Akhir 2015, XL 4G LTE Telah Melayani 35 Kota Di Indonesia

PT XL Axiata Tbk (XL) yang sudah beroperasi secara komersial sejak tahun 1996, terus berbenah diri. Kini XL sedang memperluas jarigan 4G LTE ke berbagai wilayah di Indonesia. Akhir Desember 2015, tercatat sudah 35 kota telah terlayani oleh internet cepat ini, melaui  BTS-BTS 4G baru mulai beroperasi. 

Perluasan layanan jaringan 4G dilakukan tanpa mengabaikan kualitas layanan. Dan selalu memastikan menjadi yang paling cepat dan stabil di setiap area.


"Perluasan wilayah layanan 4G LTE dilakukan sesuai dengan rencana dan strategi yang matang. Jadi bukan asal cepat-cepat, kami menyediakan layanan 4G di setiap wilayah berbarengan dengan penyediaan ekosistemnya. Karena itu, ketika jaringan 4G sudah hidup di satu kawasan, maka pelanggan dan masyarakat di sana juga sudah dengan mudah mendapatkan dan mengganti kartu SIM 4G, juga membeli paket bundling ponsel 4G," papar Yessie D. Yosetya selaku Chief Service Management Officer XL.


Ini bebeberapa kota-kota yang sudah  mendapatkan layanan 4G, Sumatera dan sekitarnya, Batam, Medan, Deli Serdang, Palembang, Banyu Asin, dan Pekanbaru. Untuk Kalimantan meliputi Banjarmasin dan Banjarbaru. Sulawesi baru di Manado. Bali, di Denpasar dan Badung. Nusa Tenggara Barat, di Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Utara.

Jawa Timur, sekitar wilayah Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Pacitan. Jawa Barat meliputi Cirebon, Cimahi, Purwakarta, dan Sumedang. Jawa Tengah, sekitar Pekalongan, Batang, Banyumas,Tegal, Brebes, Purwokerto, dan Solo. Sedangkan untuk Jakarta dan sekitarnya, layanan 4G LTE sudah ada di sekitar Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi.

Khusus DKI Jakarta, wilayah layanan 4G LTE akan  terus meluas ke lima wilayah Jabodetabek lainnya. Saat ini hampir semua pusat perbelanjaan, perkantoran, wisata, dan pemerintahan sudah terkoneksi layanan 4G. Antara lain sepanjang Jalan MH Thamrin, Sudirman, Gatot Soebroto, Kelapa Gading, Kebon Jeruk, Pluit, Tanah Abang, Pasar Minggu, Lebak Bulus, hingga Sunter dan Pasar Rebo. Total ada 37 area yang sudah ter-cover 4G LTE.

Tidak semua yamg terkomeksi adalah kota besar atau ibukota provinsi. Ada juga kota kecil, ini dikarenakan wilayah tersebut memiliki sisi startegis bagi XL, misalnya karena  sudah menjadi daerah mayoritas pengguna layana XL. Contoh wilayah Madura dan Lombok.

Pertimbangan lain dalam pemilihan prioritas adalah berdasarkan permintaan pelanggan yang tinggi atas layanan internet cepat, teknis jaringan, serta pertimbangan khusus atas suatu daerah. Dengan bertambahnya wilayah layanan XL 4G LTE, maka bertambah pula infrastruktur yang telah dibangun XL untuk menopang layanan tersebut.

XL tidak akan berhenti hanya di situ, pada tahun 2016 akan terus memperluas layanan internet cepat 4G LTE. Kota-kota yang menjadi prioritas antara lain adalah Makassar, Semarang, Malang, dan kota besar lainnya di luar Jawa. Di pulau Jawa, kota-kota menengah dan kecil juga akan mulai mendapatkan layanan ini.  Hingga saat ini sudah tercatat sedikitnya sekitar tiga juta pelanggan XL sudah memanfaatkan layanan 4G LTE