A Copy of My Mind, Film Indonesia Yang Melanglang Buana

Haiii pecinta film Indonesia, saya dan KOPI-Koalisi Online Pesona Indonesia dateng lagi dengan film Indonesia terbaru dengan genre drama romantis, A Copy of My Mind.


Karya ini merupakan film panjang ke lima yang di tulis dan di sutradarai oleh Joko Anwar, namun di sini dia menggunakan gaya bercerita yang berbeda dengan film-film sebelumnya.

Film ini bercerita tentang kisah asmara seorang pegawai salon yang diperankan oleh Tara Basro dengan penterjemah DVD bajakan yang diperankan oleh Chicco Jerikho.

Semua berawal dari Busan Film Festival, di mana Joko Anwar dan sang produser, Tia Hasibuan berhasil mengikuti pitching di Asian Project Market. Pada forum itu A Copy of My Mind memenangkan hadiah sebesar US $ 10.000 setara dengan Rp.150.000.000-, dan dari sini pula akhirnya CJ Entertainment Korea  ikut serta dalam produksi film ini.

Cukup menarik, meski dengan budget yang minim, film ini tidak kehilangan kualitasnya, malah laris manis di berbagai film festival internasional, seperti Venice Film Festival, Itali, Toronto International Film Festival (TIFF) dan kembali ke ke Busan Film Festival -Korea Selatan.

Setelah melanglang buana akhirnya film ini bisa liris di Indonesia dan mendapat apresiasi yang positif. Di FFI, A Copy of My Mind berhasil menyambar 7 nominasi Piala Citra, 3 diantaranya yaitu penghargaan Sutradara Terbaik, Aktris Pemeran Utama Terbaik dan Tata Suara Terbaik.

Pada saat prescon dan screening yang di laksanakan di studio XXI Plaza Indonesia pada tanggal 3 Februari 2016,  Joko Anwar mengatakan, "Saya ingin A Copy of My Mind jadi time capsule Jakarta, Indonesia, sekarang. Jadi kita bisa melihat situasi Indonesia yang sebenar-benarnya saat ini, dan kapan saja kita mau melihat ke belakang."


Selain Joko Anwar, prescon juga di hadiri oleh semua pemain dan kru yang terlibat, Chicco Jerikho, Tara Basro, Maera Panigoro, Paul Agusta, Ario Bayu, Rony P. Tjandra, Tia Hasibuan, Uwie Balfas dan yang lainnya. Menurut Joko, ini merupakan film dengan kru paling sedikit, hanya 20 orang.

Meskipun telah premier di beberapa negara, namun film A Copy of My Mind baru akan diputar di Indonesia pada 11 Februari 2016 mendatang.


Sinopsis A Copy of My Mind :
Sari (Tara Basro), seorang pegawai salon kecil yang memiliki hobby menonton film dengan membeli dvd bajakan. Namun ia sering mendapati terjemahan atau subtitel yang ngawur pada dvd yang ia beli. Saat dia komplain pada sang penjual dvd dia malah dikenalkan pada Alex (Chicco Jerikho), si penterjemah dvd bajakan tersebut.

Di awal perkenalan mereka sempat bersitegang, namun lama-lama saling jatuh hati dan terbuai oleh manisnya cinta. Dan secara tidak sengaja mereka harus berurusan dengan dunia politik yang mengancam keselamatan ke duanya.

Detail Film A Copy of My Mind :
Sutradara : Joko Anwar
Produser : Tia Hasibuan, Uwie Balfas
Rumah produksi : Lo-Fi Flicks dan CJ Entertainment
Penulis Naskah : Joko Anwar
Pemain : Chicco Jerikho, Tara Basro, Maera Panigoro, Paul Agusta, Ario Bayu, Tony Setiaji, Ronny P. Tjandra
Genre : Drama, Romantis (Dewasa)
Tanggal Rilis Perdana : 11 Februari 2016
Durasi : 116 menit


Selain launching untuk umum pada tanggal 11 Februari, A Copy of My Mind juga hadir di Plaza Indonesia Film Festival yang kali ini mengambil tema "Love Philosophy" berlangsung dari tanggal 9-12 Februari ini.