XL Xmart Cities Lombok Luncurkan 4 Aplikasi Dari Pesanan Pemakaman Hingga Video Dakwah

Di awal tahun 2016 ini PT XL Axiata Tbk (XL) dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai mengimplementasikan kerjasama Xmart Cities Lombok dalam empat layanan digital. Semua layanan dari XL ini cukup inovatif dan unik, bahkan yang pertama di Indonesia.


Keempat layanan tersebut diantaranya, pemesanan pemakaman, pembayaran pajak kendaraan bermotor, XL Tunai, konten video dakwah bagi para ulama lokal, dan media komunikasi bagi panti asuhan.

Pada tanggal 11 Februari 2015 kemaren, bertempat di Mataram  Gubernur NTB  Dr. TGH. M. Zainul Madji bersama Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan meresmikan keempat layanan digital tersebut.
       
Keempat layanan digital ini kini bisa mulai dimanfaatkan oleh masyarakat dan akan mengantar Provinsi NTB menjadi salah satu provinsi terdepan dalam memanfaatkan solusi digital dalam mengatasi problem sosial masyarakat, termasuk dalam menerapkan e-goverment.

"XL berusaha membantu dalam  mengembangkan kerjasama ini, sekaligus mendukung program IBP (Internet Broadband Plan) & Smart City yang dicanangkan pemerintah, dengan memfasilitasi masyarakat Lombok dan sekitarnya untuk mendapatkan kemudahan terhadap informasi religi dan sosial, melalui solusi digital dan jaringan 4G LTE XL," jelas Ongki Kurniawan selaku Direktur Digital Services XL.


✅Pemesanan Makam
Untuk pemesanan makam, bisa diakses melalui website dan aplikasi tersebut, di sini  masyarakat bisa menemukan fitur yang membantu dalam memilih lokasi makam berdasarkan daerah serta mengetahui lokasi makam yang statusnya kosong atau sudah terisi. Dengan aplikasi ini kita juga bisa langsung memesan dan membelinya.
Masyarakat Lombok di 5 wilayah bisa memesan lokasi pemakaman melalui website http://xmartcitylombok.com/ atau aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store.

Kelima wilayah tersebut masing-masing adalah Kota Mataram meliputi daerah Karang Medain dan Bintaro. Kabupaten Lombok Barat di Demong Jempong dan Pemate. Lombok Tengah di Sengkerang dan Leneng Puah Raya. Lombok Timur di Selong dan Jero Waru. Lombok Utara di Nang Sebali Tanjung dan Karang Baru Pemenang. 

✅Media Dakwah
Selain aplikasi pemesanan makam, XL juga membantu para ulama Lombok dalam melakukan aktivitas dakwah melalui media digital. Dengan media dahwah online ini, para ulama bisa menyebarkan materi dakwah dalam format video kepada masyarakat NTB.

Para ulama memandang, materi dakwah melalui format video bisa menjadi sarana alternatif bagi masyarakat, karena mereka juga suka menyimak pengajian secara audio visual. Video Dakwah tersebut nantinya akan distribusikan melalui saluran media jejaring sosial khusus video YouTube.

Sudah  ada 7 ulama yang secara rutin mengisi konten dakwah ini, diantaranya: TGH Muh Khairi, KH Zainuddin Sulaiman, TGH Husain Basri, TGH Safwan Hakim, KH Zainudin Sulaiman, TGH Muharror Mahfuz, dan Ustad Satriawan Lc. Mereka adalah para ulama yang sudah dikenal luas oleh masyarakat NTB.

✅Website Panti Asuhan
Pada kesempatan yang sama, Pemerintah Provinsi NTB dan XL juga meresmikan implementasi dari pembangunan website yang didedikasikan bagi kalangan panti asuhan di Lombok.

Website ini bermanfaat untuk mensosialisasikan mengenai kondisi dan kebutuhan setiap Panti Asuhan di daerah NTB, sekaligus mempermudah masyarakat untuk bisa menyalurkan donasinya kepada panti yang membutuhkan.

Hingga saat ini jumlah panti asuhan di Lombok sekitar 1500an dan yang telah mendaftar kurang lebih 20 panti. XL berharap, kedepannya fasilitas ini dapat mengakomodir semua panti asuhan yang berada di Lombok.

Berikut daftar panti asuhan yang sudah mendapatkan fasilitas website: 
1. lksa-muhammadiyah.com
2. Iksa-padanwpancor.com
3. Iksa-nwmataram.com
4. Iksa-darulaitamputradakwah.com
5. Iksa--thohiriyahbodak.com
6. rppsa-putrautamamataram.com
7. pa-ashabulhikam.com
8. lksa-handayani.com
9. www.alikhlas-ampenan.com
10. lksponpesnurulhikmahlangkolingsar
11. lksa-alhidayahampenan.com
12. lksa-dharmabakti.com
13. Iksa-ibuaminah.com
14. lksa-ulilalbaabnw.com
15. lksa-harapanmataram.com
16. lksa-annashriynwsby.com
17. psbr-karyaputramataram.com
18. lksa-tghmuhshadruddinnw.com
19. lksa-panurussalamah.com
20. Iksa-nurulislam.com

Dalam pembangunan website tersebut, XL mendapatkan dukungan teknis secara penuh dari STIMIK Bumigora, Mataram. Sesuai dengan misinya maka XL akan  menggandeng perguruan tinggi setempat dalam membangun saranan digital terkait program XmartCity dan XmartVillage di berbagai daerah.


✅XL Tunai untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Yang terakhir dari XL dan Pemerintah Provinsi NTB adalah mengimplementasi kerjasama layanan XL Tunai untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. 

Kerjasama yang telah ditandatangani pada awal Juni 2015 lalu ini di harapkan bisa menjawab kebutuhan Pemerintah Provinsi NTB untuk meningkatkan tingkat pembayaran pajak, sekaligus mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran. Layanan ini  juga merupakan yang pertama di Indonesia.

Melalui XL-tunai, kita akan bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan lebih cepat dan efektif. Cukup dengan  mengakses  *123*120#. Setelah memasukkan nomor kendaraan, akan ada notifikasi berapa pajak yang harus dibayar. Pelanggan juga bisa mencetak bukti pembayaran pajak di loket yang telah disediakan oleh Dispenda.

Fasilitas inovatif dan cerdas ini sudah bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat NTB. Kini sudah tersedia 1 loket untuk mencetak bukti pembayaran dan akan ditambahkan menjadi 6 loket yang tersebar di beberapa tempat di Mataram
  

Komentar

Posting Komentar