Menjajal Kecanggihan Hp Coolpad

Kian hari kebutuhan akan smartphone berkamera canggih makin tinggi, besarnya permintaan pasar dipengaruhi oleh tren fotografi smartphone yang kian meningkat. Terlebih saat ini dukungan konektivitas 4G LTE juga menawarkan akses internet super cepat, hingga memudahkan berbagi konten foto dan video dari smartphone.

                         

Tak sedikit produsen smartphone yang mengakuisisi produknya paling canggih, namun apakah pengguna benar-benar mengetahui fitur kamera yang telah dikembangkan oleh produsen ponsel? Banyak dari konsumen yang memiliki gadget canggih tapi tidak mengetahui bila kualitas suatu produk benar-benar teruji, bukan sekadar klaim.

Saat mendapat undangan dari situs  ArenaLTE.com yang bekerjasama dengan Coolpad Indonesia yang menggelar acara 'Community Meet Up : Cool Dual Experience', buat saya yang kepo dan selalu ingin tahu update tentang teknologi smartphone merasa tertantang untuk mengetahui lebih jauh tentang Coolpad. Acara sendiri berlangsung pada tanggal 30 Mei 2017 dengan mengambil tempat di Awan Lounge, Hotel Kosenda. Acara ini digelar untuk mengajak berdiskusi dan mencoba langsung kemampuan fotografi dari smartphone terbaru Coolpad Cool dual.

                              
Seru banget, karena pada acara tersebut para peserta ditantang kreativitasnya untuk membuat foto dengan objek makanan dan dua model. Saat diberi hp Coolpad, yang terlintas dalam pikiranku adalah paling gak jauh beda dengan smartphone yang sudah ada, dan dengan pd ngutak atik sendiri. Tapi ternyata tidak menemukan apa yang di paparkan oleh Mr. Kim saat pembukaan tadi. akhirnya daku menyerah dan meminta pertolongan salah satu kru dari Coolpad, dan woww ... surprise banget. Dan ternyata lagi smartphone berpenampilan sederhana ini memiliki banyak fitur fotografi yang canggih.

Coolpad Cool Dual memiliki dua kamera belakang beresolusi 13MP dengan kecepatan auto fokus 0.1 detik. Kedua lensanya tampak sama, namun mereka memiliki fungsi yang berbeda. Kamera pertama yaitu kamera RGB untuk menghasilkan warna pada gambar, dan satu kamera lagi untuk gambar hitam putih atau monokrom. 

Lensa monokrom membantu lensa RGB dalam penangkapan detil gambar sembari menyerap lebih banyak cahaya ketika kondisi minim cahaya. Keren suka banget denga hasil teknologi monokrom di hp ini. Bahkan teman yang biasa moto menggunakan kamera DSLR pun bilang keren, karena dari hasil foto monokromnya kita bisa melihat detil garis wajah dan motif bunga pada pakaian keluar detailnya. 

                                      

Coolpad dilengkapi lampu flash dua warna, untuk memastikan cahaya yang cukup guna menghasilkan foto terbaik. Teknologi dual kamera 2.0 pada Cool Dual meningkatkan kejelasan pada gambar sebesar 20%, membantu mengurangi noise pada gambar sebesar 8% dan meningkatkan kecerahan sebesar 20%. Kamera Cool Dual memiliki efek bokeh layaknya kamera SLR. Bokeh adalah efek yang digunakan fotografer profesional untuk membantu mata agar lebih fokus pada satu subyek difoto dengan memburamkan latarnya. Dengan kamera tradisional, Anda bisa mendapatkan efek bokeh melalui berbagai cara; menggunakan aperturlebar, lensa zoom, sensor yang besar atau bahkan mendekati subyeknya, seperti dalam fotografi makro.

Perangkat lunak yang disematkan pada Cool Dual dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh, dan mampu mengubah fokus setelah mengklik fotonya. Hal ini dilakukan dengan mengklik banyak foto menggunakan kedua kamera, lalu memproses foto-foto ini dengan menggunakan perangkat lunak agar nantinya tergabung dalam satu foto. Praktis dan mudah sekali penggunaanya Coolpad ini tapi nampu menghasilkan kualitas foto yang oke banget. Dan satu lagi yang paling aku suka adalah fitur yang menghasilkan foto long exposure, ahhh lupa apa namanya.

Untuk kamera depan memiliki resolusi 8MP dengan arsitektur PureCel pixel f/2.2 mampu mereproduksi foto selfie yang terang dan mendetil, dengan banyak pilihan untuk memainkan aplikasi kamera bawaan. Pengguna dapat menggunakan stiker untuk mempersonalisasi foto selfienya, atau bisa langsung menghasilkan foto dalam format GIF. Coolpad juga menambah fitur pemrosesan foto selfie tiga dimensi, sehingga foto selfie terlihat lebih alami.

                                           

Cool Dual diperkuat oleh prosesor Snapdragon 652 1.8GHz Octa-core serta Adreno 510 dan RAM 3G untuk memastikan pengguna tidak mengalami lag saat menjalankan aplikasi standar dan games. Android Marshmallow dipasangkan dengan tampilan antarmuka EUI 5.8 yang menawarkan sistem operasi baru bagi pengguna Android.

Tampilan antarmuka EUI menjadi semakin menarik dengan tombol kapasitif di sisi kiri bawah yang bisa langsung membuka menu cepat. Menggeser dari atas ke bawah pada layar beranda hanya akan membuka notifikasi, bukannya membuka menu cepat seperti pada umumnya.

Dengan baterai berkapasitas 4000mAh, pengguna tidak perlu panik saat ketinggalan charger, karena waktu standby-nya bisa sampai 300 jam, bermain games sampai 24 jam, menonton film hingga 40 jam, dan mendengarkan musik selama 120 jam.
Satu lagi kelebihan Cool Dual, yaitu dapat berfungsi sebagai power bank yang dapat menyambung “hidup” ponsel lain. Coolpad memasukkan port USB Tipe-C untuk mengisi daya, ini pertama kalinya dalam seri Coolpad. USB Tipe-C membawa banyak manfaat pada ponsel, selain desain yang ramping dan anti terbalik, USB Tipe-C ini juga bisa mengisi daya serta memindahkan data dengan lebih cepat.

                                       
COOLPAD COOL DUAL FACT SHEET
Colors: Gold, Silver
Key Facts:
- Size:152 x 74,8 x 8.2mm
- Processor: MSM8976 1.8GHz Octa-Core
- GPU: Adreno 510
- Weight:173 grams
- SIM Card: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
- Operating System: Google™ Android™ 6.0.1 (Marshmallow)
- Features: Dual 13MP camera, stunning bokeh effect 4K video recording
Camera:
- Rear (main):13MPDual camera f/2.0, dual color flash
- Front: 8MPwith PureCel pixel architecture
Display:
- Resolution: 5.5inch FHD IPS Display 1920 x 1080 pixel
- PPI: 403
- Glass panel: Gorilla Glass3 & NDR Technology
- User Interface: EUI 5.8

Memory:
- RAM: 3GB
- ROM: 32GB
- Expansion slot: N/A
Connectivity: USB type-C 1.0 reversible connector
Networks: GSM:B2/3/8 : WCDMA: B1/8 900/1800/1900MHZ) : (900/2100MHZ) : FDD LTE (B3/B8)
Sensors: Fingerprint,Gyroscope, Proximity Sensor, Light Sensor, Accelerometer
Battery Life:
- Battery: 4,0000mAh Standby time up to 450 hours
In the kit: Coolpad Cool Dual, charger, micro USB-C cable, headset, user documentation
Pricing: Rp3,199,000

Coolpad yang diluncurkan pada 27 April 2017 lalu tersebut menyasar segmen menengah keatas melalui seri Coolpad Cool Dual. Dengan harga IDR 3.199.000, Coolpad Cool Dual telah berhasil memenangkan penghargaan Selular Award 2017 untuk kategori “Most Valuable Smartphone". Penghargaan ini didapat karena keunggulannya menyodorkan dua kamera yang bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan hasil foto yang bagus dengan lensa RGB dan lensa monokromnya.

                                       

Pada Meet Up tersebut, Iman Aulia, Chief Editor ArenaLTE.com mengatakan, "Community Meet Up seperti ini menjadi sarana bagi pengguna smartphone baik itu komunitas blogger maupun jurnalis untuk membuktikan sendiri performa smartphone terbaru. Sementara itu bagi vendor menjadi ajang untuk semakin dekat dengan pengguna potensial sekaligus mendapat feedback yang berguna untuk pengembangan ke depan."

“Dengan diperkenalkannya Cool Dual ini, kami berharap masyarakat dapat merasakan pengalaman menggunakan teknologi dual kamera untuk menciptakan foto layaknya seorang fotografer profesional dalam kegiatan sehari-hari,” papar Kim Chen, Coolpad Indonesia Country Manager, pada sambutannya.


Sekelumit tentang Coolpad
Coolpad adalah salah satu brand Smartphone ternama global yang didesain dan didirikan oleh Yulong Computer Telecommunication Scientific (Shenzhen) Co., Ltd. (“Yulong Telecommunications”). 

Didirikan pada April 1993, Yulong Telecommunications adalah sebuah anak perusahaan yang sepenuhnya memiliki grup Coolpad; sebuah perusahaan perdagangan umum yang berlokasi di Hongkong dan terdaftar di HKEx (Kode Stok Perdagangan: 2369) di 2004. Dengan 6 fasilitas Riset dan Pengembangan di seluruh dunia, perusahaan ini terus berlanjut untuk berinvestasi dalam mengembangkan inovasi untuk teknologi di bidang seluler, bidang nirkabel, dan bidang mobile. 

Coolpad telah menjadi salah satu manufaktur top di dunia dan baru saja mendapatkan peringkat 7 untuk vendor smartphone terbesar oleh IDC. Coolpad telah dikenal melalui banyak penghargaan di dunia industri, termasuk yang baru-baru ini didapat adalah peringkat tahunan #342 di China Fortune 500 Company tahun 2013 oleh Majalah FORTUNE 500 CHINA, dan peringkat 47 di daftar China Top 100 Electronics & Info Enterprises.

Coolpad telah membangun jaringan yang kuat di Cloud Computing, toko online, dan customer service yang responsif, menarik dan terus memperhatikan basis pelanggan yang selalu bertumbuh.