Indosat Peduli Kanker Payudara

"Bila bukan diri kita sendiri yang peduli dengan kesehatan kita, siapa lagi?"

Di Indonesia, kanker payudara menduduki peringkat no dua terbanyak setelah kanker rahim. Dan mayoritas penderita terdeteksi setelah berada di stadium lanjut di mana peluang untuk mencapai kesembuhan sangat kecil.

Padahal bila terdeteksi sejak dini, peluang untuk sembuh bisa mencapai 98% bila diobat secara medis.
Kesadaran akan pentingnya memeriksakan diri serta mengurangi gejala kanker payudara di Indonesia masih sangat minim.

Hal inilah yang mendorong Indosat untuk lebih peduli terhadap kesehatan para wanita. Oleh karena itu, pada tanggal 21 September 2015, PT Indosat Tbk, bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKPI), melakukan press conference guna memperingati bulan Peduli Kanker Payudara Internasional dengan tajuk Show You Care, Be Aware, sekaligus mensosilisasikan Aplikasi Pita Pink, sebagai bukti nyata dari Indosat dalam mendukung program Gerakan Kesadaran Peduli Kanker Payudara Indonesia.

Acara yang berlangsung di gedung Indosat, Jl. Medan Mereka Barat 21, Jakarta Pusat ini, dihadiri oleh, Ibu Linda Gumelar, selaku ketua YKPI, Alexander Rusli, selaku President Director &  CEO Indosat dan Rima Melati.

"Salah satu komitmen Indosat adalah memberikan perhatian khusus kepada para perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi, " papar Alexander Rusli saat memberikan sambutan pada acara tersebut. 


Dan sebagai bentuk kepedulian tersebut, Indosat meluncurkan kartu perdana mentari berwarna Pink edisi khusus Breastfeeding Cancer Awareness dengan konten khusus Aplikasi Pita Pink, yang merupakan aplikasi yang berisi informasi tentang semua kanker payudara, mulai dari pencegahan, pengobatan, mendeteksi sejak dini, informasi rumah sakit spesialis, klinik hingga tips menjaga kesehatan agar terhindar dari kanker payudara. 

Aplikasi ini baru bisa diunduh pada tanggal 1 November 2015 melalui Google Play Store yang berbasis Android. Bertepatan dengan acara puncak Gerakan Kesadaran Peduli Kanker Payudara Indonesia. 
Selain itu, Indosat menggelar program fun running Indosat Mentari - Sketcher Pink Ribbon Go Run - Go Walk. 

Sedang Linda Gumelar menjelaskan, "YKPI sangat optimis akan komitmen dan kerjasama dengan PT Indosat, yang mendukung Gerakan Peduli Kanker Payudara di Indonesia. Semoga kedepannya bisa memberi lebih dari sekedar manfaat kesehatan kepada semua perempuan di Indonesia."


Cara menghindari kanker: 
1. Kurangi kadar lemak dalam makanan kita. 
2. Hindari minuman beralkohol. 
3. Pola hidup yang seimbang. 
4. Periksa diri secara teratur. 
5. Berhenti merokok.
6. Kurangi makan yang diasap, dibakar, dan diawetkan dengan nitrit.  
7. Perbanyak makanan berserat.
8. Pilih makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C. 

  "Mari SADARI sejak dini." 
Cara memeriksa payudara sendiri:
Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), merupakan salah satu cara untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada payudara. Lakukan pemeriksaan ini sendiri di rumah pada setiap bulan. 
Pada wanita yang masih haid, lakukan pemeriksaan setelah haid. Bila sudah menopause, lakukan pada tanggal yang sama dan mudah diingat. 

Keadaan yang harus menjadi perhatian pada saat melakukan SADARI:

1.Teraba adanya benjolan. 
2. Penebalan kulit. 
3. Perubahan ukuran dan bentuk payudara. 
4. Pengerutan kulit. 
5. Keluar cairan dari puting susu. 
6. Nyeri. 
7. Pembengkakan lengan atas. 
8. Teraba benjolan di ketiak atau di leher. 

Bila ditemukan kelainan-kelainan seperti di atas, atau terasa ada perubahan keadaan setelah pemeriksaan bulan sebelumnya, maka segera periksakan diri ke dokter. 
YKPI sendiri tengah giat melakukan program tersebut dengan menyediakan mobil unit mammography yang beroperasi 2 minggu sekali, pelatihan pendampingan bersertifikat, seminar bersama menteri kesehatan, serta menerbitkan buletin.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:
Sekretariat Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Wijaya Grand Center, blok H no. 9 Jl. Wijaya II Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160. 
Tlpn: 021-7237018/021-7202484.
RS. Kanker Darmais, Jl. Letjen. S. Parman kav 84-86 Jakarta 11420. 
Tlpn: 021-56967762
Email: sekretariat@ykpi.or.id/ykpi.sekretariat@gmail.com
Atau kunjungi www.ykpi.or.id
Mari lawan Kanker sejak dini, saling peduli saling jaga.