Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea, Ketulusan Sebuah Cinta

Setelah sukses dengan film  Assalamualaikum Beijing, kini penonton Indonesia kembali dimanjakan dengan hadirnya Jilbab Travaler: Love Sparks In Korea yang berlatarkan dua negara, keindahan Indonesia dan Korea. Film ini juga diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Asma Nadia.


Film ini bercerita tentang Rania Timur Samudra, seorang penulis yang diutus sang ayah untuk menjadi Ibnu Batuta bagi ayahnya. Gadis yang telah melanglang buana, berkeliling dunia ini dijuluki Jilbab Traveler oleh para pembacanya. 

Ketika ayahnya sakit, ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Namun Sang Ayah malah memberi misi untuk mencari cinta di tanah Baluran, sebuah tempat dengan pemandangan alam yang luar biasa indah di sebelah timur pulau Jawa, tempat di mana ayah dan ibunya dulu menemukan cinta.

Saat tengah hunting foto, gadis manis itu bertemu dengan Hyun Geun, seorang pria Korea yang cuek namun kharismatik. Ada sedikit perselisihan diantara mereka dan akhirnya Hyun Geun yang ditemani sahabatnya, Alvian, berhasil memaksa Rania untuk memandu mereka ke kawah Ijen.

Saat Rania menginap di home stay yang disewa Hyun Geun, tiba-tiba Ilhan Gandari datang menjemputnya untuk mengajak Rania pulang karena Ayahnya telah meninggal dunia.
Dengan alasan ingin mendampingi sang ibu, Rania berhenti menjelajah dunia. Dia memilih untuk tinggal di rumah. Melihat hal ini, Tia dan Eron, dua kakak Rania, berinisiatif menjodohkan Rania dengan Ilhan.


Tiba-tiba sebuah undangan untuk  menjadi peserta Writing Residence di Gangwon, Korea Selatan, muncul di meja ruang tamunya. Setelah diyakinkan oleh sang ibu, akhir Rania terbang ke Korea.

Di Gangwon, Rania kembali bertemu dengan Hyun Geun, yang ternyata sudah jauh berbeda dalam segi penampilan. Dan cinta pun kembali bersemi. Namun ternyata Hyun Geun sudah memiliki kekasih, Jeung Hwa seorang gadis Korea yang cantik. Dan tiba-tiba pula Ilhan muncul di hadapannya. Lelaki yang selama ini selalu takut terbang, nekad menyusul Rania, hanya untuk menyatakan cinta. Siapakah yang akan dipilih Rania, Ilhan yang berhati tulus atau Hyun Geun telah mencuri mimpinya?


Film besutan Guntur Soeharjanto dan diproduksi oleh Rapi Film ini menyuguhkan laskap keindahan pulau Jawa sekitar Baluran  dan Kawah Ijen  serta provinsi  Gangwon  tempat Winter Sonata serta beberapa lokasi lain di Korea Selatan. Syuting sendiri dimulai pada bulan Agustus 2015 lalu dan kini siap tayang di bioskop pada 5 Juli 2016 mendatang.


Dengan para pemain Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Giring Ganesha dan Ringgo Agus Rahman, film ini rasanya tidak sulit untuk menembus 10.000 penonton mana tayang saat libur lebaran. Semoga ya.

Akting BCL, memang tak sebagus Revalina di Assalamualaikum Beijing, tapi pendalaman karakternya oke. Begitu pun dengan Morgan terasa flat. Justru kehadiran Ringo Agus Rahman yang membuat film ini hidup. Suka sama akting Giring, natural, hingga feelnya dapet. 

Dan kembali Asma Nadia memanjakan perasaan penonton dengan taburan rangkaian kata-kata yang puitis dan romantis. Asli nih film bikin baper!

Detail cast dan kru film:
Sutradara: Guntur Soeharjanto
Penulis Skenario: Alim Sudio
Produser: Gope T Samtani
Penulis Novel: Asma Nadia
Morgan Oey, Bunga Citra Lestari, Giring Nidji, Ringgo Agus Rahman, Indra Bekti, Aldila Jelita, Dewi Yull, Wawan Wanisar, Ferry Ardiansyah
Genre Film: Adventure, Drama, Romance
Rilis: 5 Juli 2016
Rumah Produksi: Rapi Film