Asiknya Beli Ikan Di Fish Market Sondoro Seafood

Kalau ada yang nanya makanan favorit saya apa, jawabannya adalah ikan. Terutama ikan laut segar. Weww, sepertinya saya saudaraan sama kucing, karena kalau liat ikan bawaannya pasti langsung laper.


Mungkin sudah pada tahu kan, kalau ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh, selain daging sapi dan ayam. Namun sayang Indonesia yang merupakan salah satu negara maritim, namun masih tergolong rendah dalam hal mengonsumsi ikan, terutama penduduk di pulau Jawa. Padahal, manfaat makan ikan sangat banyak, terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Data statistik dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2017 menyatakan, tingkat konsumsi ikan orang Indonesia hanya sebanyak 32,24 kilogram per kapita per tahun. Penduduk pulau Jawa, sebanyak 32 kg per kapita per tahun, Sumatera dan Kalimantan sekitar 32-43 per kapita per tahun, dan di Indonesia bagian timur sebanyak 40 kg per tahun.

Berulang kali pula Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghimbau untuk memperbanyak makan ikan. Ayo makan ikan, tar ditenggelamkan loh. Hahaha ...


Tau gak sih, dengan mengonsumsi ikan produksi dalam negeri, kita telah membantu menaikan taraf hidup para nelayan. Selain itu, makan ikan memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Meningkatkan kemampuan dan kecerdaskan otak.

Lemak yang terdapat dalam ikan adalah lemak tak jenuh, sehingga dapat dicerna oleh tubuh lebih baik.

Kandungan taurin dan omega-3 pada ikan, mampu meningkatkan kemampuan otak, khususnya pada bagian working memory. Dengan mengkonsumsi ikan secara rutin, juga bisa mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan bipolar.

2. Membantu pertumbuhan, terutama pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.

Selain berprotein tinggi, ikan juga mengandung kalsium, vitamin D, fosfor, vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium. Semua vitamin dan mineral tersebut sangat dibutuhkan anak dalam masa tumbuh kembangnya.

3. Mencegah penyakit jantung.

The American Heart Association merekomendasikan untuk konsumsi ikan minimal 2 kali per minggu bagi yang sedang diet sehat. Sedangkan, Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan untuk makan ikan sebanyak 2-3 kali per minggu.

Selain baik untuk pertumbuhan, kandungan protein, vitamin, dan mineral dalam ikan dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan sangat baik untuk kesehatan jantung.

4. Merawat dan menyehatkan mata.

Omega-3, vitamin A dan B kompleks dalam ikan sangat baik untuk pertumbuhan, dan juga mempunyai peran dalam mengurangi degenerasi macula, yaitu bagian tengah retina. Jadi dengan kata lain, makan ikan secara rutin dapat merawat mata/daya lihat kita.

5. Ikan baik untuk diet.

Ikan sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan program diet sehat. Karena ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan kolestrol yang rendah.
Kandungan DHA-nya mampu menghentikan konversi pra lemak ke dalam lemak yang sesungguhnya. Emhhh ribet kan bahasanya.

6. Melindungi kulit.

Kandungan EPA (eicosapentaenoic acid) pada minyak ikan terbukti membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV matahari. Dengan rutin makan ikan kandungan kolagen pada kulit akan terjaga sehingga mencegah kulit yang mengendur dan keriput.

7. Mencegah kelahiran prematur.

Mengkonsumsi ikan secara rutin dapat mencegah kelahiran prematur pada ibu hamil. Sebuah penelitian yang dipublikasi oleh Lancet membuktikan mengkonsumsi makanan yang bersumber dari laut atau seafood memberikan dampak positif bagi janin.

8. Menjaga kesehatan mental dan mengurangi risiko depresi.

Penelitian membuktikan orang yang mengalami depresi mempunyai kandungan minyak ikan yang rendah. Maka dengan mengonsumsi ikan, kandungan omega-3 dan gula darah dalam tubuh dapat terjaga, mood pun akan stabil.

9. Manfaat lainnya adalah:
  • Mencegah penyakit asma pada anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi ikan lebih kecil berisiko terkena asma.
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 1. Hasil penelitian menunjukkan mengkonsumsi ikan yang mengandung omega 3 berhubungan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak dan dewasa.


Semua manfaat ikan di atas terdapat di dalam ikan laut. Dan ngomongin soal ikan, aku lagi seneng banget karena kemaren pas lagi jjs di Lotte Mart Bintaro menemukan sebuah pojokan yang asik banget.

Dan di pojokan itu menjual ikan laut hidup. Kenapa aku senang banget, karena kalau nyari ikan laut yang sudah mati atau beku biasa dan banyak. Nah, Sondoro seafood yang mengusung konsep fish market ini menjual ikan laut hidup yang segar.


Ikan yang di jual diantaranya, kepiting super, ikan Kerapu Cantang, ikan bawal Jepang dan aneka seafood segar lainnya. Buat yang beli ikan di sini, tapi males dan gak bisa masak, tenang Sondoro seafood akan masakin buat kamu. Dan asiknya lagi, selama bulan Februari ini ada promo khusus, yaitu free dimasakin dan free bumbu saos Nyonya atau Arsik dan bumbu saos Hongkong. Tinggal pilih salah satu.

Jadi, kalau beli ikan di Sondoro seafood, mau dimasakin bisa, mau dimasak di rumah pake bumbu gratisnya juga bisa. Bebas-bebas aja yang penting ikannya dibayar. Hehehe ...

Kemaren saya juga nyoba beli ikan Kerapu Cantang dan dapet free dimasakin pakai bumbu saos Nyonya, bumbu khasnya Sondoro seafood. Sukaaaa pake banget, karena selain ikannya fresh bumbu arsiknya juga enak. Seger banget. Dan setelah saya kepoin, akhirnya saya tahu tentang Sondoro Seafood itu apa dan siapa.


Mengapa ikan laut hidup itu lebih baik:
  • Tekstur daging lebih legit dan manis.
  • Bebas bahan pengawet.
  • Kandungan nutrisi dan asam lemak omega 3nya lebih tinggi.
  • Daging lebih fresh, tidak berbau amis atau lumpur.


Tentang Sondoro Seafood

Fish market Sondoro seafood yang berada di area fresh market Lotte Mart Bintaro adalah cabang dari Restoran Sondoro Seafood yang berada Cibubur. Tujuan utama dari pemilik Resto Sondoro Seafood adalah membantu program pemerintah dalam menggalakkan gemar makan ikan sehat dan mengkampanyekan bila makan ikan itu baik untuk kesehatan.

Sondoro Seafood menggunakan bahan baku yang berkualitas berupa hasil laut yang dikirim langsung dari pulau Sumatera. Meski pasarannya kelas menengah, namun bahan baku ikan yang disajikan dijamin kualitasnya.


Restoran ini menyediakan aneka menu dari berbagai daerah seperti Batak, Manado, dan Nias. Menu favorit di resto ini adalah ikan saus nyonya atau bumbu arsik. Dengan kapasitas 250 orang yang terdiri dari 3 saung , 2 saung biasa dan 1 saung VIP. Buka dari jam 11.00 hingga 10.00 malam.


Selain sering didatangi para pejabat negara dan artis papan atas, resto ini juga kerap dipakai untuk acara prasmanan, meeting dan arisan. Dengan fasilitas free Wifi, mushalla, dan area parkir yang cukup luas. Buat yang suka ikan dan pengen makan ikan laut segar, yuk ke Sondoro seafood yang berada:
• Area Fresh Market Lotte Mart Bintaro Sektor 7.
• Sondoro Seafood Cibubur, jl. Kali Manggis No. 100 A.

Refensi manfaat ikan diambil dari : https:// hellosehat.com