Sehat Cerdas Cantik di Bulan Ramadhan Bersama Sahabat Ibu

Ini adalah acara talkshow ke dua dari Sahabat Ibu yang saya ikuti. Bahagia banget karena selalu bertabur ilmu dan manfaat. Acara yang didukung oleh House of Fatima ini diselenggarakan di Hall A Cendrawasih, JCC dengan tema "Sehat Cerdas Cantik di Bulan Ramadhan."

Dengan menghadirkan para narasumber Ibu Evelyine E Soekotjo founder Sahabat Ibu dan Ayu Diah Pasha pimred Sahabat Ibu.com, Chaera Lee desainer pakaian muslim dengan moderator mbak Wawa Raji.


Dalam talkshow tersebut bu Eveline mengungkapkan alasan mendirikan Sahabat Ibu, "alasan saya mendirikan Sahabat Ibu adalah LOVE yang berarti Learning for Every One."

Beliau juga menjelaskan arti cantik yang sesungguhnya, yaitu kecantikan yang terpancar dari dalam atau inner beauty. Karena cantik wajah saja tidak cukup.

"No matter how looks you are, perempuan tetaplah cantik, tapi tetap harus di tunjang dengan tingkah laku. Cantik adalah pribadi yang  menyangkan, tidak mebosankan dan selalu melakukan hal-hal yang bermanfaat," jelas ibu yang masih cantik di usia matang tersebut.

Ibu Eveline juga berpesan bagi yang mau memulai pernikahan dan yang sudah menikah, untuk menomor satukan komitmen. Karena dalam sebuah hubungan komitmen itu sangat penting, namun yang tak kalah penting adalah keinginan untuk mempertahankan komitmen tersebut.

Sedangkan Ayu Diah Pasha yang konsen dalam menjaga kesehatan lebih menekankan pada peran ibu dalam mendidik anak dan menjaga kesehatan keluarga.

"Peran ibu sangat penting dalam keluarga, kita bisa kehilagan satu generasi bila seorang ibu kurang bisa menjaga keluarganya," jelas pemain theater tersebut.

Mungkin terdengar kuno tapi ternyata ucapan orangtua tentang bibit, bebet dan bobot itu penting loh saat memilih pasangan, karena saat memeriksakan kesehatan pihak dokter akan menanyakan riwayat kesehatan orang tua, baik dari pihak ayah atau ibu. Terutama untuk penyakit generatif kita harus tahu riwayat kesehatan pasangan kita. Saat memutuskan untuk hamil, sangat disarankan untuk memeriksakan kesehatan. Mulai dari sebelum hingga sudah berbadan dua harus rajin mengeceknya.

"Ibu harus sehat dahulu untuk membuat keluarganya sehat," imbuh pimred Sahabat Ibu itu. Dalam satu tahun ini telah terjadi 22 tawuran dan ternyata pola makan mempengaruhi hal tersebut. Karena pola makan bisa menjadi salah satu penyebab agresif dan disktratif. Sekarang perangnya bukan dengan senjata tapi dengan membuat otak lemah melalui makanan. Makanan yang disimpan dan dimasak lagi kurang sehat karna telah menjadi sarang bakteri. Untuk ibu-ibu, usahakan untuk membuat makanan sendiri bagi keluarganya, baik di rumah maupun untuk bekal sekolah anak-anaknya.

Ayu juga mengungkapkan gaya hidup free sex menjadi sumber semakin pesatnya kanker servix. Bila ke toilet, usahakan untuk berhati-hati dan selalu bawa tissue basah demi kesehatan reproduksi. Karena wc umum sangat rentan penyakit menular. Dalam kesempatan tersebut, mbak Sinta, isterinya mas Hilman juga berbagi tentang pentingnya memeriksakan kesehatan sebelum menikah. 

Tujuannya untuk mengetahui riwayat kesehatan masing-masing pasangan.
Kemudian ada mbak Chaera Lee yang sharing tentang usaha fashionnya. MeeMaa Style  berdiri sejak tahun 2012 berawal dari niat menolong teman dengan mengambil alih konveksi milik temannya tersebut. Kini bisnisnya telah sampai ke Turki, dan desain yang dihasilkan pun telah dimentori oleh Hany Ananto. Memulai dengan mendesain untuk diri sendiri dan mencoba memakainya adalah langkah pertama dalam mengawali bisnis fashion design.


Chaera Lee yang mempercayakan obat herbal untuk  menjaga kesehatan keluarganya. Dia juga bercerita tentang awal mula ibunya memulai usaha herbal Vermint, yang menggunakan bahan dasar dari cacing tanah dan sudah tersertifikasi oleh Badan POM.

"Ilmu itu jangan disimpan sendiri, tetapi harus dibagikan ke semua orang," papar Chaera Lee.
Menjelang duhur, acara diistirahatkan sejenak guna memberi waktu pada mereka yang hendak sholat. Lalu talkshow dilanjutkan dengan sesi ke dua dari Sahabat Cewek.com dengan narasumber Aisyah Layla  make up artis dan Hamidah Rahmayanti  seorang influencer dan Dya Loretta  selaku pimpinan redaksi dari Sahabat Cewek.com dengan Eril selaku moderator yang mengangkat tema "Tetap Enerjik dan Menarik di Bulan Ramadhan."

Tips Dya Loretta dalam menjaga mood tetap semangat adalah dengan  melihat banyak orang. Dosen sekaligus penulis ini mengajak para remaja untuk menulis dan menginspiratif.
"Godaan terberat selama bulan Ramadan adalah ngomongin orang, harus direm nih kebiasaan jelek tersebut. Selama puasa, ubah pola pikir dan isi dengan aktivitas berguna puasanya lancar," papar Dya.

Berawal dari terbitnya buku yang berjudul personal branding, kemudian banyak yang konsultasi kepadanya mengenai personal branding. Dan dari  buku tersebut pula Dya memulai Sahabat Cewek. Media berbasis community yang mulai dirintis pada Maret 2016.

"Karena banyak penulis muda yang mengirim tulisan-tulisan keren akhirnya dibuat portal sahabat cewek," jelas Dya. Jadi tulisan para Sahabat Cewek dikumpulkan dalam bentuk digital di satu satu web yang keren dengan berbagai kanal. Ada fashion beauty, teknologi, informasi trend, aneka tutorial. Pokoknya komplit banget deh.

Sahabat cewek.com adalah portal untuk semua Sahabat Cewek di seluruh Indonesia. Hingga saat ini terdapat 25 penulis dan bekerjanya secara virtual. Usia penulis kontributor antara 13 hingga 19 tahun.
Hamidah Rachmayanti, seorang influencer dan instagrammer berbagi tips tampil cantik di bulan Ramadhan. Di sela kesibukannya Hamidah menjaga kesehatan dengan banyak minum dan menghindari gorengan.

"Untuk tips saat berpuasa, banyak minum saat sahur dan buka, banyak  wudhu dan sebarkan energi positif," jelas Hamidah saat di minta tipsnya untuk tampil cantik di bulan  Ramadan. Ia juga menyarankan untuk rutin memakai pelembab agar kelembaban kulit tetap terjaga. Hamidah memiliki tips dalam mefoto, menggunakan kamera yang bagus, usahakan di outdoor dan terang.

"Cara mendapatkan follower di sosmed, kita harus buat ootd dan rajin posting di IG. Tetap menjaga interaktif dengan para follower," ungkap Hamidah.

Aisyah Layla, cewek imut ini ternyata baru berumur 14 tahun tapi sudah malang melintang di dunia make-up artis.
"Awalnya sih gak boleh belajar makeup tapi akhirnya dibolehkan dan ikut sekolah makeup," jelas Aisyah saat menjawab pertanyaan dari host.

Tips Aisyah tetap cantik dan segar saat berpuasa adalah tidak mengkonsumsi makan fastfood saat sahur. Selama bulan Ramadhan gadis belia ini banyak mendapat job mendandani yang mau bukber. Nggak cuma makeup biasa, ia juga pernah makeupin pengantin loh.

Cara membagi waktu antara sekolah dan job, Aisyah menyiasatinya dengan homeschooling. Saat ditanya tentang haters, iaenjawab dengan ringan, "hatersku banyak, tapi santai aja yg penting tetap produktif."

Ahhh, sampai terkesima sama Aisyah, masih belia tapi banyak prestasi. Good job Aisyah! Dan acara pun diakhiri dengan foto bersama. Alhamdulillah banyak sekali ilmu yang bisa didapat hari ini. Terimakasih Sahabat Ibu, Sahabat Cewek dan Blogger Crony.