Mengenal Bea Dan Cukai Indonesia

Hari ini tanggal 18 November 2015 adalah kali kedua pada bulan yang dingin ini saya harus berangkat pagi-pagi sekali.

Bayangkan jam 5 subuh harus sudah siap berangkat dari stasiun Rawa Buntu menuju stasiun Juanda untuk meeting point dan selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Pratama yang terletak di Kantor Pos Pasar Baru. 

Untuk mengikuti acara sosialisasi penerimaan barang dari luar negeri yang masuk via kantor Bea Cukai, sekaligus untuk memperingati Hari Anti Korupsi. 

suasana stasiunJjuanda

Meskipun masih pagi tapi KCL jurusan Serpong-Tanah Abang, ternyata sudah ramai, sampai gak dapat tempat duduk. Begitu juga dengan KCL jurusan Manggarai dan Manggarai - Kota, cukup padat dan berdesak-desakan. Mungkin karena hari kerja ya. Tapi aku enjoy aja karena sudah biasa. 

Sesuai jadwal saya dan beberapa orang teman di jemput pada pukul 8.00 di depan stasiun oleh biar Bea Cukai, dan langsung menuju KPPBC. 

Nurtanti, Jatmiko dan Himawan

Sesampainya di lokasi saya dan rombongan para blogger disambut dengan hangat oleh Ibu Nurtanti Widyasari, selaku Kepala KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru, Bapak Muhammad Akhadi Jatmiko, Kepala Bidang Analisis dan Tindak Lanjut Kepatuhan Inernal PUSKI Kepabeanan dan Cukai serta Bapak Himawan Setiyo, Kasubsi  Kepatuhan Internal dan Penyuluhan KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru. 

Di sini saya mendapat banyak informasi tentang Kepabeanan dan cara kerja mereka. Banyak orang yang tidak tahu bila dalam pengiriman dan penerimaan barang ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi. 


Sebelum belanja online, pastikan barang yang kita beli bukan merupakan barang larangan dan pembatasan.

Cek juga apakah barang itu harus memerlukan ijin tertentu atau tidak. 
Hal terpenting adalah hitung atau cari tau berapa pungutan impornya. Ingat jangan pernah tergoda dengan free ongkir karena barang kita bisa jadi tidak masuk ke dalam cart sehingga tidak dapat dilacak dan tidak terlindungi. Resiko kehilangan pun lebih tinggi. 


Materi yang diberikan cukup padat dan terkesan marathon. Jadi saya usahakan untuk menyimak sambil mencatatnya via Twitter, lumayan ngetwet sambil bagi-bagi ilmu. Hehehe ... 


Ini adalah ilustrasi alur barang yang masuk ke kantor Bea Cukai. 


Pedoman yang wajib diketahui sebelum belanja online. 


Setelah pemaparan materi kami diajak keliling area Kantor Pos, banyak hal baru yang bisa dapatkan di sana.


Selain para Blogger, Tim Bea Cukai juga mengundang beberapa mahasiswa. Paling seru dan menegangkan adalah saat melihat atraksi anjing pelacak narkotika, atau lebih dikenal dengan nama K-9.



Menjelang siang, kami di bawa ke daerah Rawamangun untuk melihat kantor Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Indonesia di mana Bravo Bea Cukai 1500225 berkantor. Meskipun baru berdiri satu tahun yang lalu, namun Call center ini telah banyak mendapat penghargaan loh.O, iya untuk nomor 1500225 ini tidak perlu menggunakan 021 lagi ya.


Di sini kami di ajak berkeliling area musium dan ruang tempat petugas Bravo Bea Cukai melakukan aktivitasnya. Keren dan lengkap. Sebelum pulang, Pak Jatmiko juga mengajak seluruh peserta untuk melihat lokasi pelatihan anjing pelacak narkotika (K9). 

Tidak cuma manusia, anjing dan Dog Handlernya pun harus punya camistri loh. Ada banyak jenis anjing yang dilatih di sini, namun hanya dua yang saya tau yaitu Beagle dan Labrador. Saya suka sama kata kuncinya, "Find it, Good Job Dan Good Boy." Sempat jadi bahan lelucon di antara para peserta.


Menjelang pukul empat sore acara pun berakhir, para peserta diantar kembali ke tempat meeting point atau pun jalan yang dilalui oleh bis pengantar. Wihhh, seru sekaligus melelahkan.

Untuk informasi selanjutnya silahkan hubungi:
Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai
Jl. Ahmad Yani By Pass - Rawamangun Jakarta Timur 13230
Contac center Bravo Bea Cukai 1500225
Website : www.beacukai.go.id
Twitter : @beacukaiRI

KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru
Jl. Lapangan Banteng Utara No. 1 Jakarta Pusat 
Telp : 021-3813438
Fax : 021- 3500919
SMS : 08119740600
Email : bcpasarbaru@gmail.com
Twitter : @bc_pasarbaru
Terima kasih tim Bea Cukai telah mengundang kami. Semoga kinerjamu semakin jaya dan bermakna. Good Job!