Lima Elemen Alam Gaya Inspirasi Wardah

Untuk pertama kalinya di tahun 2016 ini Wardah cosmetics menjadi official make-up dan hair-do untuk Indonesia Fashion Week. Dengan mengangkat tema CO[L]ORDINATION.

Wardah mengajak setiap perempuan untuk menonjolkan karakter dan kecantikan diri melalui makeup yang terinspirasi dari lima keindahan alam Indonesia, yaitu Kepulauan Bangka Belitung, Gua Gong Pacitan, Kawah Ijen Banyuwangi, Kawah Putih Ciwidey serta Raja Ampat. Hal ini agar para perempuan akhirnya bisa menemukan jati diri yang sesungguhnya melalui lima gaya makeup tersebut.


Lima gaya makeup tersebut adalah Glow, Stone, Flame, Sky dan Flow. Guna mempertegas komitmennya sebagai brand kosmetik halal, Wardah memperkenalkannya lewat Indonesia Fashion Week (IFW) yang digelar pada tanggal 10-13 Maret 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.


Untuk gaya makeup Glow, Wardah memperlihatkan keindahan cahaya senja Kepulauan Bangka Belitung yang di dominasi warna natural disempurnakan oleh sentuhan warna emas pada pipi dan bibir.

Dalam gaya Stone kita akan melihat keindahan warna relief Gua Gong Pacitan melalui bentuk mata dari Optimum Hi-Black Liner yang memberi kesan tegas dan misterius.


Gaya Flame menunjukkan kesan dinamis Kawah Ijen Banyuwangi dari paduan dua warna eyeshadow (classic dan N) serta dua warna Eyebrown pencil (hitam dan coklat) di padu sentuhan warna Violet Pink dari Long Lasting Lipstik.

Ketenangan elemen udara dan kemisteriusan Kawah Putih Ciwidey terpancar dari gaya makeup Sky yang menitikberatkan pada riasan mata. Gaya ini juga mampu menampakkan kesan melankolis dari paduan Eyeshadow E dan  Eye Liner Pencil putih.

Untuk mewakili keindahan warna air di Raja Ampat, Wardah menampilkan makeup gaya Flow dari perpaduan tiga warna palet Eyeshadow  (E, N dan K) yang disempurnakan dengan  Perfect Curl Mascara guna memperlihatkan kesan vibran yang menggoda.


Dalam perwujudannya Wardah berkolaborasi dengan lima desainer ternama, yaitu Barli Asmara, Dian Pelangi,Mel Ahyar, Ria Miranda serta Zaskia Sungkar di sebuah fashion show yang menghadirkan pesona alam Indonesia.

Andini Aska Dwiani Puri, selaku Brand Development Wardah Cosmetics mengungkapkan, "melalui fashion show ini kami mengajak masing-masing desainer untuk mewujudkan keindahan alam Indonesia di setiap rancangannya dengan warna-warna memukau agar mampu memberikan inspirasi berbeda pada dunia fashion Indonesia."

Dalam kesempatan tersebut Barli Asmara mengpersembahkan rancangannya yang bertema Glow of Parai dengan dominasi warna emas disertai sentuhan warna hitam. Terinspirasi dari keindahan cahaya senja di Kepulauan Bangka Belitung, dalam rancangan ini Barli berkeinginan untuk menampilkan sisi dinamis seorang perempuan agar dapat memperoleh kesan modern dan stylish.

Sementara Dian Pelangi yang sudah menjadi brand ambassador Wardah sejak tahun 2013 menyajikan rancangan dengan tema Lembayung Jiva yang terinspirasi dari keindahan warna Kawah Ijen Banyuwangi. Dalam rancangan yang dibuat dengan memadukan antara teknik tie-dye dengan teknik tenun menggunakan benang emas tersebut, Dian ingin merepresentasikan warna sinar api.

Mel Ahyar yang pada tahun 2015 lalu  juga pernah berkolaborasi dengan Wardah menghadirkan rancangan bertema Pohaci dari line Happa. "Pohaci adalah nama lain dari dewi mitologi dalam tatanan tradisional masyarakat Sunda, sesuai dengan inspirasi rancangan saya yang berasal dari ketenangan elemen udara dan kesan misterius Kawah Putih," jelas Mel Ahyar. Dalam 12 rancangan bernuansa warna putih, abu, dan biru muda tersebut ia menyajikan siluet oversized sebagai representatif elemen udara.

Desainer keempat adalah Ria Miranda, yang mewujudkan keindahan bawah laut Raja Ampat ke dalam tema Sea Shore. Siluet busana menyerupai kerang yang dibuat dengan teknik lipit dan flare, dipadu dengan potongan loose dan flowy yang serupa dengan gerakan ombak laut membuat Ria mampu menampilkan keindahan alam Indonesia. 

Dan terakhir adalah Zaskia Sungkar, yang menghadirkan rancangan berbahan kain lurik Jawa agar dapat menggambarkan keindahan warna relief Gua Gong Pacitan. Dalam balutan tema GOAGONG, ia berusaha menampilkan rancangan yang sesuai dengan ciri khas seorang Zaskia, yaitu simpel tapi tegas dan struktural.

Dalam ajang fashion yang berlangsung selama empat hari tersebut Wardah juga berbagi inspirasi kebaikan pada masyarakat luas. Semua ini sejalan dengan tagline Inspiring Beauty yang selalu menjadi dasar semua aktivitas Wardah. Untuk itu dalam IFW 2016 Wardah tidak sekadar memperkenalkan gaya make-up terbaru saja, tapi juga mengadakan berbagai acara yang bertujuan untuk berbagi ilmu. Seperti Make-up Class, Photography Workshop, hingga Beauty Talkshow.


Salah satu acara pertama yang diadakan Wardah adalah Make-up Class bersama Carolina Septerita, make-up artist Wardah Cosmetics. "Bukan sekadar menjadi official make-up & hair do saja, tapi Wardah selalu berusaha untuk berbagi ilmu merias wajah. Apalagi karena lima gaya make-up yang terinspirasi oleh keindahan alam Indonesia ini sangat mudah untuk diaplikasikan, serta sesuai dengan tren make-up yang memang banyak berfokus pada mata," tutur Carolina Septerita, make-up artist Wardah Cosmetics saat mengisi makeup class.


Acara terasa seru dengan lomba twitter yang berhadiah tiket untuk menghadiri pagelaran busana pada esok hari.


Tentang Wardah
Wardah merupakan brand kosmetik yang telah berdiri sejak tahun 1995 dan berada di bawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation (PT. PTI) yang didirikan oleh  Nurhayati Subakat, dan hingga saat ini menjabat sebagai komisaris PT. PTI. Wardah merupakan brand kosmetik halal ini selalu berusaha mengedepankan kualitas dalam mendukung wanita untuk tampil cantik sesuai karakternya masing-masing. Wardah memiliki filosofi Earth, Love, Life dalam setiap aktivitasnya. Hal tersebut sesuai  dengan Wardah yang selalu memberikan kontribusi pada lingkungan (Earth), peduli pada sesama makhluk hidup (Love) dan menjalani kehidupan yang memberikan makna bagi orang lain (Life).


Berusaha mewujudkan kepedulian dalam berbagai elemen kehidupan membuat Wardah Cosmetics juga memiliki perhatian besar pada dunia fashion dan seni. Hal tersebut terlihat dari peran serta dan dukungan Wardah dalam beberapa event fashion besar di Tanah Air, seperti misalnya Fashion Nation dan Jakarta Fashion Week. Dalam dunia seni Wardah mendukung beberapa film Indonesia seperti Habibie & Ainun, 99 Cahaya di Langit Eropa, Surga yang Tak Dirindukan, Air Mata Surga, Negeri Van Oranje, I Am Hope serta Ketika Mas Gagah Pergi.

Selain itu, Wardah selalu berusaha untuk merangkul semua orang sebagai bagian dari konsumennya. Itulah sebabnya, brand ambassador Wardah berasal dari beragam profesi dan latar belakang kehidupan. Ineke Koesherawati yang memancarkan karakter kuat dan menginspirasi. Dian Pelangi, Ria Miranda, dan Zaskia Sungkar yang berprofesi sebagai desainer fashion. Dewi Sandra dan Tulus yang memiliki latar belakang sebagai seorang penyanyi. Tatjana Saphira, brand ambassador termuda dari Wardah, serta Natasha Rizki, yang berprofesi sebagai aktris. Kedelapan sosok ini diajak berkolaborasi untuk menunjukkan bahwa produk-produk Wardah memang sesuai untuk semua perempuan dari berbagai usia dan latar belakang profesi.


*foto koleksi pribadi dan wardah.