Menikmati Keindahan Bukit Camuhan Ubud Bali

Untuk saya Bali masih menjadi pilihan utama untuk destinasi wisata liburan pribadi saya. Karena bagi saya Bali memiliki cerita tersendiri yang sulit untuk dilupakan. 

Bali tak hanya menawarkan keindahan pariwisata adat, tarian, kerajinan tradisional, pemandangan alam pantai dan laut saja, tetapi Bali juga memiliki pemandangan bukit dan lembah. Bahkan hamparan padang ilalang pun bisa membuat pengalaman berwisata menjadi lebih berwarna. 


Bukit Campuhan Ubud

Berkunjung ke Bali tidak lengkap bila tidak mengunjungi kawasan Ubud, Gianyar. Ubud merupakan salah satu pusat pariwisata yang menyuguhkan tarian dan kerajinan tradisional khas Bali. Ubud juga yang menawarkan banyak keindahan alam. 

Ada banyak lokasi wisata yang terkenal di wilayah Ubud diantara adalah, Monkey Forest Ubud, Museum dan Galery seni Antonio Blanco, Pura Taman Saraswati, Goa Gajah, Istana Tampak Siring, Gunung Kawi Ubud, Pura Gunung Lebah dan Campuhan.

Ubud juga dikeliling oleh hutan hujan dan terasering, menambah keindahan pesona alamnya. Ubud dianggap sebagai salah satu kawasan populer di Bali dengan segala potensi wisatanya.

Salah satu destinasi wisata alam di  Ubud yang instagramable dan layak untuk di singgahi adalah Bukit Campuhan. 

Mungkin masih jarang yang memperhatikan bila kawasan Ubud memiliki tempat wisata alam yang tak kalah eksotis seperti Bukit Campuhan. Tempat ini menyuguhkan pemandangan bukit dan lembah yang hijau, dipenuhi oleh pepohonan tropis dan sawah yang cantik alami dengan area jogging track yang nyaman.


Joging track tersebut hanya bisa diakses dengan berjalan kaki ataupun dengan menggunakan sepeda, karena ada beberapa anak tangga untuk menuju kawasan ini. Mobil atau motor bisa diparkir di tempat yang telah disediakan. Jalur lintasan untuk trekking tersebut berada persis di atas bukit dengan lebar sekitar 1,5 meter dengan panjang lintasan sekitar 2 kilo meter atau 4 kilo meter jika kita bolak balik menyusuri jalan setapak tersebut.

Lokasinya memang agak sedikit tersembunyi, berada dibalik hotel dan tidak ada papan nama yang menunjukkan keberadaan objek wisata Bukit Campuhan tersebut


Mungkin ini yang membuat tempat indah tersebut kurang begitu dikenal, padahal keindahannya bisa disetarakan dengan berbagai objek wisata di Bali lainnya yang menyegarkan mata dan pikiran pengunjungnya. 

Bagi yang suka berpetualang atau wisata alam, tempat ini bisa jadi salah satu tujuan selama berwisata di Bali.

Di dalam kawasan ini ada sebuah pura bernama Pura Gunung Lebah, sehingga bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Gunung Lebah, ada juga yang menyebutnya bukit cinta. Wisatawan asing menyebutnya dengan nama Campuhan Ridge Walk, banyak versi nama, mungkin karena belum ada papan nama yang terpampang pada tempat wisata ini. Untuk berkunjung ke sini tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

Sepanjang perjalanan menyusuri jalur trekking tersebut, kita akan disuguhi oleh pemandangan padang ilalang yang memenuhi permukaan bukit. Bukit Gunung Lebah ini juga diapit oleh 2 anak sungai, sehingga menciptakan lembah-lembah dengan rerimbunan pohon-pohon tropis. Dari kejauhan akan terlihat sekumpulan pohon nyiur dan hamparan persawahan yang indah, di bagian lainnya terlihat sejumlah hotel dan villa yang terdapat di tebing-tebing bukit.

Cara Menuju Objek Wisata Bukit Campuhan Ubud

Jika berangkat dari arah Kuta, akan butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil, carilah pusat kota Ubud, dari sini kita hanya butuh waktu 5 menit menuju jalan utama ke arah Barat. Untuk lebih mudah cari hotel Ibah yang posisinya berada di kanan jalan, sebelum jembatan sungai Campuhan. Ambil arah ke hotel Ibah (kalau bingung tanya satpam hotel) kemudian beloklah kiri menuju jalan turunan, di mana akan terlihat tempat parkir di halaman sebuah SMK. Dari tempat parkir tersebut kita bisa melakukannya dengan berjalan kaki.

Waktu terbaik untuk menyusuri jogging track di Bukit Campuhan Ubud adalah saat pagi atau sore hari, karena pada siang hari sinar matahari cukup terik dan di lokasi ini tak banyak tempat untuk berteduh. Lebih direkomendasikan pada sore hari, karena selain angin dan sinar matahari lebih sejuk pengunjung juga bisa menyaksikan sunset dari atas Bukit Campuhan Ubud yang eksotis.


Nah itu dia cerita tentang Bukit Campuhan Ubud Bali, semoga bermanfaat dan saya bisa kembali ke sini lain kali. Aamiin yra.




Komentar