Xl Axiata Pastikan Jaringannya Aman Saat Lebaran

Seperti bulan puasa sebelumnya, XL Regional Jabodetabek selalu mengajak para media dan blogger yang menjadi partnernya untuk berbuka puasa bersama, sebagai salah satu cara bersilaturahmi dan mempererat jalinan komunikasi sambil mensosialisasikan, bila Xl Axiata telah  pastikan jaringannya aman hingga saat Lebaran nanti.

Untuk bulan puasa kali ini XL mengajak media dan Blogger bukber di Paregu, salah satu restoran yang berada di Jakarta Selatan. Acara sendiri dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 30 Mei 2018.


Tak dapat dipungkiri, Ramadan dan Lebaran bagi semua operator telekomunikasi identik dengan lonjakan trafik layanan, begitu pun bagi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Untuk mengantisipasi hal itu, perusahaan telekomunikasi ini sudah sejak jauh hari mempersiapkan jaringannya agar bisa menghadapi kemungkinan lonjakan trafik pada kedua moment tradisi silaturahmi masyarakat Indonesia tersebut.

Sejumlah langkah dalam mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran, serta tersedianya infrastruktur jalan tol baru yang sudah akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran.

Mohamad Fajar Syahwali, selaku GM Finance and Management  Service XL Axiata Jabodetabek mengatakan, "Untuk wilayah tertetu di Jabodetabek, kami pastikan jaringan seluler dan internetan tetap stabil dan tidak akan berpengaruh meski ada peningkatan penggunaan saat lebaran."


Seperti tahun sebelumnya, lonjakan dan peningkatan jaringan pada hari lebaran diprediksi berada di lokasi wisata, seperti Ragunan, Anyer, Ancol serta sepanjang tol Jagorawi dan Puncak, untuk itu, pihak XL telah melakukan sejumlah upaya seperti melakukan perbaikan dan pemeliharaan seluruh systemnya agar aktivitas komunikasi dan interntenatan para pelanggannya tetap lancar.

"Untuk memastikan jaringan XL tetap aman dan tidak akan bermasalah, salah satunya dengan melakukan penambahan mobile BTS ditempat-tempat yang terjadi penumpukan orang seperti ditempat wisata tersebut. Selain peningkatan jaringan, kami juga melakukan pemantauan selama 24 jam sehingga, bila ada jaringan yang bermasalah bisa secepatnya ditangani oleh team dilapangan,” jelas Pak Fajar.

XL optimistis dengan berbagai upaya yang telah dilakukannya akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelangan dalam berkomunikasi dengan keluarga saat hari raya.


Trafik Data akan mendominasi.


PT XL Axiata memprediksi, trafik layanan data akan kembali mendominasi kenaikan trafik sepanjang Ramadan dan libur Lebaran 2018. Pada periode Ramadan – Lebaran tahun 2017 lalu, total trafik data mencapai 3.700 TB, sementara itu trafik di hari biasa 2018 telah mencapai 6.055 TB.

Untuk trafik data Ramadan dan Lebaran 2018 nanti, diprediksi akan meningkat sebesar 20-30%. Beberapa faktor mempengaruhi terus meningkatnya trafik data ini dari tahun ke tahun.

Faktor pendorongnya antara lain adalah kebiasaan  pelanggan di mana mengakses data tidak hanya sekadar untuk berkomunikasi dengan orang lain, namun juga untuk mengakses ke berbagai layanan data lainnya, baik untuk hiburan, media sosial, transaksi jual beli, perbankan, maupun untuk mencari informasi.

Peningkatan jumlah pelanggan data yang memang terus meningkat pun menjadi salah satu pendorong. Hingga saat ini pengguna data telah mencapai sekitar 75% dari total pelanggan XL. Semakin baik dan meratanya jaringan data juga membuat pelanggan semakin nyaman mengakses data. Saat ini jumlah kota/kabupaten yang sudah terjangkau layanan 3G/4G LTE mencapai sekitar 406 kota.

Akses ke layanan streaming, baik video maupun musik akan mengalami kenaikan trafik tertinggi. Hal ini berdasarkan data distribusi penggunaan layanan data oleh pelanggan, di mana layanan streaming memang menjadi layanan yang paling dominan, yaitu sekitar 48%. Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16%, media sosial 14%, instant messaging 9%, storage sharing 5%, dan VoIP 2%.

Prediksi lain adalah VoIP atau Video call akan lebih banyak dipakai untuk menggantikan layanan voice atau telepon, sedangkan SMS akan beralih ke instant messaging dalam mengirim pesan atau ucapan saat Lebaran. Selain itu, di masa mudik dan liburan panjang Lebaran, akses ke layanan peta atau rute jalan seperti Waze dan Google Map juga mengalami peningkatan.