Menjadi Konsumen Cerdas Bersama BPOM

Kosmetik masih menjadi alat untuk tampil cantik dan menawan. Berkosmetik bukan hanya kebutuhan wanita tapi juga semua anggota keluarga. Karena kita mandi memakai sabun, keramas dengan shampo yang kesemua itu termasuk dalam kategori kosmetik.

Namum kadang kita suka lupa untuk mengecek masa kadaluwarsa dari kosmetik yang kita pakai, apa lagi bila yang mahal, pasti pakenya sedikit-sedikit. Pengalaman pribadi loh. Hehehe ...

Saat memilih kosmetik penting sekali untuk mengecek nomor registrasi BPOM dan komposisinya, karena produk bermutu akan tersertifikasi di Badan POM tersebut.


Guna menyebarkan kebaikan ini Sahabat Ibu Indonesia bekerja sama dengan  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM-RI) serta The Body Shop Indonesia mengajak beberapa komunitas termasuk Blogger Crony untuk lebih cerdas dalam memilih kosmetik.
Acara yang dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 16 Juni 2016 lalu yang mengambil tempat di South Quarter Dome ini di isi dengan Talkshow dari Sahabat Ibu Indonesia dengan tema "Ceria, Cantik dan Sehat Di Bulan Ramadhan."

Sesi pertama dibuka oleh Ibu Ria, perwakilan dari Depkes-RI yang menjelaskan peran  BPOM dalam mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan tentang materi "Amankah Kosmestik Yang Kita Pakai?"  dari Dra. Mayagustina Andarini. Apt, M.Sc Direktur Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Makanan dan Kosmetik.


Salah satu visi dan misi BPOM adalah memproteksi masyarakat dari obat dan makanan yang berbahaya serta  mengatur produk yang beredar di Indonesia, termasuk kosmetik. Kosmetik adalah segala sesuatu yang digunakan di bagian luar tubuh dengan tujuan untuk perawatan, baik kulit, rambut maupun tubuh.

Menurut Ibu yang di sapa Maya ini, kriteria kosmetik yang baik adalah aman digunakan, tersertifikasi di BPOM. Saat membeli kosmetik ada beberapa yang haris diperhatikan, cek nama produk yang ada dikemasan, netto atau berat, nama produsen dan yang tak kalah penting adalah komposisinya, cari tahu apa saja yang terkandung dalam kosmetik tersebut. Periksa pula expired dan kondisinya apakah produk masih dalam keadaan baik, jangan gunakan yang sudah berubah warna dan bentuk.

Simpanlah kosmetik dalam suhu kamar, jika terjadi iritasi atau timbul efek samping segera hentikan pemakaian. Usahakan untuk tidak saling meminjamkan kosmetik. Bila ragu dengan satu produk tanyakan pada badan yang berwenang, dalam hal ini BPOM.

Dalam acara tersebut hadir Eksanti, yang berbagi tentang kiatnya  menjadi Brand Ambassador sebuah merek Kosmetik.
"Saya selalu memastikan apakah produk tersebut aman, lalu saya akan mencobanya dahulu selama satu minggu," jelas artis berjilbab tersebut. Eksanti juga memberikan tips aman saat memilih kosmetik, yaitu halal, tersertifikasi BPOM dan gunakan kosmetik seperlunya, tidak berlebihan.

Seorang staff Humas BPOM juga memperkenalkan websitenya yaitu www.pom.go.id dan contact centre Halo BPOM 1500533.

Di dalam website tersebut konsumen bisa melihat database produk, daftar produk yang sudah tersertifikasi BPOM. Selain bisa cek di website, BPOM juga sudah memiliki aplikasi yang bisa didownload lewat google play.


Cek BPOM aplikasi berbasis Android yang dikembangkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Aplikasi ini menampilkan data produk yang diperbolehkan beredar di Indonesia yang telah melewati proses evaluasi oleh Pre-Market.

Data produk yang ditampilkan dalam aplikasi ini terdiri atas:
1. Nomor Registrasi
2. Jenis Produk (Obat, Obat Tradisional, Suplemen Makanan, Kosmetika dan Makanan dan Minuman)
3. Nama Produk
4. Tanggal Terbit
5. Nama Dagang (Merk)
6. Jumlah dan Kemasan
7. Bentuk Sediaan
8. Komposisi
9. Nama Perusahaan Pendaftar dan Produsen
Untuk dapat mencari produk yang dimaksud, cukup memilih kategori pencarian serta memasukkan beberapa karakter Kata Kunci Pencarian (minimal 3 karakter) kemudian tekan tombol CARI.

Tips pencarian:
1. Kata Kunci Pencarian bisa dimasukkan sebagian huruf dan atau angka tanpa perlu memasukkannya secara lengkap.
2. Khusus untuk Kategori Pencarian berdasarkan Nomor Registrasi, masukkan sebagian huruf dan atau angkanya saja tanpa tanda titik dan spasi.

Untuk lebih lengkapnya, BPOM juga mengadakan demo tentang cara mengetes bahan makanan yang beredar di pasaran seperti tahu, mie basah kerupuk, otak-otak dan lain sebagainya. 

Beberapa jenis bahan kimia yang sering digunakan adalah:
1. Boraks
2. Formalin
3. Pewarna sintetis
4. Pewarna Tekstil
Jargon dari BPOM adalah Satu Tindakan Untuk Masa Depan.


Talkshow sesi kedua diisi oleh Komunitas Sahabat Ibu Indonesia, dengan menghadirkan  Ayu Diah Pasha selaku penggerak dan pemimpin Redaksi Sahabat Ibu Indonesia.com dan Ibu Eveline E Soekotjo sebagai pendirinya.
Komunitas Sahabat Ibu memiliki misi untuk saling berbagi dengan para Ibu se-Indonesia. 

Dengan jargon Sehat, Cerdas dan Cantik, Ayu berharap para ibu di Indonesia bisa berbagi ilmu dan informasi menarik melalui website Sahabat Ibu dengan mengirimkan artikel lewat email ke redaksi.sahabatibu@gmail.com.

Selain melalui website www.sahabatibu-indonesia.com, kita juga bisa mengakses Sahabat Ibu melalui Fanpage: Sahabat Ibu Indonesia, Twitter dan Instagram : @SahabatIbu_ID.

Sesi ke tiga diisi oleh The Body Shop Indonesia, dengan menghadirkan Ibu Eveline
The Body Shop adalah sebuah bisnis produk kecantikan global yang melihat bisnis sebagai kekuatan untuk berbuat kebaikan melalui produk dan aksi nyata. Salah satunya adalah menjadi pelopor dalam memerangi dalam pengujian hewan, gerakan anti perdagangan manusia. 

Melalui gerakan tersebut The Body Shop banyak meraih berbagai pencapaian dan penghargaan di berbagai isue lingkungan.

The Body Shop menjunjung 5 nilai yakni:
1. Support Community Fair Trade
2. Activate Self Esteem
3. Defend Human Rights
4. Againts Animal Testing
5. Protect The Planet

"The Body Shop Indonesia telah mengubah pendekatan nilai menjadi komitmen global yaitu Enrich Our People, Enrich Our Products, Enrich Our Planet," jelas bu Evelyne.

Kebiasaan yang tidak bisa diganti hingga saat ini adalah menanam 100 pohon sebagai ganti setiap membangun toko baru. Bisnis yang didirikan oleh Dame Anita Roddick 40 tahun yang lalu tersebut, juga telah memperoleh pengakuan dari Pemerintah melalui Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan atas upaya dalam kampanye perlindungan hutan dan satwa liar, pengelolaan sampah melalui pengumpulan botol kosong produk The Body Shop, juga aktif mendorong program pendidikan Hak Asasi Manusia, pendidikan anak dan bencana alam melalui donasi, CSR, serta ikut mendukung gerakan diet kantong plastik.


Sesi terakhir adalah demo make-up dari The Body Shop dengan tips tetap cantik saat Ramadhan. Salah satu tipsnya adalah gunakan kosmetik yang bermutu. Jangan lewatkan daerah cuping hidung, saat membersihkan wajah, karena banyak tersembunyi keringat dan debu. Dan pakailah kosmetik sesuai dengan kebutuhan.

Talkshow yang padat dan sarat manfaat bukan? Terimakasih Sahabat Ibu Indonesia dan Blogger Crony untuk undangannya, semoga kedepannya saya bisa kembali mengikuti acara lainnya.