektar) 
Mengembangkan beragam kajian yang sangat relevan dengan sinergi Bisnis-Pemerintah-Masyarakat.

  • Kampus Pluit sebagai Center for Health Development (4,2 hektar)

Menyelenggarakan pendidikan Kedokteran dan Farmasi yang unggul, berkualitas, dan bereputasi internasional melalui metode experiental learning hospital bersama Rumah Sakit Atma Jaya.

  • Kampus BSD sebagai Center for Human Development di BSD (20 hektar)

Berfokus pada pengembangan dan pembentukan karakter mahasiswa sebagai penerus bangsa.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih oleh Unika Atma Jaya. Tahun 2016 meraih Akrediasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT),  menjadi salah satu dari Indonesian best 50 promising universities dengan prestasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang diakui secara nasional maupun internasional. Kampus peraih Standar Nasional Indonesia (SNI Award),  Juara Umum PTS Bersih Narkoba 2014, predikat dari BNN dan Kemenpora. PTS Unggulan 2012 dan 2013 bidang Penjaminan Mutu, Budaya Akademik, Pembinaan Dosen Tetap, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, serta Pembinaan Mahasiswa.

Tentang Sinar Mas Land


Sinar Mas Land adalah salah satu pengembang property terkemuka di Asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang pengembangan properti di Indonesia.

Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Dengan dukungan tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land dikenal sebagai pengembang kota mandiri paling berhasil (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program,seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan The Breeze, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan,  dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program  program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk UKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan dan Itochu-Japan, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.