Mengenal Kuliner Papua Lewat Papoe By Nature

Ngomongin soal kuliner Indonesia, memang gak ada matinya. Dari Sabang sampai Merauke memiliki kuliner ciri khas masing-masing. Mungkin untuk beberapa masakan seperti dari Padang, Sunda, Betawi, Menado atau Makassar sudah banyak di Jakarta, yang masih jarang bahkan belum ada adalah kuliner dari Indonesia bagian timur.


Nah ternyata di Kebayoran ada nih sebuah cafe yang khusus menyajikan kopi dan kuliner khas Papua.  Nama Cafenya Papoea By Nature, berlokasi di Jl. Pakubuwono VI no 77 Jakarta Selatan. Pas banget sebrang Pakubuwono Residen.

Hampir 60% bahan-bahan cafe ini didatangkan langsung dari Papua. Ide membuat cafe inii, berawal dari kecintaan Amel, sang owner yang lahir dan besar di Papua. Amel melihat kebudayaan Papua itu sangat unik, sangat disayangkan bila kebudayaan yang merupakan kekayaan bangsa ini, tidak dikenal atau bahkan hilang begitu saja.

Untuk memperkenalkan Papua, lebih jauh Amel mengajak Bapak Andi Elok Pere untuk menjelaskan tentang kebudayaan Papua, seperti cara memasak, pembuatan koteka, adat potong jari dan sebagainya. Keren jadi banyak tahu tentang Papua tak hanya soal keindahan alamnya saja.
Selain itu Amel juga mengajak untuk mencicipi aneka menu Papua yang ada di Papoea By Nature:


1. Sagoo Porridge atau Papeda
Menu ini adalah makanan khas yang sudah sangat umum dikenal. Terbuat dari sagu yang diberi kuah kuning yang merupakan kaldu ikan makarel. Enak dan gurih banget.


2. Smoked Tuna with seafood buah merah
Masakan ini berupa pasta dengan kuah buah merah dan smoked tuna.


3. Papoea Rainforest lumpia.
Kulit lumpianya terbuat dari sagu, berisi aneka sayuran segar. Rasanya dingin-dingin gimana gitu. Menu ini bisa dibilang sebagai salad Papua.


4. Beef Chimuchurri with Talas Butter Mashed.
Beefnya enak banget. Dimasak setengah matang dengan bumbu yang minimalis banget.


5. Fish in Banana Leaf
Ikan Baramundi dengan bumbu kunyit dan daun basil. Dimakan menggunakan nasi merah dan sambal hijau. Kalau aku lihat sih seperti pepes.


6. Fried Sagoo with red curry soup
Menu ini rasa kuahnya seperti kuakh lontong sayur Betawi. Berwarna merah, dengan santan kental dan disajikan dengan papeda goreng yg mirip cireng.


7. Nasi Goreng
Seperti nasi goreng biasa yang membedakan adalah rasa ikan cakalangnya yang dominan. Nasinya sedikit kering dan tidak berminyak.

Selain makanan berat, Papoea By Nature juga menyajikan berbagai aneka makanan kecil, seperti Sagoo buah merah with chicken spiced coconut, Donat dengan isi buah merah, Round Egg tart durian, Sandy Muffins, sogoo caramelised coconut lime, Papuan Purple Yam dan masih banyak lagi.


Secara keseluruhan, cafe ini hommy dan unik. Untuk makanannya merupakan pengalaman baru dan pertama buat saya. Salut dan mendukung usaha Amel dalam memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya Papua.

Buat yang penasaran dengan cafe Papoea By Nature, yuk cus.
Papoea By Nature
Jl. Pakubuwono VI No. 77 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
Telp: (021) 22716633
Map: https://goo.gl/maps/KgvQUWghUqA2
Web: www.papoeabynature.com
IG: @papoeabynature