Belajar Menjahit Blouse Dengan Mesin Jahit Brother Indonesian

Menjahit dengan menggunakan mesin jahit adalah salah satu hobby saya yang sudah lama ditinggalkan, karena kebetulan mesin jahit tua sudah sulit berfungsi.


Saat sedang kangen untuk melakukan kegiatan jahit menjahit, kebetulan sekali pada hari Minggu 31 Oktober 2016 yang lalu, saya diberi kesempatan untuk mengikuti kursus menjahit bersama Brother Indonesia dan mba Astri Damayanti di ICE BSD, pada acara  Pekan Raya Indonesia.

Kali ini mbak Astri mengajarkan cara membuat blouse sederhana berikut langkah-langkahnya:

Tempelkan pola pada bahan, retakan dengan jarum pentul lalu potong sesuai pola. Untuk beberapa tempat diberi jarak sedikit.

Setelah dipotong, lalu bahan di radder untuk menentukan garis jahitan. Setelah itu dijahit dengan menggunakan mesin jahit Brothers Indonesia type GS 2500.

Awalnya menggunakan mesin jahit portable ini agak ribet karena tidak mengerti, secara biasa menggunakan mesin jahit tua, sekarang harus memakai mesin jahit modern. Tapi setelah memperhatikan dan sedikit mengutak atiknya, akhirnya saya mengerti cara kerja mesin jahit yang satu ini.


Mesin jahit Brother type GS 2500 merupakan mesin jahit protable yang multifungsi dengan 25 pola jahitan dengan sistem bobbins atas. Selain itu mesin ini juga dapat membuat lubang kancing. Dan hanya perlu empat langkah saja untuk kenyamanan bekerja dengan mesin jahit ini, pemasuk benang ke jarum yang otomatis (auto needle threader), tuas jahitan mundur (lever) dan sistem gigi 6 baris (6 row feed dog system).Saat menjahit blouse sederhana tersebut kita mengunakan 3 jenis jahitan, yaitu jahitan lurus, obral dan jahitan jigzag.

Brother GS 2500, Mesin Jahit Portable Multifungsi.

Cara kerja:
Bekerja dengan built-in motor 51 W
Dikendalikan pengoperasiannya dengan pedal dinamo.

Fungsi:
Mesin jahit Brothers GS 2500 adalah Mesin Jahit Portable dan multi fungsi dengan 25 pola jahitan yang sangat mudah digunakan untuk menjahit.

Konsumsi Daya:
51 Watt.

Material:
Body luar terbuat dari fiber, rangka metal chassis. 
Meski terlihat ringan namun mesin ini sangat kokoh.

Sementara, untuk mengobras, saya menggunakan mesin obras Brother 2014D. Mesin obras ini pengunaanya sangat mudah dan membantu saya menyelesaikan jahitan dalam sentuhan yang sangat profesional dan  rapih. Mesin ini dapat difungsikan sebagai obras benang 3, obras benang 4, juga necci melalui sistem perpindahan antar fungsi yang sangat simple.

Jujur, saya ingin sekali memiliki mesin jahit Brothers ini untuk usaha. Semoga saja besok-besok ada rejeki buat saya agar bisa membeli mesin jahit ini.