Prosehat Mengajak Menjadi Ibu Cerdas Saat Jalani Masa Kehamilan

Semua orangtua terutama calon ibu menginginkan melewati masa-masa kehamilan dengan sehat. Namun kadang kala beberapa faktor seperti  cuaca, kegemukan atau rasa mual  kadang tidak bisa dihindari.

Dan pada tanggal 29 Mei 2016, dalam rangka Pesta Pendidikan, Prosehat  mengadakan talkshow seputar kesehatan di masa kehamilan. Acara yang berlangsung di FX Sudirman ini diisi oleh  dr.Bram Pradipta, SpOG sebagai narasumbernya.

Menurut dokter muda ini faktor  terpenting bagi ibu hamil adalah nutrisi karena dengan nutrisi yang tercukupi setidaknya mampu melindungi sang janin dan ibu.


Beberapa nutrisi dan kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil diantaranya:

1. Asam folat.
Asam Folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena berfungsi untuk mencegah kelainan otak dan system syaraf pusat.
Kadar normal yang aman dikonsumsi adalah 400mcg di masa sebelum kehamilan, 600mcg saat menginjak trisemester 2-3 dan 500mcg selama masa menyusui.

Asam Folat tidak memiliki efek samping tetapi bila overdosis bisa mengakibatkan alergi, perut kembung,insomnia dan berkurangnya nafsu makan.

2. Kalsium
Kalsium memiliki fungsi untuk menurunkan kemungkinan hipertensi di masa kehamilan serta mencegah preeklampsia.

Dosis normal antara 1500-2000 mcg/hari selama hamil. Suplemen kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan terutama pada wanita yang tidak mengkonsumsi produk susu atau makanan yang mengandung kalsium.

3. Serat
Serat sangat penting untuk ibu hamil, karena membantu dalam melancarkan metabolisme dan efektif untuk mencegah konstipasi. Untuk yang berumur di bawah 50 tahun disarankan untuk mengkonsumsi serat sebanyak 25 gr/ hari. Bagi ibu hamil sekitar 28 gr/ hari dan ibu menyusui 29 gr/ hari.

Serat tinggi untuk diet sekitar 25 gr/1000 Kcal mampu memperlambat pengosongan lambung dan menurunkan glukosa serta insulin.

4. Fe, Zink dan cu.
Ketiga zat ini sangat penting dan direkomendasikan pada saat pertama kunjungan ke dokter kandungan.

Dosis yang di sarankan adalah 18 mg/hari dan ibu hamil sekitar 27 mg/ hari. Untuk yang memiliki HB dan HT rendah bisa mengkonsumsi suplemen sekitar 60-120 mgr/hari.

5. Kalori
Kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil minimal 1800 Kcal/ hari dan pada trisemester 2 dan 3 rata-rata sekitar 300-500 Kcal/hari.

Bagi ibu hamil disarankan untuk mempertimbangkan BMI sebelum hamil, usia, rate pertambahan berat badan, laju pertumbuhan fisiologis serta selera.

6. Protein
Dosis yang disarankan sekitar 0.8 g/kg/hari. Untuk ibu hamil pada trisemester 2-3 dibutuhkan 1.1 g/kg/hari dan tambah 25 gr/hari.

7. Karbohidrat
Ibu hamil minimal harus mengkonsumsi karbohidrat sekitar 175 gr/hari.

8. Lemak
Kurang dari 10% energi berasal dari lemak.

9. Multivitamin
Multivitamin dan mineral yang direkomendasikan pada wanita hamil dengan multiple gestasi, diet fe, vegas, diet buruk, perokok, alkoholik dan pengkonsumsi obat-obatan. Untuk vegan dibutuhkan 400 IU vitamin D dan 2.0 mcg Vitamin B12, serta hindari mengkonsumsi vitamin Adan D secara berlebihan.

10. Herbal dan Suplemen tumbuhan
Bagi ibu hamil sangat perlu untuk mempertimbangkan keamanannya, karena meskipun bersifat herbal belum tentu aman untuk kehamilan.


Hal yang harus dihindari oleh ibu hamil:

1. Alkohol
Bila berencana untuk hamil, hindari untuk mengkonsumsi segala jenis alkohol, terlebih saat hamil.

2. Kafein
Kadar kafein yang tinggi bisa memperlambat konsepsi. Pada ibu hamil tidak boleh melebihi 300 mg/ hari atau sekitar 2 cangkir kopi/ hari.

3. Hindari obat-obatan yang tidak perlu.
Bila akan mengkonsumsi obat-obatan coba cek apa memang diperlukan, apakah aman untuk kehamilan. Dan bila harus mengkonsumsinya, cek juga kategori obatnya.
Berikut beberapa obat yang kadang harus dikonsumsi oleh ibu hamil.

Obat anti muntah, diberikan bila memang perlu dan harus sesuai anjuran dokter. Keamanan kategori B.

Obat sembelit
Sebelum mengkonsumsi obat ini konsultasikan dengan dokter dan bisa diminum bila BAB berdarah dan hemorroid. Jenis obat yang diminum antara lain Lactulosa dan Bisacodyl.

Obat sakit kepala
Yang namanya sakit kepala memang bisa menimpa siapa saja dan tidak bisa dihindari namun bukan berarti tidak bisa dicegah.

Sebelum mengkonsumsi obat cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Obat sakit kepala bisa diberikan bila sudah mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak juga membaik setelah istirahat. Jenis obat yang boleh diminum, asetaminophen dan disarankan untuk menghindari ibuprophen.

Lalu bagaimana dengan Vaksin, apakah ibu hamil tidak boleh mendapatkan vaksinasi? Berikut tabelnya.


Mengenal Prosehat dan Tanyadok.com
Meski seminar yang digelar oleh Tanyadok.com dan Prosehat ini sangat singkat namun banyak ilmu yang didapat terutama untuk ibu hamil. Jadi wajib hukumnya bagi wanita untuk mencari tahu tentang seluk beluk kehamilan loh. Gak harus konsultasi ke dokter terus, kita bisa mencari tahu dulu dengan membaca.


Dalam kesempatan ini hadir pula dr.Gregorius Bimantoro  foudernya  ATOMA-PROSEHAT si pembuat website tanyadok.com.

Beliau menjelaskan bahwa sebagai seorang dokter kadang merasa gelisah karena banyak masyarakat  Indonesia yang kesulitan untuk mendapatkan pengetahuan seputar kesehatan dan juga obat-obatan.

Maka terciptalah weebsite  tanyadok.com, sebuah platform yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan seputar kesehatan yang kemudian akan dijawab oleh dokter.


Dan pada tahun 2015 lahir Prosehat  sebuah aplikasi pemesanan produk farmasi, atau bisa juga disebut sebagai situs marketplace yang memungkinkan penggunanya menebus obat dari resep dokter secara online.

Walaupun usianya masih muda, namun aplikasi ini telah mendapatkan penghargaan Seedstart World 2015, dan tahun 2016 ini akan mewakili Indonesia dan sekitarnya untuk ajang yang sama di Swiss.

Aplikasi ini bisa langsung didownload di google play dan i-store. Cara kerja layanannya pun terbilang mudah, setelah mendapatkan resep dari dokter, pengguna bisa langsung mengunggah foto resep mereka melalui fitur Kirim Resep. Selain itu, pengguna juga bisa menuliskan pesanan obat lain atau pun diagnosis dari sang dokter.


Setelah terkirim, permintaan akan diteruskan ke apotek yang menyediakan obat yang diminta. Obat akan dikemas dan langsung dikirimkan ke pengguna. ProSehat sendiri sudah bekerja sama dengan sejumlah apotek yang berlisensi untuk menjaga keamanan obat yang ditawarkan.

Saat ini ProSehat menerapkan metode pembayaran cash on delivery (COD) untuk wilayah di Jakarta dan menerapkan biaya pengiriman gratis, meski nantinya berencana untuk melakukan monetisasi dari layanan ini. Selain itu pengguna juga bisa langsung membeli obat tanpa resep yang mereka butuhkan di platform ini dalam fitur Beli Produk.


Tidak sulitkan untuk sehat? Yuk jadi ibu cerdas karena saat ini semua telah berada digenggaman.