Langkah-Langkah Membangun Self Branding

Pernah gak sih ke suatu acara terus ada yang marah-marah gara-gara gak dapet goodibag, atau ngajak teman tanpa memberi tahu panitianya?

Hemhh ... pasti pernah kan, atau kamu sendiri yang begitu? Hahaha ... mudah-mudahan gak pada begitu ya, karena jadi blogger pun harus mempunyai etika yang terpuji. Lagian malu kan ribut hanya karena goodibag  *kecuali isinya hp ya? Wkwkwk ...

Tapi beneran loh, di saat kamu marah-marah, pernah juga gak kamu membayangkan atau tahu perasaan atau kondisi orang yang jadi panitia tersebut, yang notabene dia bekerja untuk orang lain? Percaya deh pasti ada sebab akibat, dan kita tidak pantas marah-marah pada panitia.



Kadang dengan mudahnya kita berprasangka buruk dan menjudge seseorang tidak becus tanpa tahu keadaan yang sebenarnya. Merasa terdorong dan prihatin dengan hal seperti di atas, mbak Wawa mengajak para blogger yang tergabung dalam komunitas Blogger Crony untuk menghadiri acara #BloggerHangout  yang diisi dengan talkshow dari Mbak  Atiek Moerino dan mbak Ririn dari PR Toska yang mengangkat tema 'Kepribadian Yang Mendukung Personal Berbanding' pada hari minggu tanggal 19 Juni 2016 dengan mengambil tempat di Community Coffee Bintaro.

Karakter, kepribadian atau personality adalah aura yang terpancar dari dalam diri seseorang. Karakter sudah ada sejak lahir namun dengan kadar yang berbeda. Dan setiap orang memiliki effort yang berbeda pula dalam menguatkan karakter tersebut agar menjadi ciri khasnya. Bahasa awamnya sih karakter itu kesan yang akan diingat oleh orang lain tentang diri kita.

Karakter yang kita miliki merupakan bagian  dari brand, yang menggambarkan siapa diri kita yang terdiri dari kepribadian, keahlian, kemampuan atau  keterampilan yang ada pada diri kita. Modal utama dan terpenting dalam membangun personal branding adalah attitude yang baik serta positive thinking. 

Berikut tips cara membangun personal branding dari Mbak Atiek
1. Senyum.
Jangan pernah lupa untuk tersenyum, tapi jangan senyum-senyum sendiri ya.
2. One Word
Mari kita tutup mata sejenak, renungkan lalu putuskan satu kata sifat yang benar-benar mewakili diri kita.
3. Meningkatkan kelebihan pada diri.
Banyak yang merasa tidak memiliki kelebihan. Padahal setiap orang memilikinya, baik disadari ataupun tidak. Di saat kita menyadari apa yang menjadi kelebihan yang sesuai dengan passion kita, maka fokuslah untuk meningkatkan kualitasnya.
4. Quantity, Repitisi atau Latihan
Setelah tahu kelebihan kita, langkah selanjutnya adalah latihan untuk tetap fokus guna meningkatkan kualitas. Cobalah berlatih berulang-ulang, jangan cepat putus asa.
Untuk seorang blogger menulis adalah passion. Tulisan yang bagus dan berkualitas tidak terlahir begitu saja. Semua harus melalui proses yang panjang dan banyak latihan. 


Selanjutnya 10 tips bagaimana membangun kepribadian yang baik dari Mbak Ririen.
1. Sopan santun
Poin penting ini bisa dilakukan dengan  hal-hal yang sangat sederhana. Misal mudah berkata maaf, permisi dan terimakasih. Penting banget nih buat blogger, kalau datang terlambat ke sebuah acara, biasakan meminta maaf ya.
2. Respect
Ini terkait tulisan saya diawal paragraf. Kita taunya refleks bukan respect ya? Hehehe  ... Respect itu penting karena bagaimana orang menghargai kita bila kita sendiri tidak berusaha menghargai diri sendiri dengan bersikap dan berlaku sopan.
3.Assective
Yaitu berani berkata lugas dalam mengungkapkan pendapat atau pandangan namun dengan cara yang baik. Contoh gunakan kata-kata  sebaiknya begini, sebaiknya begitu, atau sepertinya itu kurang pas. Bila pendapat atau saran kita tersusun dalam kalimat yang baik akan mendapat tanggapan berbeda tidak hanya dipikiran tetapi juga di hati yang kita ajak bicara.
4. Empati
Empati dan simpati itu berbeda. Contoh kita merasa kasihan dengan seseorang, bila hanya kasihan itu berarti simpati. Namun bila rasa simpati disertai dengan tindakan maka itu disebut empati.
5. Attentive
Memiliki perhatian pada orang lain. Biasanya perhatian ini bisa ditunjukkan dengan hal-hal yang sederhana. Contoh sederhana adalah saling sapa.
6. Ketulusan
Tulus berarti perkataan dan tindakan itu sama. Jangan hanya berkata baik di depan tapi di belakang menjelek-jelekkan. Jadi bukan sekedar basa-basi belaka.
7. Optimis dan berpikir positif
Dengan berpikir positif kita akan optimis untuk bisa melakukan sesuatu.
8. Self-Confident
Percaya diri akan meningkatkan kualitas diri, hingga memungkinkan kita bisa menjalin hubungan dengan banyak orang dan komunitas.
9. Friendly atau ramah
Dengan bersikap ramah orang akan nyaman dengan kita.
10. Attention to look
Penampilan itu penting meskipun bukan hal yang utama, karena personality atau kepribadian lah yang utama. Penampilan penting karena merupakan hal pertama yang akan dilihat orang untuk menilai kita.

Tidak perlu memakai barang-barang mewah atau branded. Kita hanya butuh sebuah strategi untuk berpenampilan yang cihuy dan enak dipandang mata. Selain penampilan yang tak kalah penting adalah bb atau bau badan. Percuma dong udah tampil modis tapi bau ketek. Upsss! Tapi beneran loh, orang akan langsung ill feel kalo dekat sama yang bbnya tidak sedap.So, itulah pelajaran yang saya dapat dalam membangun personal branding. Semoga bermanfaat.