XL Axiata Dorong Pemanfaatan Internet Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Kepulauan Seribu  

Yang terpikir saat mendengar kata Pulau Seribu pasti adalah destinasi liburan. Gak salah juga sih, karena hampir semua pulau di kepulauan seribu menawarkan pemandangan yang indah untuk dikunjungi, salah satunya pulau Pramuka.


Pulau Pramuka memang tidak terlalu luas, namun pulau ini merupakan pusat pemerintahan dan daerah administrasi untuk Kepulauan Seribu. Siapa sangka di pulau ini ada sekolah yang keren dan memiliki fasilitas yang lengkap. Sekolah itu bernama SMA 69. Sekolah yang memiliki jumlah siswa sebanyak 480 orang dan tenaga pengajar sebanyak 63 orang tersebut, pada hari senin tanggal 30 April 2018 mendapat kesempatan dikunjungi oleh perwakilan dari PT. XL Axiata Tbk dan beberapa awak media serta Bloggger. Rombongan itu datang bukan untuk berlibur tapi hadir untuk menyerahkan donasi kuota.


Gerakan donasi kuota ini merupakan CSR PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) yang telah berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas dan digitalisasi pendidikan melalui program Sisternet. Kali ini, XL Axiata bersama Wardah Cosmetics berkolaborasi memberikan edukasi yang dilengkapi dengan pembekalan bahan pembelajaran melalui perangkat-perangkat digital yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta memperkuat kapasitas pendidikan di Kepulauan Seribu. Kegiatan ini dituangkan  dalam sebuah lokakarya atau workshop yang diikuti oleh para guru, tenaga pendidik serta perwakilan siswa SMAN 69 serta perwakilan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang berada di Kepulauan Seribu.


Acara tersebut dihadiri oleh, Kepala Suku Dinas Pendidikan Adm. Kepulauan Seribu, Ade Yulia Narun, General Manager Sales Operation XL Axiata Jabodetabek, Hendra Dotulong dan Manager Public Relation Wardah Cosmetics, Suci Hendrina.

Hendra Dotulong selaku General Manager Sales Operation XL Axiata Jabodetabek, pada sambutannya mengatakan, "XL Axiata sejak awal berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan masyarakat dalam memasuki era digital. Hal itu kami wujudkan dengan terus memperluas wilayah layanan data dan internet cepat 4G hingga ke pelosok daerah, salah satunya di wilayah Kepuluan Seribu. Selain itu, kami juga menggelar program-program yang bersifat memperkuat kapasitas masyarakat dalam memanfaatkan internet untuk tujuan produktif, baik guna meningkatkan perekonomian, pendidikan, maupun aktivitas sosial ekonomi lainnya. Kami yang juga mendapat dukungan dari Wardah Cosmetics berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir."

Sementara itu, Manager Public Relation Wardah Cosmetics, Suci Hendrina mengungkapkan, "Kami sangat senang bisa turut ambil bagian dalam program pengembangan infrastruktur di Kepulauan Seribu bersama XL Axiata. Dengan infrastruktur yang memadai dan akses internet yang merata, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi terkini. Hal tersebut selanjutnya akan berdampak positif pula pada kemajuan pendidikan di Indonesia."

Pada workshop tersebut XL Axiata melalui Sisternet bersama Wardah Cosmetics memberikan beberapa pelatihan, diantaranya Manfaat Internet Bagi Guru, Komunikasi Efektif dalam Belajar dan Bagaimana bergaul secara positif di Sosial Media. Para peserta workshop hari itu mendapatkan kartu perdana Sisternet yang telah dilengkapi dengan paket data internet serta fitur XL Tunai (e-money). Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Program sebelumnya yakni Gerakan Donasi Kuota (GDK) dengan penyaluran donasi untuk 9 sekolah dan 2 PKBM di Kepulauan Seribu. Setiap sekolah penerima donasi akan mendapatkan kuota data sebesar 20 GB/bulan selama 12 bulan (total 240 GB), serta satu unit 1 unit router XL Home berkecepatan tinggi yang dapat diakses 32 siswa.


Sekolah yang mendapatkan donasi diantaranya, SMPN 133 dan SMAN 69 (Pulau Pramuka), SMPN 241 dan SMKN 61 (Pulau Tidung), SMP Negeri 260 (Pulau Harapan), SMPN 285 (Pulau Untung Jawa), SMPN 288 (Pulau Lancang), SMPN Satu Atap 01 (Pulau Pari), SMPN Satu Atap 02 (Pulau Sabira). Sementara itu kedua PKBM masing-masing berada di Pulau Pramuka dan Pulau Untung Jawa.

Sepanjang 2017 lalu XL Axiata sudah menyalurkan donasi akses interent ke 170 SMA/SMK di wilayah Jabodetabek dan Banten. Dalam satu bulan ke depan, XL Axiata juga akan kembali menyalurkan donasi kuota untuk 102 SMA/SMK di DKI Jakarta. Sementara itu, secara nasional, donasi kuota telah disalurkan ke total 280 sekolah yang manfaatnya bisa didapatkan oleh sekitar 122.000 siswa.


Program GDK yang diberikan kepada  sekolah-sekolah di Kepulauan Seribu ini juga merupakan salah satu dukungan kepada masyarakat setempat agar bisa lebih jauh memanfaatkan keberadaan jaringan data berkualitas yang telah dihadirkan oleh XL Axiata di wilayah kepulauan tersebut. Sampai saat ini, di seluruh Kabupaten Kepulauan Seribu telah terpasang sedikitnya 19 BTS 3G dan 7 BTS 4G. Jaringan 4G hadir di Kepulauan Seribu pada bulan Juni 2017.

Untuk jaringan cepat 4G saya sudah merasakan sendiri kekuatannya. Bayangkan di tengah lautan aja lancar jaya.  Kemarin pengen banget live di insya story untuk membuktikannya, tapi sayang boatnya berlari kencang jadi gak berani angkat hp, takut nyemplung.


Pada saat acara saya dan rombongan tim XL Axiata sempat di bawa keliling area sekolah SMA 69 tersebut. Wih, dari lantai dua kita bisa lihat pemandangan pantai yang ajib banget. Asli keren banget dan bikin betah.

Komentar