Menikmati Soup Chicken Collagen di Restoran Bijin Nabe

Siapa sih yang tidak mengenal sup ayam. Makanan favorit yang satu ini paling enak di makan hangat-hangat, apalagi kalau pas hujan. Sup ayam juga baik buat orang yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit.

Sebenarnya ada banyak olahan masakan berbahan ayam, tapi kali ini saya mau cerita soal sup ayam dari sebuah resto yang beberapa bulan ini baru buka. Yang unik, resto ini menyajikan sup ayam yang berbeda, dan bukan hanya rasanya yang berbeda, tapi kandungan manfaat dari sup ini sangat lain dari sup biasa.


Hadehhh, emang ada ya sup ayam yang rasanya beda? Di mana-mana rasa sup ayam pasti sama. Eitttts, tunggu dulu, ini sup ayam bukan sup ayam biasa, tapi sup ayam Collagen yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh. Emang ada?

Ya, ada lah. Sup ayam ini bisa didapatkan di Restoran Bijin Nabe yang berada di lantai 5 Plaza Senayan, Jakarta. Just info, saya sudah dua kali nih makan menu sup ayam Collagen di resto ini. Pertama saat lauching dan yang kedua saat food testing. Nah, sebelum saya cerita menu sup Collagen, mari kita mulai dengan menu pembuka yaitu,


1. Caesar chicken salad.


Yang membuat salad dari restoran ini berbeda, adalah semua bahan di chop atau dicincang kasar. Tujuannya agar mudah di makan dengan memakai sumpit, maupun sendok.

2. Chicken Namba with tar tar sauce


Isinya ayam goreng seperti karage, di siram saus tar tar. Yang membedakannya, Chicken namba ayamnya lebih lembut. Dan yang bikin enak adalah sentuhan sesame oilnya. Suka banget karena bikin rasa beda. Harus dicoba karena sulit untuk dijelaskan. Hehehe

3. Tuna mayonnaise gyoza.


Nice taste, tuna cincang lembut dan rasanya tambah enak saat di cocol dengan mayonnaise red pepper.

4. Shussi Burrito/ Salmon Cream cheese


Susshi Salmon ini merupakan menu favorit di resto ini. Gurih Cheese Cream berpadu dengan rasa manis dari salmon segar dan telur ikan memang membuat susshi ini enak banget.

5. Bijinmen


Menu yang satu ini sebenarnya menu makan siang, kombinadi dari Chicken Collagen Soup dan ramen. Porsinya pas dan praktis dengan isi menu yang lengkap, mie ramen ayam dan tuna dengan aneka sayuran ditambah mayonnaise gyoza dan susshi. Cukup mengenyangkan.


6. Chicken Soup Collagen.


Ini adalah menu utama. Satu porsi bisa dinikmati oleh 3 sampai 4 orang. Ada yang berbeda dengan Soup Chickennya, kali ini rasanya lebih bersahabat dengan lidahku yang Indonesia banget. Dan memang benar, menurut Fakhira Manager non operasional Bijin Nabe, rasa Soup Chicken Collagen berulang dirubah guna mengikuti selera pasar di Indonesia. Hasilnya banyak yang suka.



7. Untuk dessert kita disuguhi Custard puding, es kakigori dan es kepala beruang yang lucu. Custard pudingnya lembut berpadu dengan manisnya caramel, lumer di mulut.



Di Bijin Nabe ada 5 saus mayonnaise, Original Mayonnaise, Yuzu papper mayonnaise, red pepper mayonnaise, curry mayonnaise dan tartar mayonnaise. Sedangkan untuk pelengkap ada 3 macem sambel, red pepper and garlic, chili sauce, yuzu papper, dan green onion oil yang bisa menambah cita rasa Chicken Collagen Soup.



Kenapa harus Bijin Nabe dan apa manfaat Chicken Collagen Soup?

Mari kita diskusi menganai betapa istimewanya ayam jika diolah sebagai bahan makanan. Hal itu disebabkan kandungan protein, vitamin dan mineral dalam ayam yang memberi kebaikan bagi kecantikan dan kesehatan tubuh manusia.
Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang baik, karena mengandung asam amino esensial yang lengkap dan dalam perbandingan jumlah yang baik. Selain sebagai sumber protein, daging ayam juga menghasilkan kalori, namun berbeda dengan daging hewan konsumsi lainnya, daging ayam memiliki jumlah kalori yang lebih rendah.

Oleh karena itu daging ayam dapat dipakai sebagai bahan makanan yang baik untuk mengendalikan pertambahan berat badan dan cocok bagi yang sedang melakukan program diet, berguna membantu penyembuhan dari penyakit dan sebagai bahan nutrisi para lansia.

Ayam banyak dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. 2 jenis ayam yang biasa dikonsumsi yaitu ayam ras (broiler) dan ayam lokal (buras/kampung). Kedua jenis ayam ini menjadi sumber protein hewani. Untuk itu penting kita mengetahui komposisi gizi dari daging ayam yang sering kita konsumsi ini.

Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Makan daging ayam juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah serta mengurangi risiko kanker.
Ayam juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik juga. Vitamin dan mineral yang ditemukan pada ayam sangat banyak, dan berguna untuk berbagai proses dalam tubuh kita. Misalnya:

- Vitamin B berguna untuk katarak, gangguan kulit, kekebalan tubuh, kelemahan, pencernaan, sistem saraf, migrain, gangguan jantung, rambut beruban, kolesterol tinggi, diabetes, dll.
- Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang.
- Vitamin A membantu menjaga penglihatan mata, dan mineral seperti zat besi sangat membantu untuk pembentukan hemoglobin, aktivitas otot, mencegah anemia.
- Sedangkan Kalium dan natrium adalah elektrolit, fosfor sangat membantu dalam menanggulangi kelemahan, kesehatan tulang, fungsi otak, perawatan gigi dan metabolisme tubuh.

Lebih hebat lagi ternyata, ayam  salah satu sumber kolagen yang sangat baik. Kolagen yang dihasilkan dari ayam sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dan kesehatan.

Kolagen pada ayam diketahui bekerja lebih cepat dalam tubuh manusia untuk memproduksi substansi yang bisa mencegah inflamasi. Inflamasi atau peradangan adalah upaya tubuh untuk perlindungan diri, tujuannya adalah untuk menghilangkan rangsangan berbahaya, termasuk sel-sel yang rusak, dan memulai proses penyembuhan.

Pada ayam, kolagennya mengandung glukosamin dan chondroiting yang bisa mencegah dan mengurangi inflamasi dan luka. Maafaat lain kolagen pada ayam adalah untuk menjaga kekebalan tubuh dan untuk kecantikan kulit.

Kolagen pada ayam merupakan jenis kolagen yang mengandung asam amino paling lengkap dibandingkan hewan ternak lainnya. Kandungan asam anmino pada kolagen ayam antara lain adalah glutamin, arginin, prolin dan glisin.

Beberapa manfaat kolagen ayam bagi kesehatan manusia antara lain adalah untuk meningkatkan sistem imun, memutihkan dan mencerahkan kulit, mencegah penuaan, menyehatkan tulang rawan, melancarkan dan melindungi sistem pencernaan, serta memperbaiki masa otot.

Perlu diingat:
- Tidak semua ayam merupakan sumber kolagen terbaik, hanya ayam yang berasal dari peternakan organik dapat menghasilkan kolagen terbaik.
- Selain itu pengolahannya juga harus sangat hati-hati karena bisa saja kolagen akan rusak, layaknya protein alami kolagen bisa berkurang manfaatnya apabila tidak ditangani dengan baik.
- Sup ayam dengan kolagen merupakan sumber kolagen yang sehat, selain itu juga sangat nikmat dinikmati dengan tambahan sayuran, jamur, lainnya.

Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino. Kolagen ini terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Secara normal kolagen diproduksi sendiri oleh tubuh manusia hingga umur 20 tahun. Setelah itu kadar kolagen akan terus menurun kurang lebih 1,5% setiap tahunnya. Oleh karena itu untuk mempertahankan keseimbangan kolagen dalam tubuh, diperlukan asupan kolagen tambahan dari luar. Untuk menambah kolagen dalam tubuh, kita harus banyak memakan makanan yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Untuk tubuh manusia, ternyata kolagen ini sangat berguna untuk menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, tendon, otot, tulang rawan, bahkan pada rambut dan kuku. Kolagen juga bermanfaat untuk memberikan kekuatan pada struktur tubuh manusia, melindungi struktur kulit dari penyebaran zat pathogen, zat beracun dan sel-sel kanker. Fungsi lain dari kolagen adalah dapat memberikan elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembaban dan ketahanan pada kulit.

Lalu di manakah bisa mendapatkan semangkuk sup ayam Collagen?

Jawabannya ada di Bijin Nabe. Restoran yang telah sukses dan berkembang pesat di Jepang dengan jaringan 250 restoran.
Sebelum membuka restoran pertamanya di Indonesia, Bijin Nabe by Tsukada Nojo juga sukses membuka restoran di Singapura dan Filipina. Bahkan di Singapura saat ini sudah ada 4 lokasi, yang setiap harinya selalu penuh dengan antrian terutama saat jam makan siang.

Tsukada NOJO adalah spesialis dalam kaldu ayam dengan kandungan kolagen yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Produk kaldu ayamnya terbuat dari bahan-bahan yang aman dan langsung diambil dari peternakan sendiri.

Chicken Collagen Soup yang kaya manfaat ini dibuat dengan cara merebus tulang ayam lebih dari 8 jam, membiarkan semua kandungan gizinya melarut. Dibuat dengan resep rahasia Tsukada Nojo yang menjadikannya sangat lezat bergizi seimbang namun simple.

Restoran Bijin Nabe berada di Plasa Senayan, lantai 5 pas depan studio XXI.