Yonder Music Gandeng XL Sebagai Media Patner

Setelah merambah dunia musik Asia, kini Yonder Music hadir di Indonesia dan berkesempatan mendapatkan peluang bisnis yang cukup besar di negeri ini. 

Bayangkan saja dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, Indonesia hanya memiliki porsi persentase sekitar 0,4% dari peta industri musik dunia. 

Dan Yonder sebagai platform pemutar musik yang revolusioner mengajak para pecinta musik tanah air untuk bisa  mengakses secara bebas puluhan juta koleksi trek musik legal dan berkualitas.


Selain memanjakan para penikmat musik, Yonder juga memberi kesempatan bagi para pelaku industri musik sebuah bisnis yang menjanjikan, salah satunya dengan pembagian royalti yang adil dan transparan. Dan Yonder satu-satunya platform musik yang membayar royalti artis di muka.

Sementara itu bagi XL yang sedang meningkatnya penetrasi smartphone di Indonesia, mencatat dari tahun ke tahun peningkatkan permintaan atas layanan musik yang berkualitas. Saat melihat aneka keunikan fitur dan terutama nilai yang dimiliki oleh Yonder Music, XL Axiata menilai bila platform ini merupakan sebuah solusi bagi layanan musik terbaik yang di cari pelanggan XL dan masyarakat luas yang nantinya akan membawa industri musik digital Indonesia ke sebuah level baru.

Dengan basis pelanggan data XL yang terus meningkat, layanan musik ini akan mampu menjangkau pasar yang signifikan serta akan terus tumbuh.

Aplikasi musik Yonder memungkinkan para pelaku industri musik Indonesia untuk menemukan sebuah sarana digital yang tepat guna menjangkau pasar secara mudah dan simple, dengan harga yang relatif murah.


Aplikasi ini sangat bersahabat hingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan produk musik nasional secara legal dengan kualitas digital yang sangat bagus. Jadi gak perlu ladi download di tempat yang tidak jelas. Hal ini sejalan dengan upaya komunitas musik Indonesia yang memerangi pembajakan. 

Untuk memperkenalkan aplikasi ini, pada tanggal 23 Mei 2016, bertempat di Ballroom Hotel Mulia Jakarta, PT XL Axiata Tbk (XL) yang merupakan partner bisnis  Yonder Music, melaunching aplikasi musik ini sebagai implementasi komitmennya untuk memberikan dukungan pada industri kreatif Indonesia, khususnya musik.

Layanan Yonder Music menawarkan layanan hiburan musik untuk pelanggan XL dan  AXIS secara eksklusif. Yonder menyediakan akses ke lebih dari 20 juta lagu dari jutaan musisi dari seluruh dunia, termasuk musisi lokal Indonesia. 

Setelah acara  launcing ini, Yonderdan XL juga akan menggelar konser Yonder Music All-Star Live yang menampilkan 17 artis ternama di area Tenis Indoor, Senayan.

Seiring dengan upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan internet cepat 4G LTE, XL kini menghadirkan layanan musik Yonder. Selain video, musik adalah konten yang paling sering dikases pelanggan XL melalui smartphone mereka. Oleh karena itu setelah sebelumnya kami meluncurkan layanan streaming video Tribe, kini kami hadirkan dengan layanan musik streaming Yonder," papar Dian Siswarini selaku Presiden Direktur XL pada sambutannya.

Menurut Dian, XL sudah jauh-jauh hari sebelumnya menyiapkan layanan musik ini dan sudah melakukan riset kepada konsumen untuk memastikan layanan musik yang pas dan sesui dengan pelanggan XL dan masyarakat Indonesia. Serta menjalin kerjasama dengan label-label besar musik Indonesia agar bisa menyajikan koleksi lengkap dari para musisi Indonesia. XL mentargetkan sekurangnya 1,2 juta pelanggan akan menggunakan layanan musik ini di tahun pertama.

Sementara itu, CEO Yonder Music, Adam Kidron mengatakan, “Yonder Music memiliki sebuah visi besar untuk mengdemokratisasi akses materi musik-musik yang berkualitas dan XL merupakan mitra yang kami lihat mempercayai nilai-nilai yang serupa. Kami yakin dengan ragam fitur layanan unik yang ditawarkan oleh Yonder Music dan jangkauan jaringan XL yang begitu solid di seluruh penjuru nusantara, kami akan menghadirkan sebuah era baru bagi industri musik digital di Indonesia, era kebebasan yang tidak hanya membawa manfaat positif bagi para pelanggan setia XL dan masyarakat luas, tetapi juga tentunya bagi para pelaku industri musik di Indonesia.”


Untuk mengakses aplikasi Yonder, pelanggan XL bisa dengan mudah, mendapatkanya, yaitu hanya cukup berlangganan paket data XL HotRod  atau Combo Xtra senilai lebih dari Rp 100 ribu, bisa langsung menikmati Yonder secara gratis. Sementara bagi pelanggan yang tidak berlangganan data lebih dari Rp 100 ribu, akan dikenakan biaya berlangganan Rp 35 ribu/bulan.

Melalui Yonder Music pelanggan bisa mengunduh lagu lalu memutarnya secara offline serta membagikannya ke teman dan sahabat sesama pengguna Yonder. Saat ini semua pelanggan XL bisa menikmati promo gratis selama satu bulan. Masa promo mulai 19 Mei hingga 30 Juni 2016. Untuk menikmati layanan promo ini, pelanggan tidak perlu melakukan registrasi apapun. pada

Untuk bisa mengakses Yonder, pelanggan cukup mengunduh aplikasi Yonder Music di  App Store di http://bit.ly/1OAKgKP atau  Play Store  http://bit.ly/1TIo5Ec. Aplikasi ini tersedia untuk smartphone atau tablet Android dengan OS versi 4.1x  ke atas dan Iphone dengan OS versi 7.1.2  ke atas.

Selain di hadiri jajaran petinggi XL dan Yonder, peluncuran aplikasi ini juga menghadirkan 17 artis pendukung yang nanti malam akan menyuguhkan performanya pada konser  Yonder Music All-Star Live di area Tenis Indoor, Senayan, Jakarta. Ke 17 artis penyanyi Indonesia papan atas tersebut antara lain, Ariel NoahAfganRaisaIsyana SarasvatiRossaAndienJudikaMomo GeishaRian D’MasivMike Mohede, Cakra KhanIwa K, Cita Citata, LestyYoung LexJaclyn Victor, dan legenda hidup musik Indonesia, Iwan Fals

Presscon yang seru, karena pada kesempatan ini para artislah yang mendatangi para awak media untuk berbincang-bincang bukan sebaliknya seperti yang sudah-sudah.

Terkait dengan konser, Adam Kidron  memberikan statemennya dengan antusias, "Saya merasa sangat terberkati dengan kesempatan yang sangat berharga untuk bisa menggelar konser spektakuler ini dan berkolaborasi dengan talenta-talenta berkelas dunia yang dimiliki oleh Indonesia seperti Afgan, Rossa, NOAH, Raisa, Isyana, Cita Citata, Lesty hingga legenda-legenda hidup sekelas Iwa K dan Iwan Fals.

Namun yang paling membuat saya terkejut adalah bagaimana mereka bukan hanya  sekedar menjalankan kewajiban mereka dengan sebaik-baiknya, tetapi mereka juga memahami dan berbagi visi yang sama dengan Yonder Music. 

Ditambah lagi dengan dukungan dari XL Axiata yang juga memiliki antusiasme yang sama dengan Yonder untuk mengdemokratisasi industri musik di Indonesia, dengan menghadirkan akses ke jutaan ragam musik yang berkualitas dan legal kepada masyarakat luas."


Konser Yonder Music All-Star Live yang merupakan persembahan spesial dari Yonder Music dan XL Axiata ini hanya eksklusif untuk para pengguna Yonder Music yang sudah mengunduh aplikasi ini mulai, 19 Mei 2016 kemarin. Dan setelah ini akan ada roadshow ke 10 kota di Indonesia dengan artis tertentu. Salah satu akan dilaksanakan di The Brezz BSD Tangerang Selatan pada tanggal 25 Mei 2016 bersama Mike Mohede.

Dalam konser akbar tersebut Yonder Music bersama XL Axiata meluncurkan sebuah single khusus dengan judul "Kebebasan" yang dirilis secara eksklusif melalui platform Yonder Music. Lagu ini diadaptasi dari tembang milik musisi legendaris almarhum Prince yang bertajuk, “Free”. 

Lirik bahasa Indonesia dalam lagu ini adalah buah karya Rian D’Masiv. Lagu ini dipilih karena baik Yonder Music maupun XL merasa bahwa lagu ini cocok menjadi milestone yang menandakan datangnya sebuah kebebasan bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses musik-musik berkualitas secara legal dan gratis.   


Suasana Tenis Indoor Senayan malam ini "pecah" berkat penampilan 17 artis pendukung Yonder, terlebih saat Om  Iwan Fals mengajak para penonton untuk bernostalgia dengan beberapa tembangnya. Keseruan ini tak lepas dari campur tangan Victor Hutabarat selaku penata musiknya.

Saat ini, internet cepat 4G LTE dari XL sudah melayani lebih dari 5 juta pelanggan 4G di 58 kota, yang didukung dengan lebih dari 3 ribu BTS 4G. Hingga akhir tahun 2016 nanti, XL mentargetkan setidaknya 100 kota/area akan terlayani layanan 4G LTE. Selain terus memperluas wilayah cakupan layanan 4G LTE, XL juga terus melakukan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas layanan dari sisi teknis.

Sekilas Tentang Yonder Music


Yonder Music merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan servis musik digital dengan ragam fitur mutakhir dan mengedepankan aspek sosial yang bermarkas di New York. Para pengguna Yonder Music akan dimanjakan dengan akses komprehensif kepada jutaan pustaka musik legal untuk diunduh, diputar ataupun di-share.

Yonder Music menghadirkan sebuah demokrasi ke dalam model bisnis musik dengan menggabungkan biaya yang harus ditanggung ke dalam layanan, sehingga mampu menjangkau 99% dari pengguna broadband seluler yang tidak membayar secara rutin untuk materi musik digital dan memberikan royalti yang adil dan transparan kepada para artis dan komposer sesuai dengan jumlah hasil karya mereka diputar. 

Yonder Music memasuki pasar Asia dengan peluncurannya di Malaysia pada 19 November 2015 dan mencatat prestasi menakjubkan dengan total lebih dari 200,000 pengguna dalam kurun waktu 3 bulan.


Sedangkan PT XL Axiata Tbk (XL) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. 

Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, dan telah menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember 2014, XL telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015. 

XL merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore).