XL Siap Layani Kebutuhan Mudik Masyarakat Dengan Perkuat Jangkauan Sinyal di Jalan Tol Baru

Lebaran tinggal beberapa hari lagi, berarti arus mudik akan segera mengalir dari Jakarta ke berbagai kota lainnya. Selain arus mudik, yang diprediksikan akan meningkat adalah penggunaan data selular.

Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata sebagai salah satu provider tercepat dan terbesar di Indonesia secara maksimal telah mempersiapkan jaringannya untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data tersebut.

Tantangan yang dihadapi oleh operator telekomunikasi seperti XL Axiata selain kemungkinan terjadi lonjakan trafik, juga terkait perpindahan pelanggan secara masif dari kota-kota besar seperti Jakarta ke kota-kota lain. Jadi, lonjakan trafik yang akan terjadi menyebar di berbagai daerah, sesuai dengan arah perpindahan pelanggan selama liburan Lebaran.


Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Dengan penambahan kapasitas tersebut, operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS merasa optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan. Secara khusus, XL Axiata juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

XL Axiata juga melakukan penguatan jaringan terutama di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik-titik kepadatan masyarakat, baik dalam rangka mudik alias pulang kampung atau berlibur di berbagai daerah di Indonesia. Lokasi-lokasi tersebut antara lain destinasi wisata populer, pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi seperti bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, juga pelabuhan laut. Tidak lupa, tim XL Axiata juga akan siaga di jalur utama pulang kampung di berbagai daerah, terutama di sepanjang jalur Pantai Utara Jawa dan jalur Selatan yang rawan dengan kemacetan.

Dan untuk mempersiapkan infrastruktur yang mampu melayani pelanggan yang melintas di jalan tol baru, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah melakukan berbagai persiapan antara lain pemasangan mobile BTS (MBTS), yang hampir semuanya merupakan MBTS yang telah memiliki kemampuan mendukung jaringan 4G, di sejumlah lokasi. Tim teknis XL Axiata juga telah melakukan uji coba di semua ruas tol baru yang ada di sejumlah ruas di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta di ruas tol baru di Medan Kuala Namu. Hal ini dilakukan Xl guna menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang membuka sejumlah ruas jalan tol baru, termasuk jalan tol yang masih bersifat fungsional.

I Gede Darmayusa selaku VP Service Operation Management XL, mengatakan, "Mempertimbangkan sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut sebenarnya masih dalam pembangunan maka infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan di sepanjang jalan tol baru tersebut. Diprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut yang berarti akan ada kebutuhan atas ketersediaan layanan telekomunikasi dan data. Karena itu, kami pun menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat seperti MBTS, selain juga memperkuat jangkauan (coverage) dari BTS-BTS yang ada di jalan tol baru. Total lebih dari 30 unit MBTS yang kami kerahkan secara khusus dalam rangka antisipasi kebutuhan selama Lebaran ini."

Gede menambahkan, tim teknis XL Axiata sudah menempatkan sebagian dari MBTS tersebut di tol baru dan melakukan uji jaringan juga di jalan-jalan tol baru tersebut, termasuk yang ada di Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Dari uji jaringan tersebut bisa didapatkan titik-titik akurat mana yang masih memerlukan peningkatan kualitas jaringan. Antara lain di area exit tol dan rest area yang biasanya terjadi kemacetan. Misalnya ada di exit tol Brebes, Pejagan, Weleri, Salatiga, Bawen, dan Sragen Selain itu, XL Axiata juga menindaklanjuti laporan dari pelanggan dan masyarakat, termasuk juga hasil pantauan media, mengenai lokasi-lokasi yang dipandang memerlukan penguatan sinyal.

Jelang Lebaran tahun ini, XL Axiata juga secara agresif melakukan perluasan jaringan 4G LTE di berbagai daerah. Selama Juni 2017 ini saja, XL Axiata telah meresmikan layanan 4G LTE di puluhan kota, baik di Jawa maupun Luar Jawa.
Mengapa Xl begitu gencar sekali memperluas jaringan 4G LTE hingga menjelang Lebaran? Karena Xl ingin memberikan pengalaman baru bagi para pelanggannya dan masyarakat yang berlebaran dengan akses internet dan data dengan kualitas yang baik. Bagi pelanggan yang mudik terutama ke berbagai daerah di Pulau Jawa, sudah hampir di semua kota/kabupaten tercover layanan XL 4G LTE. Akses ke berbagai layanann Data bisa lebih nyaman, termasuk upload foto-foto atau video selama liburan. Bagi pelanggan yang tidak mudik bisa memanfaatkan ketersediaan layanan XL 4G LTE untuk tetap bersilaturahmi dan bertatap muka jarak jauh dengan keluarganya melalui layanan video call 4G LTE, loh.

Pada pekan terakhir Juni 2017 ini, XL Axiata juga akan meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE di beberapa kota dan kabupaten di Provinsi Jambi. Dengan perluasan menjelang Lebaran ini, maka kini layanan XL 4G LTE sudah masuk di hampir seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat, serta 100% di seluruh kota/kabupaten Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Sebelumnya, sejak Maret  Mei 2017 lalu, secara berturut-turut pula XL Axiata meresmikan beroperasinya 4G LTE di Sumatera Barat dan Lampung, Kalimantan Timur dan Barat, serta pekan lalu di Sulawesi Tenggara. Berarti hingga saat ini layanan XL 4G LTE XL telah dinikmati oleh lebih dari 15 juta pelanggan di 250 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesi, dengan dukungan lebih dari 13.000 BTS 4G.


Untuk yang mau mudik, jangan lupa isi kouta sebelum berangkat biar selama perjalanan bisa tetap berinternetan ria dan berbagi informasi lewat media sosialnya. So, selamat mudik dan selamat Idul Fitri buat yang merayakan, mohon maaf lahir batin.