Pawoon – Aplikasi Kasir Online Untuk UKM

Ada yang menarik saat mengikuti acara #SmescoDigipreneuDay tanggal 18 Juni yang lalu, yaitu pemaparan tentang aplikasi kasir online yang bernama Pawoon.


Saat mendengar kata Pawoon pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah dapur. Betul gak? Menurut Opid Adisuryo  selaku Chief Marketing Officer, Pawoon dalam bahasa Jawa memang berarti dapur dan memiliki filosofi sebagai usaha yang akan membuat dapur tetap ngebul.

Pawoon berdiri pada tahun 2014, mengawali debutnya dari progam akselerasi yang diadakan oleh indosat, IDEABOX. Jadi secara garis besar pawoon adalah sebuah system aplikasi kasir online multiguna atau Point of sale (POS) berbasis Cloud Server dengan panduan berbahasa Indonesia yang hadir guna memudahkan pengguna dalam mencatat penjualan.

Yang membedakan Pawoon dengan POS lainnya adalah sistem operasional yang sangat simpel segingga dapat digunakan oleh pelaku bisnis maupun karyawan. Selain data transaksi penjualan, Pawoon juga dilengkapi fitur untuk inventory management, sehingga pemilik bisnis tidak perlu khawatir akan terjadi potensi kecurangan yang dilakukan oleh karyawannya.

Target pengguna Pawoon adalah para pelaku Bisnis, mulai dari sektor UKM, maupun yang bergerak pada skala menengah, seperti bidang ritel, waralaba, food & beverage, fashion, dan sebagainya. Pawoon menargetkan 10.000 pengguna hingga akhir tahun 2016 ini.

Aplikasi Pawoon sangat cocok bagi mereka yang memiliki produk franchise atau meraka yang memiliki usaha dengan banyak cabang. Karena aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pengguna dalam memantau operasi bisnis baik perhari, perminggu dan seterusnya. 

Dengan Pawoon pemilik bisnis dapat mengetahui statistik produk apa saja yang paling laku atau jam-jam ramai, sehinga pelaku bisnis dapat menentukan strategi penjualan yang lebih baik  dalam memberikan pelayanan yang lebih disukai dan dibutuhkan oleh pelanggannya.

Costumer Relation Management (CRM)nya pun sangat memungkinkan terjalinnya komunikasi antara merchants dengan pelanggan, yang pada akhirnya akan meningkatkan costumer engagement. Hal ini jelas menggambarkan sisi pawoon sebagai sebuah system platform yang tidak hanya sekedar POS semata, tetapi sebagai penghubung antara pengguna Pawoon dengan para pelanggannya.


Pawoon berbasis Cloud Server sehingga semua transaksi bisa tersimpan dengan aman dan bisa di akses di mana saja. Aplikasi ini dibuat untuk membantu UKM dalam hal mengatur manajemen keuangan, persediaan barang dan CRM dan diharapkan pelaku UKM bisa mendapatkan benefid berupa:

1. Keamanan terkait keuangan mereka karena setiap transaksi tercatat.
2. Monitoring persediaan barang secara up to date. Sehingga dapat melakukan perencanaan pembelian dengan baik.
3. Memungkinkan analisa penjualan, seperti konsumen mana yang memiliki pembelian berulang dan juga analisa pola penjualan (lebih laku di jam berapa).

Untuk menikmati kemudahannya cukup download aplikasi di google play dan langsung bisa menggunakan seluruh kelebihannya. Dengan design yang simpel dan sangat mudah untuk digunakan, Pawoon POS membantu pemilik bisnis UMKM untuk mengembangkan bisnisnya kapanpun dan dari manapun.