Mengenal Sosok Iwan Fals

Siapa yang tidak kenal Iwan Fals, sosok penyanyi legendaris dan fenomenal ini memiliki fans fanatik yang tidak sedikit. Beberapa lagunya meledak di pasaran terlebih pada era 70-90an dan hingga saat ini pun namanya tetap masih berkibar.


Laki-laki dengan nama asli Virgiawan Listanto ini lahir pada tanggal 3 September 1961 dan mulai berkarya pada akhir tahun 70-an. Karyanya lebih banyak berisikan pesan sosial serta menyoroti beberapa kaum srperti, kaum pemerintah, kaum marginal dan berbagai kejadian besar yang terjadi di Indonesia serta dunia.

Beberapa lagunya yang melegenda dan sedikit kontroversi diantaranya:
1. Bento
2. Galang Rambu Anarki
3. Annisa
4. Umar Bakri
5. Mbak Tini
6. Anak Cendana ( Pola Sederhana)
7. Amburadul

Pada saat konser di Pekanbaru sekitar tahun 1984, Iwan Fals sempat harus berurusan dengan pihak kepolisian gara-gara menyanyikan lagu Demokrasi Nasi, Pola Sederhana, dan Mbak Tini. Karena di era tertentu ketiga lagu ini cukup keras menyindir pihak penguasa.

Pada tahun 1991 Iwan Fals menggelar konser Kantata Takwa di Stadion Utama Senayan, konser ini tercatat sebagai konser terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia. 

Hampir 150 ribu penonton memadati stadion. Bahkan sampai ada yang naik ke atap. Selain jumlah penonton yang spektakuler, konser ini juga menggunakan tata cahaya yang tercanggih pada masa itu.Tata cahaya tersebut baru pertama kali digunakan pada konser musik dalam negeri, kualitasnya sama dengan yang dipakai grup band Metalica.

Iwan Fals beberapa waktu sempat vakum dari dunia musik, hal ini dipicu oleh rasa kehilangan sang putra, Galang Rambu Anarki, yang meninggal pada bulan April 1997. Ia begitu terpukul, hingga memutuskan untuk vakum. 

Sejak itu banyak perubahan yang terjadi dengan Iwan Fals, bisa dilihat dari penampilannya, kini dia lebih rapi dan bijaksana. Lagu-lagunya pun lebih condong ketema cinta yang religius dan tenang. Bahkan beberapa  hasil ciptaannya dinyanyikan orang lain.

Album Suara Hati yang salah satunya berisikan lagu Hadapi Saja yang bercerita tentang kehilangan Galang,  menjadi awal kebangkitanya kembali. Isterinya tercinta, Ros, juga turut berkolaborasi dalam lagu ini.


Menginjak usianya yang ke 55 tahun, pria perlente ini merayakannya dengan menggelar konser sebagai salah rasa syukur dan perayaan atas karya-karyanya. Perayaan ini digelar tepat pada tanggal 3 September 2016 sesuai dengan tanggal lahirnya.

Untuk informasi konser Perayaan Karya Iwan Fals bisa cek di sini.
http://www.xl.co.id/id/yang-baru/promosi/xl-perayaan-karya-iwan-fals

Nah, buat para fans berat Bang Iwan yang ingin nonton dan mendapatkan tiket gratis dari Yonder, bisa menjawab pertanyaan aku di bawah ini:
1. Lagu apa yang paling kalian suka, plus alasannya.
2. Untuk mendapatkan aplikasi Yonder kalian harus menggunakan provider apa. 

See, gampang kan? Yuk cap cus, syaratnya juga gampang, kalian hanya harus penggunaan XL, mendownload Yonder dan pasti dateng. Tiket tidak bisa di pindah tangankan apalagi di jual.

Jawaban cukup di kolom komentar, atau melalui akun FB : Hermini Yuliawati, twitter : @hermini79, instagram : @hermini79. 

Silakan pilih salah satu.
Pemenang akan dipilih oleh tim juri. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Pemenang kuis akan dihubungi oleh penyelenggara.

Masing – masing pemenang akan mendapatkan 2 buah tiket untuk 5 orang pemenang. Jangan lupa tinggal data, nomor telpon dan akun medsosmu agar mudah di hubungi.

Kuis ini berlangsung hingga hari kamis jam 24:00.
See you there!
sumber: http://www.iwanfals.co.id/article/our-story (https://id.wikipedia.org/wiki/Iwan_Fals)
(http://www.kompasiana.com/www.duniawondo.com/fakta-unik-seputar-iwan-fals-2_55118b8c813311f34bbc6303)
Pict by Dudi Iskandar