Cara Menghapus Pesan Di WhatsApp

Hari gini gak punya aplikasi WhatsApp. Seriously? Berarti kamu tidak termasuk Kids jaman now yang update dong. Halahh apan sih, gak jelas banget.


Btw, saat ini aplikasi WhatsApp menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh para pengguna android, iPhone atau Windows Phone.Dengan aplikasi WhatsApp, kita bisa menulis pesan maupun panggilan suara atau video secara cepat, sederhana, dan aman dan gratis. Aplikasi ini tersedia untuk telepon di seluruh dunia.

Terlebih akhir-akhir ini sedang maraknya WAG alias WhatsApp Grup yang mampu memudahkan komunikasi, mulai dari grup keluarga, teman sekolah, teman sekantor, alumni, tim kerja, bahkan sampai grup RT satu komplek. Aplikasi WhatsApp juga bisa diakses lewat laptop dengan menggunakan WhatsApp Web. Saking banyaknya grup kadang suka membuat kita ceroboh atau gak sengaja salah ngirim chat. Ayo, ngaku, siapa yang sering salah room?

Jika kamu termasuk orang yang cereboh dan sering gak sengaja melakukan kesalahan dalam mengunakan teknologi WhatsApp, mungkin akan merasa senang dengan fitur baru yang dimilikinya aplikasi ini. Semua orang pasti pernah mengalami salah menulis atau tidak sempat memperhatikan situasi dan konteks percakapan dalam WhatsApp, baik pribadi ataupun grup. Kesalahan itu wajar dan lumrah, tapi adakalanya bikin kita jadi gak enak hati.

Nah, kini WhatsApp telah memperbaharui aplikasinya dengan  menciptakan sebuah tombol 'unsend' yang memungkinkan pengguna aplikasi pesan instan ini untuk  menghapus pesan yang telah dikirim. Untuk mendapatkan akses ke fitur ini dan pesan dapat dihapus dengan sukses untuk semua orang, baik pengirim maupun penerima pesan harus telah menggunakan WhatsApp versi terbaru untuk Android, iPhone atau Windows Phone.

Jika kamu atau penerima tidak menggunakan WhatsApp versi terbaru, maka fitur ini tidak akan mendukung untuk gunakan. Catatan, fitur ini hanya dapat menghapus pesan yang dikirim dalam waktu 7 menit setelah dikirim. Setelah tujuh menit berlalu, tidak ada cara untuk menghapus pesan untuk semua orang. Yah, lumayan lah dibanding tidak ada fitur ini sama sekali. Wkwkwk ...


Menurut halaman FAQ-nya WhatsApp,  fitur ini memungkinkan untuk menghapus pesan kepada semua orang, atau hanya untuk diri sendiri.

Cara menghapus pesan bagi semua orang:
  • Buka WhatsApp dan masuk ke chat dengan pesan yang ingin dihapus.
  • Ketuk dan tahan pesan tersebut. Selain itu, kamu dapat memilih lebih dari satu pesan untuk dihapus sekaligus.
  • Ketuk Hapus di bagian atas layar, lalu pilih Hapus untuk semua orang.
Sedangkan menghapus pesan untuk diri sendiri memungkinkan pengguna untuk menghapus salinan pesan yang telah dikirim atau diterima di teleponnya. Penghapusan ini tidak memiliki efek pada chat penerima. Penerima akan tetap dapat melihat pesan di layar chat mereka.

Cara menghapus pesan untuk diri sendiri:
  • Buka WhatsApp dan masuk ke chat dengan pesan yang ingin Anda hapus.
  • Ketuk dan tahan pesan tersebut. Di sini juga kita bisa memilih lebih dari satu pesan untuk dihapus sekaligus.
  • Ketuk Hapus  di bagian atas layar, pilih Hapus untuk saya.
Selesai sudah. Tapi meskipun begitu, ada kemungkinan pesan yang telah dikirim tetap bisa atau sempat dibaca oleh penerima sebelum didapus atau dibatalkan. Dan memungkinkan juga bila penghapusan ini gagal alias tidak berhasil.

Untuk fitur ini kita tidak akan mendapat pemberitahuan jika menghapus pesan untuk semua orang tersebut berhasil atau tidak.

Secara ya, orang-orang IT di belakang WhatsApp itu mungkin memang orang-orang jenius dalam bidang teknologi, tetapi tetap saja mereka manusia biasa yang tidak dapat mengembalikan waktu secara fisik. Karena waktu adalah misteri, dan kesempurnaan hanya milik Allah semata.

Aihhhh.
Sudah ah, semoga bermanfaat.