Baran Energy, Solusi Cerdas Cara Hemat Energi Di Masa Depan

Berbicara tentang pengeluaran rumah tangga, tak lepas dari biaya listrik. Dan paling ngeselin itu kalau biaya tersebut terus naik sedangkan pemakaian tetap, bahkan sudah berusaha untuk melakukan hemat energi.


Siapa sih yang tidak kepengen punya sumber daya listrik gratis, dan bisa digunakan seumur hidup? Nah, pada tanggal 16 November kemarin, saya diajak seorang teman untuk menghadiri sebuah talkshow dengan pembicara Victor Wirawan yang mengangkat tema tentang solusi untuk menghemat energi tanpa fosil.


Dalam pemaparannya Victor menjelaskan, ada 3 tantangan yang mendasar di Indonesia, yaitu:
- Harga listrik yang terus naik.
- Listrik yang sering mati.
- Lingkungan dan polusi.

Kenaikan harga listrik di Indonesia bisa mencapai 10-15% per tahun. Presentasinya sedikit tapi dampak untuk pengeluaran biaya hidup sangat terasa.



Saat ini banyak negara maju yang sudah mulai menciptakan energi terbarukan yang layak untuk dikembangkan guna memenuhi kebutuhan energi. Terbayang gak jika ada solusi baru cara mengkonsumsi energi tanpa fosil dan tanpa perlu bayar bulan, bahkan gratis. Hemhh, ... kalau ngomongin yang gratis-gratis emang bikin mata melek. 😀

Baran Energy

Lalu apakah solusi cerdas cara hemat energi untuk mada depan tersebut? Solusi itu diberi nama Baran Energi, yang bisa menghasilkan energi tanpa fosil dan hemat biaya.  Ada tiga produk Baran, yaitu Baran Power, Baran EV dan Baran Cube.


Baran Power

Baran Power dalah produk yang akan menjadi sumber energi listrik untuk kebutuhan sehari-hari atau rumah hunian secara individu, perumahan dan kantor. Bentuknya yang kecil seperti kumpulan beberapa battery yang disebut powerwall.



Secara awam, Baran Powerwall ini serupa dengan power bank, berupa baterai yang diisi ulang, di mana daya yang berhasil disimpan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari. 1 Baran Powerwall memiliki 600 baterai di dalamnya.

Cara penempatan Powewall sangat simpel dan tidak makan tempat, bisa dipasang di dinding mana saja dalam manapun di luar ruangan.
Meskipun ukurannya terlihat kecil tapi baran powerwall ini sangat powerfull dan bisa digunakan untuk rumah tangga. Bila dirasa kurang, bisa do tambah jumlah dan kapasitasnya. Baran power ini bisa mendapatkan dayanya listrik dari sumber konvensional yang berasal dari PLN, turbin angin atau air, dan bisa juga dari sinar matahari melalui solar panel.


Baran Powerwall ini tepat dan bisa digunakan untuk smart home (rumah single) dengan daya 8800 HW, real estate dan mini power plants. Baran Powerwall hadir sebagai sumber energi listrik untuk smart home dengan low cost namun high value.

Baran Cube

Baran Cube adalah gabungan atau kumpulan dari Baran Powewall. Bentuknya yang seperti kontainer tersebut membuatnya sangat ringkas, sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menyimpannya dan mampu menghasilkan daya listrik berskala lebih besar.


Satu Baran Cube memiliki daya hingga 1 Mega Watt. Baran Cube ini cocok digunakan untuk industri, kawasan perumahan, ruko dan lainnya, karena 1 MW bisa digunakan untuk menghidupi 4000an rumah tangga.

Yang menarik dari Baran Cube ini, selain mengedepankan teknologi dan menghadirkan inovasi terkini, namun tetap mengedepankan kelestarian alam dan lingkungan, sehingga manusia tetap bisa menikmati energi listrik yang melimpah tanpa merusak alam.

Baran EV (Electric Vehicle)

Baran EV atau Baran Electric Vehicle adalah produk inovasi dari mimpi di masa depan. Sangat menarik dan kalo boleh jujur saya penasaran dan sedikit kagum saat mendengar konsep dari Baran EV ini. Gak kebayang kan punya kendaraan masa depan yang memanfaatkan energi terbarukan yang memiliki kecepatan super?


Baran EV ini rencananya akan hadir secepatnya sebagai solusi kendaraan modern yang akan menggunakan energi listrik sebagai penggeraknya, boleh dibilang Baran EV ini akan menjadi mobil listrik buatan anak negeri, yang keren abis.

Baran Electric Vehicle memiliki konsep mobil listrik dengan tenaga 600 tenaga kuda dan mampu menempuh jarak hingga 300 kilometer hanya dengan sekali isi baterai dengan daya 400 kwh.

Sangat menarik bukan? Saat mendengarkan paparan tentang Baran Power, yang ada di benakku adalah sebuah hunian masa depan, smart living yang ekonomis tapi ramah lingkungan. Jadi gak sabar buat nikmati Baran Power ini.


Untuk mengetahui tentang Baran Energi lebih lanjut, silakan bisa langsung menuju ke website Baran-energy.com atau cek media sosialnya di @baranenergy,