Makanan Sehat Berawal Dari Rumah

Ngomongin kesehatan gak jauh-jauh dari lingkungan, cuaca dan makanan yang dikonsumsi. Lalu makanan seperti apakah yang bisa membuat kita sehat?
Jawabannya pasti standar lah, makanan bergizi, higienis dan bervitamin. Buat saya makan sehat iya ya, makan yang dibuat sendiri di rumah. Eh, ngomongin soal makanan, negara kita ternyata salah satu negara dengan tingkat konsumsi beras tertinggi per kapitanya, yaitu hampir 150 kg per orang, pertahun.

Bujug, pantes aja beras jadi penyumbang inflasi terbesar seperti headline dari Tribunnews.com dua hari yang lalu, "Beras Penyumbang Inflasi Terbesar Bulan Januari 2018," berikut kutipannya:
"Pusat Statistik menyebutkan di Januari 2018 terjadi inflasi sebesar 0,62 persen. Secara year on year dari tahun 2017, tingkat inflasi di kisaran 3,25 persen.
Kepala BPS Kecuk Suhariyanto menyebutkan, inflasi di tahun ini dipicu oleh naiknya beberapa komponen, beras menjadi salah satu penyumbang inflasi terbesar di Januari 2018." 
Masuk akal juga sih, karena bagi kebanyakan orang Indonesia, belum makan dan belum kenyang kalau belum makan nasi padahal sudah sarapan bubur. Wkwkwk.


Tahun 2014, data Food and Agriculture Organization of the United Nations atau FAOSTAT mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara agraris dan produsen beras terbesar ketiga di dunia. Bayangkan urutan ketiga di dunia, tapi mengapa harga beras dan kualitas gak sebanding dengan predikat tersebut?

Dan yang lebih menyedihkan adalah turunnya kualitas beras di pasar akhir-akhir ini, padahal harganya melambung. Mungkin hal tersebut yang membuat para produsen nakal berbuat curang dengan mengoplos beras atau menambahkan zat kimia seperti pemutih, pewangi dan berpengawet.

Menyeramkan dan bikin pusing. Yang saya tahu menanam padi itu butuh waktu sekitar 3 bulan 10 hari dan untuk menghasilkan beras, padi yang telah menjadi gabah ditumbuk atau di bawa ke pabrik penggilingan, lalu disimpan untuk didistribusikan atau dikonsumsi.

Saat ini beras yang ditumbuk sudah sangat jarang ditemui karena prosesnya merepotkan dan melelahkan. Padahal beras hasil tumbukan lebih murni karena masih mengandung kulit ari atau bekatul.

Dan kemarin, saya menemukan, emhhh, diajak sih tepatnya untuk menyambangi Rb Shop dari PT. Readboy Indonesia yang terletak di Sentra Bisnis Artha Gading.

Di sana saya diajak mencoba berbagai mesin menakjubkan yang baru pertama kali saya lihat.

Re - Rice Live Maker

Merupakan pelopor pertama mesin penggiling padi yang didesain khusus untuk penggunaan di rumah tangga.
Menarik dan jadi pengen untuk memilikinya. Karena selain bisa menghasilkan beras murni yang masih berkulit ari, penggunaannya pun sangat mudah dan praktis. Tidak ada pedoman khusus harus berapa kali menggiling berasnya.

Yang saya lihat kemarin saat demo alat, untuk penggilingan pertama dan kedua pada wadah sekam akan terkumpul kulit gabah kasar yang bisa digunakan sebagai pupuk tanaman. Pada penggilingan ketiga, pada wadah sekam akan terlihat tumpukan bekatul atau kulit ari beras.


Tahu kan kalau bekatul itu banyak mengandung vitamin, anti oksidan serta manfaat lainnya seperti memperlancar pencernaan, menurunkan kolesterol jahat, bahkan bisa digunakan sebagai masker untuk menghaluskan dan melembabkan wajah.

Beneran, ini mesin keren banget, karena mampu menghasilkan beras segar, sehat, wangi dan aman untuk dikonsumsi karena tanpa zat kimia.

Komponen mesin Re - Rice dirancang dengan teknologi Jepang. Mesin kuat dan awet dengan garansi servis 5 tahun dan garansi sparepart 1 tahun. Untuk pemakaian listriknya pun sangat hemat biaya, untuk 1 kg gabah hanya membutuhkan waktu sekitar 2-5 menit dengan daya listrik 170 watt. Kalau dihitung-hitung, cuma menghabiskan 20 rupiah doang sih.


Selain itu mesin ini ada timernya, jadi selama menunggu gilingan selesai kita tetep bisa beraktivitas yang lain.
Beras hasil gilingan mesin Re -Rice tanpa bahan pengawet, jadi dalam tempo waktu 3 sampai 4 minggu akan teroksidasi dengan udara dan berkutu. Beda banget kan dengan beras yang ada dipasaran, bisa tahan berbulan-bulan.


Selain mesin penggiling beras ada dua mesin lain yang bikin mupeng, yaitu :

Re - Bread 

Re - Bread adalah mesin pembuat roti yang praktis atau bisa dibilang Breadmaker, meskipun bukan hanya untuk membuat roti saja. Mesin ini bisa digunakan untuk membuat brownies, selai, yogurt, tape uli bahkan ayam panggang. Wihhh serbaguna banget ya.

Saat ini Readboy telah mengeluarkan Re - Bread Gold Desain terbaru yang dilengkapi dengan teknologi Eco Back, Self timer dan lebih hemat listrik. Dengan self timer tersebut kita bisa mengatur waktu matangnya roti. Misal kita membuat adonan roti sebelum tidur dan menginginkan roti matang saat pagi harinya. Gampang, tinggal set aja timernya.


Seperti peragaan dari chef Adrian dan chef Dwi, mesin ini sangat praktis, cukup memasukkan semua bahan, tekan tombol start, roti pun akan matang dengan sempurna. Alat ini bisa berfungsi all in 1, mulai dari mengadon, fermentasi hingga memanggang. Sangat praktis dsn multi fungsi.


Setiap membeli alat ini, kita akan mendapatkan buku resep eklusif berisi 39 menu praktis Re - Bread.

Dan alat yang terakhir adalah:

Re - Noodle.

Jenny Wijaya, selaku CEO dari Live Rice menjelaskan, Re - Noodle adalah sebuah alat yang bisa menghasilkan mie sehat, sesuai selera kita hanya dalam waktu 5 menit, tanpa bahan tambahan berbahaya seperti air abu, pengental, pengawet, pengembang, pelembut dan pewarna.


Re - Noodle seri RN88 di lengkapi dengan fitur Fuzzy Logic, yaitu fungsi mesin otomatis berhenti bila adonan terigu yang di dalam sudah habis. Dan fitur Down Force, di mana alat ini akan langsung mengeluarkan mie dari cetakan ke bawah, sehingga mie tidak saling menempel dan lengket.


Alat ini bisa menampung 600 gram terigu atau 5 sampai 7 porsi mie sekali giling, dengan 7 macam cetakan yang bisa menghasilkan 18 macam mie termasuk panne, makaroni serta kulit pastel.

Selain bisa menghasilkan mie sehat dan penggunaannya praktis alat ini pun sangat hemat listrik, bahkan lebih hemat dari penggunaan rice cooker yang kita pakai setiap hari. Seperti Re - Bread, jika membeli alat ini kita juga akan mendapatkan buku resep eklusif berisi 50 menu mie istimewa.


Uhhh, bener-bener menggoda iman nih alat. Sebenarnya masih banyak alat-alat lain di toko ini yang bikin mupeng. Setelah menyaksikan dan merasakan aneka olahan ketiga mesin tersebut, maka makin jelas, bahwa makanan sehat itu berawal dari rumah. Dan alat-alat ini ada guna menunjang kebutuhan untuk hidup sehat tersebut.

Nah, buat yang penasaran bisa langsung datang ke PT. Readboy Indonesia yang berada di Sentra Bisnis Artha Gading Blok A7D No. 17. Jl. Boulevard Artha Gading Barat , Jakarta Utara 14240.


Kalau mau tanya-tanya dulu bisa menghubungi (021) 29636296/ 4535578 atau melalui WhatsApp di 081290999296.
YouTube : readboy shop
Instagram : readboyshop
Fb: readboyshop
Twitter : @readboyshop
Email : info@readboy.id

*Foto: koleksi pribadi dan dari akun Instagram readboyshop.